Bagaimana cara untuk membangun dan meluncurkan produk MVP yang kita buat?


Bagaimana caranya untuk membangun dan meluncurkan produk MVP kita untuk mengetahui feedback dari calon pengguna kita?

Membangun Produk Kita
Setiap pengembang atau tim memiliki pilihan mereka sendiri bagaimana membangun sebuah produk. Singkatnya, membangun produk dengan caramu sendiri dan tidak kehilangan arah dari apa yang sebenarnya kamu inginkan merupakan sebuah MVP.

Waspadalah dengan fitur-fitur yang menakutkan, terlebih jika banyak pemegang saham terlibat. Banyak saran yang akan kamu dapatkan untuk fitur yang ingin dimasukkan pada update selanjutnya. Selama kamu tetap berpatokan pada set fitur yang telah kamu kerjakan dan membuat keputusan cerdas berdasarkan visi produk awal dan informasi yang kamu dapat selama perjalanan, kamu akan terus di rel yang kamu inginkan.

Jaminan kualitas produk merupakan hal penting lainnya dalam membangun MVP. Yakinkan pengguna bahwa produkmu bekerja sebaik mungkin. Habiskan waktumu untuk memperbaiki bug. Jika kamu developer solo, pertimbangkan untuk menunjukkan aplikasi betamu dengan teman-teman dan keluarga. Jika kamu memiliki budget, sewa pihak ketiga untuk melakukan ragam tes yang akan menyelamatkanmu dari bug-bug penting yang dapat membahayakan peluncuran aplikasimu.

Peluncuran & Feedback
Platform seperti Mixpanel dapat menolongmu mengerti basis pengguna produkmu. Selamat! Kamu telah selesai membangun produkmu. Sekarang ialah saatnya kerja nyata dimulai. Setelah kamu selesai mengerjakan aplikasimu, ada beberapa yang harus menjadi prioritas jangka pendekmu:

Cari daya tarik produkmu
Peroleh feedback dari produk awalmu
Temukan kecacatannya, seperti bug, masalah produk, dan fitur-fitur yang luput
Tentukan kekuatan produkmu
Memasarkan aplikasi barumu tidaklah selalu mudah. Tutplus menyediakan tutorial untuk menolongmu mendapatkan daya tarik awal. Setelah kamu memiliki pengguna, prioritasmu kini berpindah pada:

  1. menanyakan feedback dari pengguna awal
  2. menganalisa feedback dari pengguna
  3. memperbaharui rencana kerja produkmu dan lanjut mengembangkan

Tidak mudah mendapatkan feedback dari pengguna. Rating dan review di AppStore akan mengatakan sesuatu padamu, tapi triknya ialah untuk mendapatkan feedback yang lebih mendalam. Sangat penting untuk selalu ada bagi penggunamu. Miliki akun Twitter, masukkan informasi kontakmu di aplikasi, dan jangan takut untuk lebih proaktif mendekatkan diri pada penggunamu.

Jika kamu bekerja dengan tester produkmu, maka kamu telah memiliki daftar orang-orang yang dapat kamu ajak bicara.

Kapanpun kamu mendapatkan feedback, sangat penting untuk menganalisanya. Waspadalah terhadap sesuatu yang buruk, sangat besar kemungkinan seseorang akan mengkritik ketimbang mereka memuji. Feedback yang kamu dapatkan mungkin akan buruk, tapi tidak berarti bahwa aplikasimu buruk.

Untuk mengevaluasi jika produkmu layak di pasaran, gunakan aplikasi analitik, seperti Mixpanel untuk menjaga dan menyimpan aktivitas pengguna.

Bandingkan feedback pengguna pada visi produk aslimu dan rencana kerja produkmu. Bagian tersulit ialah menentukan bagaimana feedback ini dapat membentuk visi produk dan itu pilihan setiap pemilik aplikasi butuhkan untuk dirinya sendiri.