Bagaimana cara untuk menjadi murid yang cerdas ?

murid cerdas

Dalam pengertian kecerdasan milik “Howard Gardner” tidak ada anak yang tidak memiliki kecerdasan, semua pintar semua cerdas, tetapi tergantung usaha individu setiap anak, apakah dia memutuskan untuk mengasah kecerdasan atau memutuskan untuk terus menunda nunda keahlian yang dimilikinya dari sejak lahir.

Bagaimana cara untuk menjadi murid yang cerdas ?

Kepandaian erat kaitannya dengan daya ingat. Anda tidak dapat mengingat apa yang ingin Anda pelajari, jika Anda tidak benar-benar ingin belajar. Rahasia untuk mengingat adalah ingatan datang secara alami begitu Anda memahami apa yang ingin Anda pelajari dan atur secara efektif dalam pikiran Anda. Berikut adalalah beberapa tips untuk dapat menjadi seseorang yang cerdas :

  1. Rajin membaca

    Cendekiawan yang baik perlu menjadi pembaca yang baik. Tapi siapakah pembaca yang baik?

    Seringkali ketika kita memikirkan "pembaca baik adalah pembaca yang kita kecepatan membacanya di atas rata-rata. Tapi itu belum tentu demikian. Karena sesungguhnya pembaca yang baik adalah pembaca yang dapat mengerti apa yang telah ia baca, memahami maksud dari hal yang telah ia baca dan juga dapat menyimpulkan isi bacaannya.

    Jadi marilah kita mulai untuk rajin membaca agar kita dapat memperluas wawasan kita.

  2. Memberi perhatian penuh saat di kelas.

    Jika tidak, Anda mungkin tidak mengerti apa yang guru Anda ajarkan kepada Anda. Jangan berbicara dengan teman atau melewat catatan untuk hal yang tidak memberi manfaat seperti bercanda. Menahan diri dari melamun karena hal ini dapat menyebabkan Anda kehilangan fokus. serta mengikuti petunjuk yang diberikan guru Anda, Jika Anda tidak mengikuti petunjuk, Anda mungkin salah membaca pertanyaan, yang akan mempengaruhi nilai ujian Anda.

  3. Selalu belajar

    Mempelajari materi yang akan diberikan karena hal ini akan memudahkan Anda memahami materi ketika guru menjelaskan. Serta mempelajarinya kembali setelah dijelaskan sehingga Anda bisa menghafal apa yang telah Anda pelajari. Guru Anda mungkin akan memberi sedikit kuis dari waktu ke waktu tentang semua hal yang Anda pelajari. Jangan lakukan bhanya belajar satu hari sebelum ujian karena Anda tidak akan pernah mengingat apapun pada saat ujian.

  4. Tuliskan apa yang telah Anda pelajari.

    Tidak harus cantik atau panjang, hanya perlu beberapa menit setiap hari untuk merefleksikan secara tertulis tentang apa yang telah Anda pelajari hal ini pasti akan meningkatkan kemampuan otak Anda. “Tuliskan sekitar 400 kata per hari untuk hal-hal yang Anda pelajari,”.

    Karena hal ini dapat membantu anda mengingat serta memperdalam pemahaman anda menegenai hal-hal yang telah anda pelajari. Dan juga catatan-catatan yang telah Anda buat bisa menjadi pengingat ketika Anda melupakan satu hal.

  5. Buatlah daftar keinginan atau hal-hal yang ingin anda capai dan juga hal yang telah anda capai

    Menuliskan daftar keinginan bisa membuat Anda akan lebih semangat lagi untuk meraih kesuksesan dan mencapai segala keinginan Anda. Serta Anda akan memiliki tujuan yang jelas serta terarah sehingga Anda akan tahu bagaimana cara dan langkah-langkah Anda untuk mencapai tujuan itu. Dan untuk hal-hal yang telah Anda capai ini bisa menjadi motivasi atau penyemangat untuk Anda karena Anda telah berhasil mencapainya.

  6. Punya teman yang pintar.

    Bergaul dengan orang-orang yang lebih pintar daripada Anda adalah salah satu cara tercepat untuk belajar karena teman-teman tersebut dapat mengajari Anda ketika Anda tidak paham akan seseuatu. Seperti kata Saurabh Shah, seorang manajer akun di Symphony Teleca

    “Carilah tema-teman yang cerdas. Ingat IQ Anda adalah rata-rata lima orang terdekat yang gemar bergaul dengan Anda,”. "

    Kelilingi diri Anda dengan orang yang lebih pintar," kata pengembang Manas J. Saloi.

