Bagaimana cara untuk menjadi Diri Sendiri?

menjadi diri sendiri

Menjadi diri sendiri memang membutuhkan usaha dan keberanian. Kita harus bersedia mendengarkan dan menerima pikiran-pikiran tergelap kita. Kita juga harus mencoba mengikuti keinginan terdalam kita.

Bagaimana cara untuk menjadi Diri Sendiri dilihat dari sisi Psikologis ?

Cara-cara untuk Menjadi Diri Sendiri

  1. Membaca novel
    Membaca novel memberikan kesempatan bagi Anda untuk melihat sudut pandang orang lain. Mungkin, dengan mengeksplorasi sudut pandang yang berbeda dari sudut pandang Anda, justru Anda akan menemukan sudut pandang yang lebih cocok dengan diri Anda.

  2. Meditasi
    Selain menjadi kesempatan untuk mendengarkan suara-suara di dalam diri Anda, meditasi dapat memberikan kebahagiaan yang tidak tergantung pada hasil kerja Anda. Dengan mengetahui kebahagiaan murni tersebut, Anda bisa mencari tahu apa yang benar-benar membuat Anda bahagia.

  3. Memilih apa yang Anda inginkan
    Jangan biarkan lingkungan mendikte Anda. Tentukan apa yang Anda inginkan, dan lakukanlah. Sekali-sekali bahkan jangan terlalu memikirkan keputusan Anda.

  4. Berhubungan dengan orang lain
    Temukan bahwa orang lain juga ingin (dan sudah) menjalani hidup sesuai dengan keinginannya.

  5. Bersenang-senang sesuai dengan siapa diri Anda
    Olah raga atau berbincang-bincang tanpa arah dengan teman Anda di kafe mungkin adalah ide baik (jika memang Anda menyukainya).

  6. Menerima kekalahan
    Jangan biarkan kegagalan menambah ketidakbahagiaan Anda. Menerima kegagalan terbukti dapat mengurangi rasa kecewa.

Apa artinya “menjadi diri sendiri”?

Menjadi diri sendiri adalah ketika Anda menerima diri Anda apa adanya dan Anda bertindak sesuai dengan cara khusus Anda, tanpa kompleksitas, stereotip atau imitasi apa pun dan dari siapapun. Anda sadar bahwa Anda berbeda, dan Anda menikmati perbedaan tersebut. Anda fokus menggunakan kekuatan dan mengatasi kelemahan Anda, tetapi Anda juga berpikir tentang esensi pribadi Anda.

Belajar menjadi diri sendiri sangat penting untuk perkembangan pribadi Anda. Cara Anda mengekspresikan diri dan melakukan sesuatu itu adalah hal yang unik. Jadi, dengan berusaha untuk menyempurnakan kemampuan lahiriah Anda, maka Anda akan mendapatkan hal-hal yang luar biasa.

Jika terdapat momen di mana Anda harus fokus pada tujuan yang dapat menuntun Anda menuju kesuksesan, maka Anda sudah belajar untuk menjadi diri sendiri. Karena Anda tidak punya waktu untuk menyenangkan orang lain, Anda memfokuskan diri pada apa yang Anda inginkan, dan itu adalah otoritas Anda.

Jadilah diri sendiri bukan berarti memiliki pikiran yang tertutup:

Berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk menjadi diri Anda sendiri :

  • Jangan buang waktu Anda untuk mencari kesenangan didalam sesuatu yang Anda tahu bahwa Anda tidak menyukainya

    Jika Anda sadar bahwa Anda tidak menyukai sesuatu, maka jangan lakukan. Pertahankan cara hidup Anda dengan cara yang paling cocok untuk Anda. Memang benar bahwa Anda bisa mendapatkan nasihat yang baik, tetapi hanya jika nasihat tersebut sejalan dengan aspirasi Anda dan bukan tentang apa yang dipikirkan orang lain.

    Banyak orang telah menyia-nyiakan banyak kehidupan mereka untuk menyenangkan orang lain, tetapi ketika terdapat ketidakseimbangan dalam internal diri Anda, Anda tidak akan pernah bisa merasakan bahagia, dan suara kekhawatiran tersebut akan menuntut adanya perubahan.

  • Jangan pernah berlari sendirian mengikuti apa yang Anda dengar

    Anda mendengar ide yang Anda anggap sebagai ide Anda sendiri, tetapi hal itu tidaklah cukup. Anda harus banyak mengalami pengalaman hidup, oleh karena itu keluarlah melihat dunia secara lebih luas, melihat hal-hal baru, melakukan penelitian, dll. Hanya dengan semangat berpetualang mencari pengalaman sebanyak-banyaknya, terutama di usia muda, maka Anda akan mencapai titik dimana Anda akan menjadi diri sendiri dengan mengenali diri Anda sendiri.

  • Libatkan orang lain untuk mengetahui realitas diri Anda

    Seseorang berpikir bahwa menjadi diri sendiri berarti menjadi independen. Sebaliknya, untuk menjadi diri sendiri, kita harus realistis, dan kenyataannya, hal tersebut melibatkan isu-isu nyata terkait dengan pilihan kita. Untuk dapat lebih memahami isu-isu tersebut, kita perlu mendengar masukan dari orang lain. Selain itu, orang lain dapat melihat diri Anda dari sudut pandang yang berbeda. Mereka hanya memberi masukan saja, jangan sampai mereka memaksa pemikirannya tentang Anda, dan Anda mengikuti apa yang mereka katakan tanpa Anda memikirkannya lebih dalam. Diatas semuanya, Andalah yang menentukan siapa diri Anda sebenarnya.

Berikut kata-kata yang mungkin dapat menginspirasi Anda untuk mengenal diri Anda lebih dalam dan menjadi diri Anda sendiri.

Always be yourself, express yourself, have faith in yourself, do not go out and look for a successful personality and duplicate it.Bruce Lee

Be yourself. Be true to that, to your heart. Patience. See what happens if you step back instead of bounding forward.Nora Roberts

Best be yourself, imperial, plain, and true. ― Robert Browning

The individual has always had to struggle to keep from being overwhelmed by the tribe. If you try it, you will be lonely often, and sometimes frightened. But no price is too high to pay for the privilege of owning yourself.Friedrich Nietzsche