Bagaimana cara untuk menentukan fitur yang diperlukan pada peta jalan?

Untuk membangun peta jalan produk, Kita harus tahu apa tujuan bisnis utama Kita dan inisiatif yang akan Kita investasikan untuk mencapainya. Kemudian kita putuskan fitur apa saja yang selaras dengan tujuan kita.

Berikut ini beberapa langkah untuk menentukan fitur mana yang ditambahkan ke peta jalan Kita berdasarkan pada apa yang akan memiliki dampak terbesar bagi bisnis:

Tentukan Strategi Kita
Manajer produk harus menetapkan pendekatan “goal first” untuk menentukan ke arah mana produk yang dikembangkan. Visi ini mendefinisikan prospek kita untuk produk, kemana tujuan produk, dan apa yang tim kita akan bangun. Dan semua visi luar biasa ada dalam benak pelanggan mereka.

Visi produk yang kuat didukung oleh detail tentang siapa pelanggannya, apa yang dibutuhkan pelanggan, dan rencana pemasarannya. Ini menangkap esensi dari apa yang ingin pengembang produk capai, informasi penting yang harus dipahami tim untuk mengembangkan dan mempertahankan sebuah “winning product”.

Menyesuaikan rilis
Pilih fitur mana yang disorot dan pilih apakah akan menyajikan data internal atau eksternal pada setiap rilis . Tanggal rilis eksternal dapat berbeda dari tanggal rilis internal. Ini juga dapat dibulatkan ke jangka waktu yang lebih luas (per kuartal).

Untuk pandangan pelanggan, kita dapat menunjukkan tema rilis dan fitur utama yang akan mereka minati. Para pemangku kepentingan internal akan ingin memahami kepentingan strategis, yang disampaikan melalui sasaran dan inisiatif. Kita juga dapat membuat tampilan untuk pelanggan tertentu, memungkinkan audiens kita untuk melihat peta jalan yang relevan dengan tujuan bisnis mereka yang spesifik.

Prioritaskan fitur
Sebagai manajer produk, kita mungkin menghadiri banyak rapat di mana semua orang berdebat atas permintaan pelanggan mana yang harus diprioritaskan. Permintaan pelanggan harus selalu diperingkat terhadap strategi kita. Mencetak gagasan membutuhkan subjektivitas dari permintaan pelanggan.

Cara terbaik untuk mempertimbangkan permintaan pelanggan adalah dengan merancang peta jalan “goal-first” yang menyusun peringkat permintaan ini terhadap sasaran kita. Semua ide harus dipertimbangkan terhadap strategi Kita dan mereka yang akan memiliki dampak terbesar harus diprioritaskan.

Bagikan peta jalan Kita
Komunikasi dan transparansi sangat penting untuk membangun produk hebat. Keduanya juga bertujuan menjaga seluruh organisasi selaras dengan strategi pengembangan produk. Ketika kita memiliki pandangan yang kita inginkan, simpan dan / atau bagikan dengan pemangku kepentingan utama. Beberapa perangkat lunak memungkinkan kita mengambil hampir semua tampilan dan mempublikasikannya melalui halaman web atau PDF. Sekarang kita bisa dengan bangga membagikan rencana produk dan peta jalan kita, dan dengan mudah membuat setiap orang tetap up to date.

Referensi & sumber gambar

https://www.aha.io/roadmapping/guide/product-roadmap

https://community.uservoice.com/wp-content/uploads/product-strategy-vs-product-vision-product-roadmap-750x440.jpg