Bagaimana cara terbaik untuk mempresentasikan product roadmap secara visual kepada para stakeholder ?

Sebuah product roadmap perlu di presentasikan kepada pemangku kepentingan yang terlibat. Apakah cara terbaik jika ingin mempresentasikan product roadmap yang telah dikerjakan secara visual kepada para pemangku kepentingan ?

Membangun roadmap adalah bagian penting dari pekerjaan manajer produk. Namun sebagian besar manajer produk masih menggunakan tools yang ketinggalan jaman untuk membuat peta jalan seperti : Excel, PowerPoint, wiki, dll. Dengan tools Itu kurang menarik untuk dipresentasikan.

Manajer produk yang hebat harus berjalan dengan baik antara mengelola input dan menyaring rencana. Memulai dengan pendekatan “sasaran pertama” dan bekerja untuk membangun konsensus sebelum membangun dan membagikan roadmap mereka. Untuk mencapai hal ini dan mencapai rencana pencatatan, memerlukan roadmap kolaboratif yang menawarkan visibilitas berkelanjutan.

Berikut ini beberapa langkah untuk membantu membuat presentasi visual roadmap yang cemerlang :

1. Tentukan strategi produk Anda.
Untuk memulai, harus secara jelas mendefinisikan strategi dengan menetapkan visi, tujuan, dan inisiatif produk untuk setiap produk. Karena inisiatif utama mendorong tujuan anda, dan relasikan mereka bersama. Ketika langkah ini selesai, dapat melihat hubungan atau relasi antara lini produk, produk, sasaran, inisiatif, dan rilis semua pada satu layar. Ini membantu menemukan sasaran atau inisiatif.

2. Sesuaikan roadmap berdasarkan siapa yang akan melihatnya.
Pilih fitur mana yang disorot atau jadi point utama dan pilih apakah akan menyajikan data internal atau eksternal. Tanggal rilis eksternal dapat berbeda dari tanggal rilis internal. Ini juga dapat dibulatkan ke jangka waktu yang lebih luas (misalnya menunjukkan rilis per kuartal).

Untuk sisi pelanggan, dapat menunjukkan tema rilis dan fitur utama yang akan mereka minati. Para pemangku kepentingan internal akan ingin memahami kepentingan strategis, yang disampaikan melalui sasaran dan inisiatif. Anda juga dapat membuat tampilan untuk pelanggan tertentu, memungkinkan audiens untuk melihat roadmap yang relevan dengan tujuan bisnis mereka yang spesifik.

3. Bawa rilis dan fitur bersama untuk tampilan terpadu.
Pada titik ini, anda telah memilih rilis yang ingin dibagikan dan memilih fitur yang ingin disoroti. Anda dapat membangun tampilan yang terdefinisi ini di PowerPoint atau Excel, atau membuatnya dengan klik sederhana di tool roadmap di mana dapat memperbesar atau memperkecil untuk mendapatkan tampilan yang tepat yang diinginkan untuk stakeholder anda. Setiap lapisan peta jalan akan mewakili kumpulan data yang berbeda. Mulailah dengan produk anda di intinya, dan kerjakan rilis di bagian tepinya. Salah satu tool yang bisa digunakan adalah Aha di https://www.aha.io.

4. Bagikan roadmap anda.
Ketika Anda memiliki pandangan yang diinginkan, simpan dan bagikan dengan pemangku kepentingan utama. Beberapa perangkat lunak memungkinkan mengambil hampir semua tampilan dan mempublikasikannya melalui halaman web PDF. Sekarang bisa dengan percaya diri membagikan rencana produk dan product roadmap dengan mudah membuat setiap orang tetap up to date dan mengerti.

Semua orang ingin melihat data yang sama — tetapi masing-masing tim ingin melihatnya dengan cara mereka sendiri. Manajer produk mendapat manfaat dari pendekatan terfokus yang mencakup banyak kolaborasi dan perencanaan untuk menjaga semua orang di halaman atau layar yang sama.

Referensi :
https://www.quora.com/What-is-the-best-way-to-visually-present-a-product-roadmap-to-executive-stakeholders