Bagaimana Cara untuk Menghilangkan Kebiasaan Buruk?

Setiap manusia pastilah memiliki kebiasaan buruknya masing-masing. Kebiasaan buruk tersebut sangatlah melekat kepada diri kita masing-masing. Tetapi kebiasaan tersebut bisa dihilangkan asal kita benar-benar memiliki niat untuk mengubah semua kegiatan buruk tersebut menjadi lebih baik, karena jika tidak, maka kebiasaan tersebut akan selalu melekat pada diri kita.

bagaimana cara menghilangkan kebiasaan buruk ?

Kegigihan merupakan syarat utama dalam melakukan perubahan yang berhasil. Kegigihan juga harus ditambah dengan perencanaan yang baik, dimana perencanaan akan meningkatkan peluang melakukan perubahan kebiasaan buruk Anda.

Hal ini juga harus didukung dengan tingkat self-efficacy yang tinggi (kepercayaan pada kemampuan diri) ketika mencoba untuk melakukan perubahan. Faktor-faktor yang dapat meningkatkan self-efficacy antara lain adalah self-talk (“Saya bisa melakukan ini”). Berbicaralah pada diri Anda sendiri bahwa Anda mampu melakukannya, sehingga tertanam sugesti yang kuat dalam pikiran Anda.

Ketika Anda sudah memiliki syarat-syarat diatas, saya yakin bahwa Anda akan dapat merubah kebiasaan buruk yang ada pada diri Anda.