Bagaimana cara seorang pemimpin untuk menginspirasi (to inspire) anggota tim kita?

Pemimpin yang menginspirasi

Pemimpin adalah seseorang yang menggunakan sikapnya, nalurinya, kemampuannya dan ciri-ciri sikapnya dan menciptakan suatu keadaan sehingga orang yang dipimpin oleh pemimpin mau bekerja sama dan mencapai tujuan bersama.

Pemimpin pastinya memiliki skill kepemimpinan, saya kali ini akan membahas salah satu skill kepemimpinan yaitu leadership skill is the ability to inspire.

Kemampuan menginspirasi adalah suatu kemampuan seseorang yang dapat memberikan sesuatu pandangan baru bagi orang lain, dan kemungkinan juga dapat membuat orang lain melakukan sesuatu yang baru.

Kemampuan orang yang menginspirasi juga dapat memberi orang lain inspirasi untuk memulai suatu perubahan baru ke arah yang lebih baik dari sebelumnnya dan juga lebih baik bagi banyak orang.

Cara yang dilakukan pemimpin untuk menginspirasi orang lain adalah ada 6 cara dengan melakukan pendekatan :

  1. Visionary : pempimpin mampu memberikan pandangan yang jelas kepada rekan kerja atau bawahan kerja tentang masa depan dan mampu menyampaikan dengan benar ke dalam tim.

  2. Enhancing – pemimpin mampu meningkatkan atau menciptakan hubungan yang positif dengan sesama rekan kerja dengan menjadi pendengar yang baik dan berkomunikasi dengan orang – orang secara emosional.

  3. Driver – pemimpin mampu memberi arahan kepada rekan kerja tentang tujuan dan fokus yang harus diselesaikan tepat waktu dan pemimpin harus bertanggung jawan atas kinerja pribadi atau kelompok.

  4. Principled – pemimpin harus memiliki prinsip yang kuat untuk melakukan hal yang benar untuk tim kerja dengan cara yang benar untuk mencapai prinsip.

  5. Enthusiast – pemimpin dapat memancarkan dan memberi semangat juga energi tentang organisasi, tujuan dan pekerjaan itu sendiri kepada rekan kerja.

  6. Expert – pemimpin dapat memberikan arahan teknis yang kuat yang berasal dari keahlian yang mendalam.

Dari hal – hal 6 di atas pemimpin dapat memberi inspirasi bagi rekan kerja atau tim, dan juga ada berbagai cara lain untuk memberi inspirasi kepada rekan kerja tergantung pada setiap masing –masing pemimpin.

Dalam kepemimpinan, tokoh yang dapat menginspirasi sangatlah penting, pemimpin sebagai leader dapat menyuruh atau dapat memberi arahan pada bawahan atau partner kerja dengan cara memengaruhi mereka dalam hal – hal baik atau dapat memberi mereka inspirasi untuk melakukan hal yang baik.

Semakin pemimpin memberi mereka inspirasi yang bagus semakin pemimpin itu hebat. Jadi sebagai pemimpin kita harus menginspirasi semua orang.

Dalam Leadership skills is the ability to inspire pastinya ada tokoh – tokoh yang dapat menginspirasi kita. Contohnya Steven Paul Jobs atau lebih dikenal Steve Jobs lahir di San Francisco, California, Amerika Serikat, 24 Februari 1955 dan meninggal di Palo Alto, California, Amerika Serikat, 5 Oktober 2011 pada umur 56 tahun.

Steve job adalah seorang tokoh bisnis dan juga penemu dari Amerika Serikat. Steve job merupakan pendiri, ketua dan mantan CEO Apple Inc. Steve Jobs dikenal luas sebagai seorang visioner, perintis dan jenius dalam bidang bisnis, inovasi, dan desain produk, dan orang yang berhasil mengubah wajah dunia modern, merevolusi enam industri yang berbeda, dan contoh bagi semua kepala eksekutif.

Asal mula karir Steve Jobs berasal dari Apple Computer pada waktu yang sama Steve Jobs mendirikan NEXT Computer lalu, Steve Jobs membeli The Graphics Group (kemudian berganti nama menjadi Pixar) dan Steve Jobs kembali ke Apple lagi.

Bagi saya sosok Steve Jobs dapat menginspirasi semua orang dengan hal yang dia lakukan.

My favorite things in life don’t cost any money. It’s really clear that the most precious resource we all have is time – Steve Jobs

Ringkasan

Berikut ulasan yang menarik dari Simon Sinek tentang bagaimana seorang pemimpin dapat menginspirasi teamnya untuk berbuat sesuatu. Contoh-contoh yang digunakan adalah Apple, Martin Luther King, dan the Wright brothers

How great leaders inspire action | Simon Sinek | TED Talks

1 Like