© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana cara untuk Mengurangi Rasa Cemas dalam Komunikasi?

Kecemasan komunikasi

Kecemasan komunikasi adalah kedaan emosi yang tidak menyenangkan sehingga menimbulkan perasaan takut atau cemas ketika harus berbicara atau menyampaikan pendapat di muka umum, baik secara individual maupun kelompok, yang ditunjukkan dengan adanya ketidakmampuan menyampaikan pesan secara sempurna.

Bagaimana cara untuk mengurangi kecemasan komunikasi ?

Individu yang mengalami kecemasan komunikasi interpersonal tidak selamanya menginginkan kecemasan selalu menghampiri dirinya, karena munculnya kecemasan dapat menimbulkan dampak yang dapat menyebabkan individu tidak dapat beradaptasi dan mendapatkan kebutuhannya sebagai makhluk sosial.

McCroskey memberikan beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi kecemasan komunikasi interpersonal yaitu sebagai berikut:

  • Menambah pengalaman

    Salah satu cara untuk mengurangi kecemasan komunikasi interpersonal adalah dengan cara menambah pengalaman. Hal ini juga perlu didukung dengan adanya kemauan dari dalam diri individu, selain itu perlu adanya latihan dan pembiasaan diri untuk melakukan komunikasi interpersonal agar dapat mengurangi kecemasan ketika akan melakukan komunikasi.

  • Berpikir positif

    Berpikir positif dapat memberikan sugesti yang baik terhadap tindakan yang akan dilakukan oleh individu. Ketakutan akan meningkat di saat individu merasakan bahwa individu tersebut tidak dapat memberikan sesuatu yang diharapkan kepada orang lain.

  • Membiasakan berada dalam situasi komunikasi

    Individu yang sedang berbicara dengan individu lain ataupun kelompok secara tiba-tiba dapat merasakan khawatir salah satunya disebabkan oleh berbedanya situasi ketika melakukan komunikasi. Oleh karena itu, individu dapat berlatih bahwa setiap melakukan komunikasi dengan orang yang berbeda dapat dilakukan seperti individu melakukan komunikasi seperti biasanya.

  • Kesamaan tekanan

    Kesamaan yang dimiliki dengan orang lain dapat mengurangi kecemasan dalam komunikasi karena dengan adanya kesamaan dapat membuat individu merasa nyaman. Kesamaan tekanan, sikap, dan nilai akan membuat ia mengurangi kecemasannya.

  • Mempersiapkan dan latihan dengan seksama

    Kemampuan yang cukup dan latihan yang ekstra dapat mengurangi kecemasan komunikasi.

  • Bergerak dan mengatur pernapasan

    Menggerakan tubuh agar tidak terlalu kaku dapat memberikan sedikit energi pada tubuh. Mengatur pernapasan sebelum memulai percakapan, dapat menjadikan tubuh terasa lebih relaks, sehingga dapat mengurangi rasa takut ataupun cemas untuk melakukan komunikasi.

  • Menghindari bahan kimia sebagai penghilang ketegangan

    Obat penenang kemungkinan besar tidak dapat mengurangi masalah melainkan hanya menambah masalah. Obat-obatan tersebut dapat merusak kemampuan untuk mengingat atau merencanakan apa yang hendak dibicarakan. Tentu saja hal ini tidak dapat mengurangi kecemasan komunikasi.