    "Saya mencoba menghabiskan waktu sebanyak mungkin dengan pimpinan teknologi saya. Saya tidak pernah memiliki masalah saat menerima bahwa saya adalah seorang coder rata-rata dan ada banyak hal yang belum saya pelajari … Selalu bersikap rendah hati dan bersedia untuk belajar. . ".

Referensi :


http://superscholar.org/features/7-skills-become-super-smart/
https://www.inc.com/jessica-stillman/10-small-things-you-can-do-every-day-to-get-smarter.html

Bersekolah atau menempuh pendidikan pasti membutuhkan perjuangan dan kerja keras. Setiap murid tentu ingin menjadi murid yang pintar, namun untuk menjadi pintar juga diperlukan usaha yang harus dilakukan dari awal dan secara rutin, tidak bisa secara instan.

Berikut adalah beberapa tips penelitian ilmiah terhadap kinerja otak manusia dan tips agar bisa menjadi murid yang pintar.

  1. Pandai-pandailah mengatur waktu.

    Pilihlah prioritas dalam setiap hal yang dilakukan. Utamakan hal yang paling penting atau paling urgent. Apabila kita dihadapkan oleh pilihan antara belajar atau bermain, pilihlah yang menjadi prioritas utama kita, tentu bila ingin pintar kita akan memilih untuk belajar.

  2. Think “Im a Genius!”.

    Ubah presepsimu tentang dirimu sendiri. Bila kita terus berpikir bahwa kita orang yang bodoh, akan susah bagi kita untuk menjadi pintar. Bila kita terus berpikit bahwa kita tidak bisa, selamanya kita tidak akan menjadi bisa. Dan setelah memotivasi dan mensugesti diri sendiri, kita harus melakukan apa yang orang genius lakukan. Hal tersebut bisa menjadi pendorong bagi kita.

  3. Belajarlah dengan cerdas.
    Belajar keras dengan belajar cerdas adalah dua hal yang berbeda. Bagaimana cara belajar secara cerdas?

    • Belajar secara bertahap. Daripada belajar marathon selama 10 jam dalam satu hari, akan lebih efektif belajar selama 30 meniy saja sehari namun dilakukan selama beberapa hari atau minggu. Itu karena otak kita mampu mengingat lebih baik sinopsis pendek secara berulang daripada mengingat satu materi panjang secara sekaligus dalam satu waktu.

    • Belajar saat otak dalam keadaan fresh. Belajar saat otak dalam keadaan segar lebih baik daripada belajar saat otak seharusnya beristirahat. Waktu yang baik yaitu sekitar pukul 3-4 sore.

    • Fokus pada satu materi sebelum berlanjut ke materi yang lain. Upayakan untuk benar-benar memahami suatu topik sebelum mempelajari topik lainnya.

    • Mengajari teman. Ketika kita mengajari teman, otak kita akan mengolah informasi secara lebih luas. Hal ini dapat memperkuat ingatan kita.

    • Latihan. Selalu latih kemampuan kita dalam mengerjakan soal, dengan begitu kita juga bisa melihat sejauh mana pemahaman kita.

    • Atur mood kita. Usahakan agar mood kita baik saat sedang belajar. Kita bisa menjaga kebersihan kamar atau mempertahankan keadaan kamar tetap rapih, hal ini dapat membantu memperbaiki mood kita. Kita juga harus dapat mengusahakan agar kita selalu tertarik dengan topik yang akan kita pelajari, karena belajar akan sangat menyenangkan saat kita merasa tertarik dengan suatu hal tersebut.

    • Jangan belajar di atas kasur. Karena hal ini dapat membuat kita mengantuk dan tidak konsentrasi untuk belajar.

  4. Carilah teman yang pintar.

    Pergaulan cukup berpengaruh pada diri kita. Dengan memiliki teman teman yang pintar, kita dapat ikut atau terbawa dengan kebiasaan baik mereka.

  5. Rajin membaca.

    Dengan banyak membaca, pengetahuan kita akan semakin luas. Banyak hal yang bisa didapatkan dengan membaca. Maka dari itu banyak-banyaklah membaca, terutama buku pengetahuan.

