Bagaimana cara untuk lebih memperhatikan pelajaran ?

proses belajar mengajar

Memperhatikan sebenarnya bukan merupakan cara yang mudah untuk dilakukan. Sangat mudah perhatian anda teralihkan saat dengan berbicara, mendengarkan ceramah, atau duduk di kelas. Untungnya, memperhatikan adalah suatu keterampilan yang bisa dipelajari.

Bagaimana cara agar kita bisa lebih fokus dan lebih memperhatikan suatu pekerjaan khususnya saat di kelas ?

2 Likes

“Oh… maafkan saya, apa yang barusan Anda katakan?”

ini pernah terjadi kepada kita saat kita sedang berbicara dengan seseorang (walaupun pembicaraan yang menarik).Tiba-tiba kita tersadar kita tidak mengerti apa-apa dari apa yang telah dibicarakan. Pikiran kita melayang dan pergi entah kemana. Dengan melatih diri kita untuk menyadari saat sekarang, kita dapat belajar untuk tetap waspada terhadap apa yang sedang terjadi. Memusatkan perhatian sedemikian rupa(atau “meditasi kesadaran”), membawa diri kita dengan kesadaran kita saat sekarang hingga setiap saat. Meskipun perhatian penuh memiliki akar dalam filsafat Buddhis, namun sering kali didekati secara sekuler.

Lantas yang menjadi pertanyaan kenapa sulit untuk berada di pikiran kita saat ini? Dibawah ini merupakan beberapa cara untuk kembali pada pikiran kita saat ini agar lebih memperhatikan.

  1. Belajar untuk lebih memperhatikan]
    "Tapi… banyak yang mengganggu perhatian Saya"
    Memang benar, banyak yang dapat mengganggu perhatian kita. Namun bagaimanapun juga, disaat kita belajar untuk lebih memperhatikan, gangguan itu lama-lama akan menjadi sedikit. Ini bukan berarti kita akan menjadi kurang sibuk, tapi kita akan menjadi lebih fokus dan produktif.

  2. Gunakan nafas sebagai fokus]
    "Tapi… Saya benar-benar tidak mengerti bagaimana cara pikiran saya berada disaat sekarang"
    Tidak masalah! Menurut Allan Goldstein, Direktur Manajemen di University of California, menyarankan:

    “Kalian selalu bisa menggunakan nafas kalian sebagai fokus. Saat kalian sadar pikiran kalian melayang, kembalikan pikiran kalian dengan memfokuskan ke nafas kalian, ini persis apa yang kita pakai di dalam meditasi.”

  3. Fokus dengan keadaan sekarang]
    "Tapi…bagaimana caranya agar saya tetap di pikiran sekarang dan dapat membuat rencana untuk kedepannya?"
    Seperti yang Goldstein ilustrasikan:

    “Jika kalian mencari diri kalian sedang mencuci piring, dan disaat yang sama kalian tidak fokus dengan gelembung sabun atau air yang membasahi tangan kalian dan pikiran kalian sedang melayang ke liburan kalian nanti, kalian sebenarnya tidak efektif dalam membuat rencana liburan kalian atau kalian yang sedang mencuci piring.”

    Dengan kata lain, berhubungan dengan masa yang akan datang akan tetap mengakar pada keadaan sekarang.

  4. Melatih perhatian kita secara penuh]
    "Tapi… Saya dibanjiri dengan ujian dan makalah (atau laporan dan evaluasi) dan mempersiapkannya berarti berada di masa lalu dan masa depan.”

    Menariknya, dengan melatih perhatian secara penuh dapat secara signifikan meningkatkan kinerja dan kapasitas memori kerja, menurut sebuah studi dari University of California, Santa Barbara.

  5. Panduan audio, video dan kursus online dapat membantu Anda belajar agar dapat lebih fokus]
    "Tapi… Saya tidak punya waktu untuk mengikuti kelas meditasi atau kursus untuk belajar melatih fokus"
    Kalian tidak perlu pergi kemana pun untuk memulai belajar agar lebih memperhatikan. Sudah banyak panduan audio, video dan kursus online yang bagus yang akan membantu anda untuk belajar.

  6. Terimalah momen saat ini dan temukan kesempurnaan yang tak tersentuh oleh waktu]
    "Tapi… Saat ini sangatlah tidak pasti"
    Eckhart Tolle dalam bukunya “Oneness with All life” mengatakan:

    “Orang-orang percaya dengan diri mereka bergantung pada apa yang terjadi demi kebahagiaan mereka. Mereka tidak menyadari bahwa apa yang terjadi adalah hal yang paling tidak stabil di alam semesta. Ini selalu berubah. Mereka melihat saat ini karena dirusak oleh sesuatu yang telah terjadi dan seharusnya tidak terjadi karena sesuatu itu belum terjadi tapi seharusnya sudah.”

