Bagaimana cara terbaik untuk belajar ?

Belajar

Belajar merupakan suatu proses untuk menambah atau meningkatkan kemampuan diri sendiri. Tetapi ada banyak kasus dimana meski kita rajin belajar tetapi tetap juga tidak pintar. Hal tersebut terjadi karena disebabkan oleh cara belajar orang tersebut.

Walaupun bagaimanapun rajinnya belajar, tetapi jika cara belajar sudah salah maka orang tersebut tetap saja sulit untuk pintar.

Apa cara terbaik untuk belajar?

1 Like

Saat Anda mempelajari materi baru, Anda bisa sangat banyak mengingat dan menggunakan banyak waktu yang Anda miliki untuk benar-benar memahami semuanya. Teknik belajar ini dapat membantu Anda tetap fokus dan mengambil lebih banyak informasi dengan sesi belajar yang lebih pendek.

  1. Belajar dengan beberapa sesi: Kemampuan Anda untuk mempertahankan informasi berkurang setelah sekitar 25-30 menit, jadi bagi ke dalam beberapa sesi yang lebih kecil. Bahagiakan diri Anda dengan aktivitas yang menyenangkan saat istirahat.

  2. Miliki area studi khusus: Jangan belajar di mana Anda melakukan hal lain. Jangan belajar di tempat tidur Anda, di mana Anda bermain game (bahkan jika itu komputer Anda), atau di depan TV.

  3. Ambillah catatan bagus.
    Temukan metode pencatatan yang sesuai untuk Anda dan kembangkan apa yang sudah Anda catat setelah kuliah anda selesai

  4. Bersiaplah untuk mengajarkan apa yang telah Anda pelajari.
    Jika Anda bisa mengajarkannya kepada orang lain, Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang materi tersebut.

  5. Baca buku secara efektif.
    Gunakan Metode SQ3R-survei, pertanyaan, baca, memindai, review untuk secara aktif menyimpan informasi. Hanya membacanya saja tidak cukup.

  6. Tidur yang cukup.
    Buat waktu dalam jadwal anda untuk mendapatkan cukup tidur. Tidur nyenyak setiap malam dan Anda akan memanfaatkan waktu belajar Anda sebaik mungkin. Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur berdampak positif pada pengambilan tes dengan meningkatkan daya ingat dan perhatian. Jika Anda belajar sepanjang minggu, Anda tidak perlu lagi menjejalkan pada satu malam. Tidur nyenyak akan membantu Anda belajar lebih baik

  7. Makanan yang sehat.
    Makan makanan bergizi, bukan makanan yang mengandung gula dan lemak. Pergilah untuk makan yang meningkatkan energi, seperti buah, atau makanan untuk membuat Anda merasa kenyang, seperti sayuran dan kacang-kacangan. Jika Anda butuh sesuatu yang manis, makanlah coklat. Minum air untuk membuat Anda terhidrasi, dan minum teh jika Anda memerlukan dorongan kafein.

http://lifehacker.com/study-less-study-smart-the-best-ways-to-retain-more-1683362205

Belajar tidak hanya saat malam sebelum tugas atau malam sebelum ujian. Tidak ada kata terslu dini atau terlambat untuk mengembangkan kebiasaan belajar yang baik. Semakin cepat Anda masuk ke kebiasaan belajar yang baik, semakin mudah segalanya dan semakin banyak kesempatan Anda untuk mendapatkan nilai bagus akan membaik. Inilah tip utama kami untuk mendapatkan hasil maksimal dari penelitian.

1. Pilih tempat dan waktu
Setiap orang memiliki gagasan sendiri tentang tempat dan waktu terbaik untuk belajar. Entah itu belajar di kamar tidur Anda saat malam hari atau di perpustakaan sepulang sekolah. Carilah selalu ruang dan waktu belajar yang teratur dan sesuai untuk Anda.

  • Siapkan ruang belajar Anda
    Ruang belajar Anda harus sepi, nyaman dan bebas dari gangguan. Ini harus membuat Anda merasa bahagia dan terinspirasi. Hiasi dengan gambar atau objek favorit Anda. Jika Anda ingin mendengarkan musik atau membakar dupa, pilihlah tempat yang memungkinkan Anda melakukannya.

  • Temukan waktu terbaik Anda
    Beberapa orang bekerja lebih baik di pagi hari. Orang lain bekerja lebih baik di malam hari. Berusahalah mencari waktu yang tepat dan rencanakan untuk belajar pada saat itu. Jangan belajar lebih lama daripada tidur malam Anda.Terlalu memaksakan diri untuk belajar larut malam dapat membuat Anda terlalu lelah untuk belajar dengan benar.

2. Belajar setiap hari
Jika Anda belajar setiap hari Anda akan terus meninjau dan mengulangi hal-hal yang telah Anda pelajari dalam pikiran Anda. Ini membantu Anda memahami banyak hal. Hal ini juga membantu Anda menghindari tekanan dari belajar saat menit-menit terakhir.

