Bagaimana cara / teknik untuk menjaga hubungan dengan pelanggan?


Setelah kita mengeluarkan produk yang sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna, bagaimanakah cara kita supaya pengguna tidak berpindah hati dan tetap menggunakan produk kita?

Seperti yang tertulis pada sebuah artikel Forbes, terdapat beberapa pendekatan yang bisa dilakukan untuk bisa membangun hubungan yang baik dengan pengguna.

  1. Berhenti mengganggu orang
    Kampanye pemasaran biasanya memiliki target pengguna yang spesifik. Bagi pengguna yang masuk dalam kriteria tersebut pasti akan mendapat beberapa konten pemasaran, apakah itu email, pop-up web, dan lain sebagainya. Hal yang menyebalkan dari menjadi target pemasaran adalah harus rela dikirimi secara berkala konten-konten pemasaran. Jika terlalu sering akan menimbulkan rasa mengganggu. Imbasnya, bukan menjalin hubungan yang baik tetapi malah cenderung mengganggu.

    Salah satu alternatif untuk ini adalah dengan memberikan gimmick yang sedikit berbeda. Misalnya, setiap pembelian sebuah produk bisnis akan menyumbangkan produk atau barang lain untuk mereka yang membutuhkan. Cara ini memang tidak memiliki imbas langsung ke pembeli langsung, hanya saja cara di atas menimbulkan efek word of mouth berantai yang bisa berdampak pada penilaian masyarakat terhadap brand.

  2. Tunjukkan kepedulian terhadap value yang ditawarkan
    Sebagai bisnis yang memiliki orientasi pada produk dan pengguna menunjukkan kepedulian terhadap value yang ditawarkan dengan kebutuhan pengguna adalah yang utama. Jika bisnis mengedepankan kecepatan dan kemudahan dalam membeli dan mendapatkan barang yang dibeli bisnis harus bisa merealisasikannya dengan mendesain sebuah layanan yang membuat proses beli dan kirim menjadi sederhana. Sangat sederhana. Dalam proses mewujudkannya jangan sungkan untuk menjalin kerja sama dengan bisnis atau layanan lain. Selama bisa berdampak untuk kepuasan pelanggan tidak ada salahnya dilakukan.

    Pendekatan ini akan menjadi salah satu yang optimal sebagai cara mempererat hubungan dengan pengguna. Sederhananya, bisnis tahu apa yang ditawarkan dan kemudian menghasilkan layanan yang diharapkan pengguna. Pada dasarnya untuk menjalin hubungan yang baik dengan pengguna bisa diawali dengan memenuhi harapan

sumber