Bagaimana cara unit manajemen resiko dapat membantu suatu perusahaan mencapai tujuannya?

Risiko adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari pada sebuah perusahaan. Untuk menanggulangi resiko maka diperlukan adanya unit manajemen resiko pada suatu perusahaan.

Bagaimana unit manajemen resiko dapat membantu suatu perusahaan mencapai tujuannya?

Uint Manajemen resiko memiliki tanggung jawab untuk membentuk kerangka kerja dan proses dalam menghadapi resiko-resiko signifikan yang dapat mempengaruhi pencapaian tujuan organisasi. Unit Manajemen resiko dapat berkolaborai dengan Internal Audit untuk menghubungkan rencana audit dan penilaian resiko perusahaan. Selain itu juga dapat untuk berbagi sumber daya tertentu guna mendukung efisiensi. Adapun untuk menilai dan memantai resiko strategis supaya dapat membentuk pemahaman yang lebih mendalam dan treatment yang fokus untuk mengatasi resiko strategis untuk mencapai tujuan organisasi.

ChoosingACollectionAgency

Suatu perusahaan sering kali melakukan keputusan kecil maupun besar dimana keputusan tersebut dapat mempengaruhi masa depan perusahaan maupun pihak-pihak terkait. Maka dari itu, perusahaan dituntut agar dapat mengambil keputusan yang tepat sehingga perusahaan dan pihak-pihak terkait tidak dirugikan. Dalam hal ini, suatu perusahaan membutuhkan suatu unit manajemen resiko agar dapat meminimalisir kerugian dari setiap keputusan yang dilakukan oleh perusahaan.

Jika ditinjau kembali, manajemen resiko merupakan suatu hal yang sangat penting bagi perusahaan karena manajemen resiko merupakan salah satu bukti bahwa perusahaan yang mengimplementasikan unit manajemen resiko berkomitmen dalam berbisnis sehingga perusahaan dapat lebih dipercaya oleh pihak-pihak luar agar dapat bekerja sama dalam berbisnis.

Potensi resiko dalam kegiatan usaha umum ada pada setiap entitas usaha. Jika tidak diberikan perhatian khusus, resiko tersebut dapat menghambat kinerja operasional Perusahaan dan mempengaruhi prospek dan tujuan usaha kedepan. Sebagai langkah awal dalam meminimalisir resiko usaha, identifikasi dan klasifikasi resiko harus dilakukan. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan Perusahaan dalam merumuskan kebijakan penanggulangan dari setiap risiko-risiko yang ada.

Dikarenakan tujuan awal dari perusahaan-perusahaan adalah mencari keuntungan sebanyak mungkin dari bisnis yang dikerjakan, maka dapat disimpulkan bahwa perusahaan sangat membutuhkan unit manajemen resiko sebagai perwakilan dari anggota Direksi yang bertugas dan bertanggung jawab untuk memfasilitasi proses manajemen risiko mencakup penilaian risiko, menyiapkan rencana mitigasi risiko, memonitor pelaksanaan rencana mitigasi, mengevaluasi proses manajemen risiko serta membuat laporan kepada Direksi dan Komite Audit terkait dengan Manajemen Risiko serta membuat perusahaan dan pihak-pihak lain tidak merugi terlalu besar karena manajemen resiko adalah bagian dari perencanaan keuangan (financial planning) yang paling penting demi keberlangsungan perusahaan di masa depan.

Referensi:

`

A post was merged into an existing topic: Bagaimana peran atau kedudukan manajemen risiko dalam perusahaan?