Bagaimana cara untuk mencapai Menara Pandang Tele?

Menara Pandang Tele

Kebanyakan para turis mancanegara dan turis lokal menikmati keindahan Danau Toba hanya di sekitar Parapat, Ajibata lalu menyebrang ke Pulau Samosir dengan tujuan Tomok dan Tuk-Tuk. Tapi tahukah? Ada cara lain untuk menikmati keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir. Yaitu, menikmati keindahannya dari ketinggian. Ya, dari ketinggian Menara Pandang Tele kita dapat merasakan sensasi yang lebih wah dan menyenangkan untuk melihat-lihat dan menikmati keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir. Bagaimana cara untuk mencapai Menara Pandang Tele?

Akses menuju Menara Pandang Tele memakan waktu yang cukup jika kita memulai start dari Tomok atau Tuk-Tuk. Tetapi itu semua akan terbayar dengan keindahan di sepanjang perjalanan yang ditempuh nanti. Dari Tomok menuju Menara Pandang Tele, bisa dibilang kita mengelilingi setengah Pulau Samosir, kalau tidak percaya kamu bisa liat di peta Pulau Samosir.

Pertama-tama dari Tomok kita masih melihat penginapan yang ramai di kanan dan di kiri, restoran-restoran yang bagus dan ramai. Namun makin ke sana, kamu akan disuguhkan dengan keindahan sawah di kanan dan di kiri. Sepanjang perjalanan kamu juga bisa melihat barisan bukit.

Setelah puas dengan pemandangan sawah dan bukit, inilah dia pemandangan yang ditunggu-tunggu, menoleh lah ke kanan dan kamu akan langsung melihat Danau Toba. Ya, betul kamu sedang berjalan di pinggir Danau Toba yang megah dan cantik.

Sudah terbayang bukan keindahannya? Indah sekali pastinya. Selama perjalanan, kamu juga bisa melihat berbagai macam pantai yang disodorkan untuk para turis mancanegara maupun turis lokal. Bukan hanya pantai, kamu juga bisa melihat kerbau, melihat tugu-tugu atau makam para leluhur orang batak dan masih banyak lagi.

Setelahnya kamu akan melewati Pangururan. Ya, di sinilah suasana khas Batak mulai terasa, banyak rumah-rumah adat Batak loh di sini. Eits tapi jangan salah, walaupun begitu, Pangururan ini sudah cukup maju loh. Dari Pangururan kamu akan melewati jembatan yang menghubungkan Pulau Samosir dan Pulau Sumatera, lalu mulai dari sini perjalananmuakan mulai menanjak.

Maka dari itu kamu perlu hati-hati dalam mengendarai kendaraan kalian, karena ada beberapa tanjakan yang curam dan tebing-tebing di pinggir jalan juga banyak yang rawan longsor ditambah jalan yang tidak semuanya mulus. Setelah kurang lebih 3 jam, akhirnya kamu sampai di Menara Pandang Tele. Menara ini mempunyai 3 tingkat, yang otomatis, semakin ke atas, pemandangan yang kamu ihat semakin indah.

Sumber: