Bagaimana cara Serangga Daun Spiny mengelabui semut untuk merawat telurnya?

Bagaimana serangga stick memaksa semut mengerami telurnya? Ada koloni serangga yang biasa disebut serangga stick kayu. Dinamakan demikian karena serangga ini bisa menyerupai tempat hinggapnya, terutama kayu atau daun.

Kehidupan serangga stick ini sangat sederhana. Bahkan serangga stick betina tak akan repot – repot mengajak serangga jantan dalam urusan reproduksi: serangga betina akan menghasilkan telurnya sendiri melalui proses reproduksi yang disebut ‘parthenogenesis’ atau perkawinan alami tidak disertai jantannya. Lalu alih – alih merawat, induk serangga stick menaruh telurnya begitu saja di tanah.

Di Australia, satu spesies serangga stick yang disebut serangga daun spiny, hanya memakan daun – daun pohon casuarina, penghasil biji – biji kecil berdaging yang kaya dengan minyak dan nutrisi. Karena itu, semut pemanen mengumpulkan biji – biji tersebut untuk disimpan di sarang dan siap dimakan. Sementara itu, serangga daun spiny betina menghasilkan telur kecil, bulat, dan bergerigi halus, mirip sekali dengan biji casuarina.

Semut pemanen tak mampu membedakan antara biji dan telur sehingga telur – telur tersebut juga dikumpulkan dan disimpan di sarang bersama biji – biji pohon casuarina. Kemudian, ketika semut – semut memasuki sarang untuk memakan persediaan, mereka menemukan hanya sebagian dari biji – bijian tersebut yang mengeluarkan isi lezat sehingga telur – telur tersebut dibiarkan tumbuh dengan aman di bawah tanah.

Akhirnya telur – telur tadi menetas. Selanjutnya, kita mungkin membayangkan bahwa bayi – bayi serangga stick ini dalam bahaya besar. Lagi pula, mereka adalah tamu tak diundang di sarang semut. Tetapi, sekali lagi bakat mimikri (meniru) serangga ini ternyata melindungi bayi – bayi tersebut. Setelah menetas, mereka akan terlihat dan bergerak seperti semut yang baru lahir. Akibatnya, semut – semut membiarkannya berjalan keluar tanpa gangguan. Setelah itu mereka memanjat pohon casuarina untuk memulai prosesnya lagi.

Referensi : https://unikterbaru.wordpress.com