  6. Luangkan waktu untuk beristirahat atau sekedar refreshing.

    Bila kita belajar terus menerus misal enam hari dalam seminggu, usahakan ada day-off untuk kita. Karena ketika otak kita lelah dengan semua pekerjaan yang dilakukannya, otak kita dapat mengalami stress bila tidak diberi waktu untuk istirahat. Jadi selalu beri waktu bagi otak kita untuk beristirahat.

Demikian tips-tips agar kita bisa menjadi murid yang pintar. Selalu ingat pepatah bahawa tiada hasil yang menghianati proses. Bila kita menginginkan sesuatu, kita harus berusaha untuk meraihnya.

Kecerdasan dapat mengacu kepada hal hal berikut, antara lain, kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, kecerdasan moral, kecerdasan sosial. Tapi yang akan kita bahas disini bagaimana menumbuhkan kecerdasan intelektual. Ada beberapa perbedaan banyak orang dalam hal mengasah kecerdasan mereka.

Apakah mereka ingin memperbaiki dan memperbaiki diri dengan efektif dan efisien demi kedepannya atau hanya berdiam diri menunggu semuanya berlalu begitu saja, berikut adalah bagaimana cara menggapai kepandaian dan kecerdasan yang biasanya orang sulit untuk lakukan :

  1. Siapkan diri untuk mencapai target atau kesuksesan yang akan anda capai

    Dalam hal mempersiapkan diri sebelum memulai pembalajaran, banyak hal yang perlu dipersiapkan, contohnya buku pegangan, alat tulis, media belajar dll. Buat catatan sebagai pengingat kita untuk jadwal belajar dan buat prinsip agar kita tidak akan melanggar prinsip tersebut Karena sekali kita melanggar maka prinsip itu hancur dengan sendirinya.

    Buat juga ruang belajarmu senyaman mungkin, dan juga tidak lupa untuk selalu mempelajari atau menanyakan kepada guru, dosen, pembimbing dan semacamnya untuk materi selanjutnya sehingga anda bisa memahami materi tersebut terlebih dahulu. Anda juga bisa memperoleh keuntungan dengan menjalin hubungan baik dengan guru, dosen, dan semacamnya.

  2. Buat dirimu merasa haus akan ilmu

    Sehingga kamu akan terus merasa kurang dan termotivasi untuk belajar lebih giat, tambahkan juga catatan-catatan kecil untuk mengingat sesuatu usai kelas dan tidak lupa mempelajari kembali pelajaran yang telah diajarkan. Gambar mindmaps yang bertujuan untuk mengingatkanmu untuk target-targetmu yang akan dicapai. Lebih baik memperbanyak tutor sebaya dan banyak berdiskusi untuk mendapatkan ilmu dari berbagai sisi.

  3. Terus berlatih dan gemar membaca

    Latih dirimu untuk mempersiapkan ujian. Bukan hanya ujian, dengan terus berlatih kita sering terbiasa dengan berbagai model permasalahan sehingga kita mengetahuinya. Membaca juga perlu disaat waktu luang kita semisal sebelum tidur atau di waktu santai. Membaca apapun itu sudah dapat memperoleh banyak informasi, maka janganlah malas untuk membaca

  4. Menjadi siswa yang ideal

    Siswa yang ideal bukanlah siswa yang hanya menunduk pada buku pelajaran, tetapi siswa yang mempunyai banyak keahlian, contohnya mengikuti ekstrakulikuler yang mengasah minat dan bakat siswa. Belajar berorganisasi juga salah satu ciri siswa yang ideal tetapi bukan organisasi pasif yang hanya mendengarkan tanpa mengeluarkan sebuah ide-ide yang berguna. Mampu memanfaatkan waktu luang.

    Cepat membaur dan mengasah soft skill dalam banyak bidang, misalkan anda mengikuti non-akademik ekstrakuliker disana anda bukan hanya akan mengasah bakat anda tetapi anda juga mampu memperbanyak jaringan pertemanan.

Ada juga hal yang harus diperhatikan yaitu : Jangan khawatir tentang IQ, Karena itu bukan predictor skor terbaik dan yang terpenting adalah JANGAN HANYA bekerja keras yang tidak ada hasilnya, tetapi lakukan belajar dengan lebih efisien sedikit demi sedikit untuk pengembangan dan perbaikan diri.

referensi :

https://www.quora.com/How-do-smart-students-study