Jika Anda merasa sulit untuk menemukan waktu untuk belajar, belilah beberapa (tapi tidak semua!) Aktivitas Anda yang lain. Memprioritaskan studi mungkin berarti menghabiskan lebih sedikit waktu secara online, atau mungkin berarti mengurangi shift di tempat kerja, atau memberi olahraga pada akhir pekan untuk beberapa saat.

3. Rencanakan waktumu
Ini membantu Anda untuk memiliki beberapa rencana dalam kegiatan Anda sehingga Anda dapat memanfaatkan waktu belajar Anda sebaik mungkin.

  • Setel alarm
    Atur alarm untuk mengingatkan Anda tentang rencana studi Anda. Sebuah pengingat membuat Anda tetap terjaga dan rencana Anda berjalan lancar.

  • Gunakan perencana dinding
    Tempelkan kalender atau perencana dinding agar Anda dapat melihatnya kapan pun saat Anda sedang belajar. Tandai tanggal penting, seperti ujian dan tanggal jatuh tempo tugas. Gunakan untuk memblokir jadwal studi reguler Anda juga.

  • Buat daftar kegiatan
    Buatlah daftar kegiatan menjadi mudah diatur. Pada awal minggu, buatlah daftar hal-hal yang perlu dilakukan pada akhir minggu ini. Buatlah daftar tugas di awal setiap sesi belajar juga, sehingga Anda mengerti tentang apa yang perlu Anda lakukan dengan waktumu.

  • Tetapkan batas waktu
    Sebelum memulai sesi belajar, lihat daftar kegiatan Anda dan beri waktu untuk menghabiskan waktu tersebut pada setiap kegiatan. Jika Anda tidak menyelesaikan sesuatu pada waktu yang ditentukan, pertimbangkan apakah ini adalah penggunaan terbaik waktu Anda untuk terus melakukannya, atau mulai mengerjakan sesuatu yang lain.

4. Temukan gaya atau cara belajar Anda
Sebagian besar dari kita memiliki cara belajar yang disukai. Kenali gaya belajar yang paling Anda sukai dan pelajari cara belajar terbaik.

Perhatikan bahwa gaya tersebut hanyalah cara untuk memikirkan teknik belajar yang berbeda. atur cara Anda belajar dengan yang tidak menyulitkan dan cepat, yang membuat Anda seharusnya hanya belajar dengan satu cara tersebut. Cobalah masing-masing dan lihatlah cara mana yang Anda inginkan.

  • Pembelajar auditori lebih suka belajar dengan mendengarkan. Cobalah membaca catatan Anda dengan keras dan mendiskusikannya dengan orang lain. Anda mungkin ingin merekam poin-poin penting dan memainkannya kembali.
  • Pembelajar visual lebih suka belajar dengan melihat. Coba gunakan warna dalam catatan Anda dan buatlah diagram untuk membantu mewakili poin-poin kunci. Anda bisa mencoba mengingat beberapa gagasan sebagai gambar.
  • Pembelajar Taktil / kinestetik lebih suka belajar dengan melakukan suatu hal. Coba gunakan teknik seperti role-playing atau model bangunan untuk merevisi poin-poin kunci.

5. Review dan revisi
Setidaknya seminggu sekali Anda harus kembali membahas dan mengulang hal-hal yang telah Anda pelajari di kelas. Memikirkan hal-hal di atas dapat membantu Anda memahami konsep dan membantu Anda mengingat saat Anda sangat membutuhkannya.

  • Memberikan kuis diri sendiri
    Mintalah seorang teman atau anggota keluarga untuk menanyai Anda mengenai konsep-konsep kunci. Tawarkan untuk membantu teman Anda dengan pekerjaan mereka juga. Kuis adalah cara yang bagus untuk mengingat kembali hal apa saja yang Anda ketahui dan mencari tahu apa yang masih perlu Anda pelajari.

  • Buatlah bahan belajar Anda sendiri
    Pikirkan beberapa soal ujian praktik atau buat kartu as Anda sendiri untuk membantu Anda belajar. Dengan cara ini Anda bisa mempelajarinya dua kali: pertama saat Anda membuat materi pelajaran dan kedua saat Anda menggunakannya untuk merevisi.

6. Istirahat
Penting untuk beristirahat saat Anda belajar, terutama jika Anda merasa lelah atau frustrasi. Bekerja terlalu lama pada sebuah tugas benar-benar dapat menurunkan performa Anda. Saat Anda beristirahat, pastikan Anda menjauh dari meja kerja atau ruang belajar.

-Sedikit aktivitas fisik
bahkan hanya berjalan-jalan di sekitar blok terkadang dapat membantu Anda untuk melihat masalah dengan cara yang berbeda dan bahkan bisa membantu Anda menyelesaikannya.

