Bagaimana cara untuk memanage organisasi?

Bagi sebagian orang, berorganisasi bukanlah sebuah prioritas dalam hidup. Namun bagi sebagian orang lainnya berpendapat bahwa organisasi justru sebuah pijakan awal dalam melangkah sehingga dengan berorganisasi, seseorang dapat belajar mengembangkan diri dan berkreativitas. Organisasi yang baik adalah organisasi yang mampu memberikan keuntungan bagi orang-orang yang bergelut di dalamnya. Di dalam organisasi yang baik tentu ada upaya pengelolaan yang baik pula. Lantas bagaimana cara mengelola sebuah organisasi?

Dalam mengelola atau memanage sebuah organisasi bisa melakukan hal-hal berikut :

  1. Drive (Tetapkan Arah)
    a. Rumuskan visi dan misi organisasi
    b. Tetapkan tujuan dan prioritas
    c. Tetapkan aturan main
  2. Strive (Raih Efektivitas)
    a. Perjelas Peran dan Tanggung jawab
    b. Identifikasi penghalang
  3. Thrive (Percepat Gerak)
    a. Umpan balik
    b. Manajemen konflik
    c. Berkreativitas
    d. Keputusan efektif
  4. Arrive (Sampai di Puncak Prestasi)
    a. Pertahankan motivasi
    b. Revitalisasi pertemuan tim
    c. Buat catatan kemajuan
    d. Rayakan keberhasilan

Referensi :