    Terimalah momen sekarang dan temukan kesempurnaan yang tidak tersentuh oleh waktu

http://www.webmd.com/balance/features/pay-attention-be-in-the-now#1

Sumber: http://www.webmd.com/balance/features/pay-attention-be-in-the-now#1 :eyes:

A post was merged into an existing topic: Bagaimana cara melatih kemampuan memori yang baik?

Memperhatikan adalah hal yang susah untuk dilakukan karena perlu berkonsentrasi dan tanpa mendapat gangguan dari sekitar agar apa yang diperhatikan bisa menghasilkan sesuatu yang dapat kita ambil. Memperhatikan adalah kemampuan yang dapat dilatih untuk jangka pendek atau jangka panjang, berikut ini beberapa caranya:

1. Memberhentikan Gangguan
Memberhentikan gangguan di sekitar adalah salah satu cara termudah saat kita perlu memperhatikan sesuatu. Jika kita berada di tempat yang ramai dan berisik kita perlu pergi ke tempat lain yang lebih sunyi agar kita bisa memperhatikan lebih baik lagi.

2. Minta Penjelasan Ulang
Jika pikiran kita masih melayang kemana-mana saat dijelaskan oleh seseorang, mintalah orang itu untuk menjelaskan mulai dari hal terakhir yang kita ingat tetapi saat meminta, pastikan untuk meminta dengan cara yang tidak menyinggung perasaan orang tersebut. Selain itu kita juga bisa meringkas apa yang telah dikatakan orang itu, kita bisa melatih kemampuan ini dengan melihat TV dan meringkas apa yang terjadi.

3. Pertahankan Kontak Mata
Kontak mata juga dapat membantu untuk lebih konsentrasi ke orang tersebut. saat kontak mata, kita cenderung lebih fokus kepada apa yang dikatakan dan mereka juga akan merasa lebih diperhatikan.

4. Memasang Batas Waktu
Jika bisa, berikan batasan waktu pada tugas yang sulit untuk diperhatikan, contohnya tetapkan waktu saat tes atau menulis essay agar kita merasa dikejar waktu sehingga bisa cepat menyelesaikannya.

5. Istirahat
Terkadang cara terbaik untuk memperbaiki perhatian kembali adalang dengan cara beristirahat dari apapun yang dilakukan agar bisa kembali konsentrasi. Beberapa caranya adalah melakukan peregangan, menghibur diri, jalan-jalan, ataupun tidur selama beberapa menit bisa mengembalikan konsentrasi dan perhatian.

6. Variasikan Rutinitas
Daripada mengerjakan sesuatu dengan satu langkah besar, sebenarnya akan lebih mudah untuk fokus jika menggabungkan dengan hal lain. Dengan melakukannya seperti itu, kita tidak akan mudah kehilangan fokus karena bosan dengan satu hal yang kita lakukan.

7. Bermeditasi
Meditasi adalah salah satu cara untuk meningkatkan perhatian dalam jangka panjang, hal ini juga sangat baik dalam berbagai aspek kehidupan kita. Tapi dalam kasus ini, meditasi membantu meningkatkan kemampuan untuk memperhatikan dalam jangka waktu yang panjang. Meditasi berguna karena meningkatkan persepsi dan perhatian sehingga lebih mampu memperhatikan diri sendiri dan orang lain.

8. Perhatikan Proses Mental
Kita perlu memperhatikan bagaimana kita memikirkan berbagai hal dan seberapa mudah kita untuk terganggu, kita juga perlu mencatat dimana kita menghabiskan perhatian. Selain itu kita juga bisa melatih mental agar lebih mendahulukan hal yang penting untuk di perhatikan.

9. Ubah Cara Berpikir
Bila kita telah mencatat hal apa saja yang perlu difokuskan pada energi mental, buat usaha untuk mengubah kepada apa yang di perhatikan. Daripada memikirkan dampak jarak pendeknya, lebih baik memikirkan dampak jarak panjangnya karena hal ini sangat berguna jika anda tidak bisa mencapai target anda secara utuh.

10. Tidur yang Cukup
Tidur dengan waktu yang cukup akan membuat lebih waspada dan pikiran akan memiliki waktu lebih mudah dalam memperhatikan dan akan bekerja dengan baik karena otak istirahat dengan cukup. Dalam hal ini mungkin perlu beberapa waktu untuk menyesuaikan diri dengan ritme tidur yang baru.

11. Olahraga
Olahraga adalah hal yang menakjubkan karena sangat membantu dalam meningkatkan mood dan perhatian, serta mengurangi kecemasan dan kekhawatiran. Hal ini harus dilakukan minimal 30 menit tiap hari yang bisa berupa yoga ataupun berjalan ke tempat yang akan ditujui.

Sumber: http://www.wikihow.com/Pay-Attention