7. Meminta bantuan
Jika Anda terjebak pada sesuatu, atau sesuatu sepertinya tidak masuk akal, Anda selalu dapat meminta bantuan. Bicaralah dengan guru atau dosen Anda tentang hal-hal yang tidak Anda mengerti. Bicaralah dengan teman dan sesama siswa juga.

Sumber :
http://www.youthcentral.vic.gov.au/studying-training/studying-tips-resources/top-10-study-tips

Belajar tidak hanya untuk malam sebelum tugas atau malam sebelum ujian. Anda perlu mengembangkan kebiasaan belajar yang baik. Pada awalnya, akan sangat dibutuhkan usaha untuk mengubah cara belajar , tapi setelah beberapa saat, itu akan menjadi sifat kedua, dan belajar akan lebih mudah dilakukan. Berikut adalah tips untuk belajar

1. Pilih tempat dan waktu

Setiap orang memiliki gagasan sendiri tentang tempat dan waktu terbaik untuk belajar. Entah itu kamar tidur Anda di malam hari atau di perpustakaan sepulang sekolah, cari ruang belajar dan waktu belajar yang teratur yang sesuai untuk Anda dan tetaplah berpacaran dengannya.

2. Belajar setiap hari

Jika Anda belajar sedikit namun terus setiap hari, Anda akan terus meninjau hal-hal yang ada di dalam pikiran. Ini membantu memahami banyak juga juga membantu menghindari tekanan.
Jika Anda merasa sulit untuk menemukan waktu untuk belajar, belilah beberapa (tapi tidak semua!) Aktivitas Anda yang lain. Memprioritaskan studi mungkin berarti menghabiskan lebih sedikit waktu secara online, atau mungkin berarti mengurangi shift di tempat kerja, atau olahraga pada akhir pekan untuk beberapa saat.

3. Rencanakan waktumu

Ini membantu untuk memiliki beberapa rencana dalam gerak sehingga Anda dapat memanfaatkan waktu belajar Anda sebaik mungkin. Seperti dengan membua mading perencana atau dengan membuat daftar tugas, sehingga dapat menandai tanggal tanggal penting.
Tetapkan batas waktu - Sebelum memulai sesi belajar, lihat daftar tugas Anda dan beri waktu untuk menghabiskan waktu pada setiap tugas…

4. Temukan gaya belajar Anda

Sebagian besar dari kita memiliki cara belajar yang disukai. Kenali gaya belajar yang paling Anda sukai dan pelajari cara belajar terbaik. Contoh :

  • Peserta didik auditori lebih suka belajar dengan mendengarkan. Cobalah membaca catatan Anda dengan keras dan mendiskusikannya dengan orang lain. Anda mungkin ingin merekam poin-poin penting dan memainkannya kembali.
  • Pembelajar visual lebih suka belajar dengan melihat. Coba gunakan warna dalam catatan Anda dan buatlah diagram untuk membantu mewakili poin-poin kunci. Anda bisa mencoba mengingat beberapa gagasan sebagai gambar.
  • Peserta didik kinestetik lebih suka belajar sembari melakukan. Coba gunakan teknik seperti role-playing atau model bangunan untuk merevisi poin-poin kunci.

5. Review dan revisi

Setidaknya seminggu sekali Anda harus kembali membahas hal-hal yang telah Anda pelajari di kelas. Memikirkan hal-hal di atas dapat membantu Anda memahami konsep dan membantu Anda mengingat saat Anda sangat membutuhkannya.

6. Istirahat

Penting untuk beristirahat saat Anda belajar, terutama jika Anda merasa lelah atau frustrasi. Belajar terlalu lama dapat menurunkan performa.

Saat Anda beristirahat, pastikan Anda menjauh dari meja kerja atau ruang belajar Anda. Sedikit aktivitas fisik, bahkan hanya berjalan-jalan di sekitar blok terkadang dapat membantu Anda untuk melihat masalah dengan cara yang berbeda dan bahkan bisa membantu Anda menyelesaikannya.

7. Meminta bantuan

Jika Anda terjebak pada sesuatu, atau sesuatu sepertinya tidak masuk akal, Anda selalu dapat meminta bantuan. Bicaralah dengan guru atau dosen Anda tentang hal-hal yang tidak Anda mengerti. Bicaralah dengan teman dan sesama siswa juga.

8. Tetap termotivasi

Bila Anda mempelajarinya, hal itu membantu mengingat alasan Anda melakukan semua kerja keras ini, seperti kursus atau karier yang sedang Anda jalani. Ini dapat membantu untuk memiliki sesuatu di ruang belajar Anda untuk mengingatkan Anda akan tujuan Anda.

Anda juga bisa menghias ruang belajar Anda dengan kutipan atau foto inspirasional orang-orang yang Anda kagumi dan anggota keluarga yang ingin Anda banggakan.

Sumber : www.youthcentral.vic.gov.au