Bagaimana cara seorang pemimpin baru bisa mendapatkan kepercayaan dan kesetiaan dari seluruh organisasi ?

Dalam sebuah organisasi, tidak jarang adanya pergantian posisi. Posisi pempimpin pun tidak terkecuali dalam hal ini. Bagaimana seseorang bisa mengatasi perpindahan jabatan sebagai seorang pemimpin didalam manajemen organisasi?

Mengubah kepemimpinan adalah proses penyesuaian. Ini merupakan periode dimana banyak hal dinamis yang akan muncul. Mendapatkan kepercayaan dan kesetiaan dari keseluruhan organisasi adalah sebuah tantangan, ada empat hal yang dapat dilakukan oleh pemimpin untuk mencapai landasan dan mendapatkan dukungan dari anggota :

Kenali semua level staf.

Dalam beberapa situasi, kepemimpinan baru bisa berarti perubahan staf di seluruh papan. Tapi, dalam kebanyakan kasus, staf tetap masih ada. Pelatih kepala baru dari tim olahraga bisa menjadi hebat, tapi dia harus memulai dengan pemain yang sudah dimiliki tim. Fokus pada mendapatkan kepercayaan dan rasa hormat mereka.

CEO United Airlines Oscar Munoz adalah contoh bagus dari seorang pemimpin baru yang masuk dan mengenal orang-orang di semua tingkat. Munoz mengubah moral perusahaan dengan cara yang sederhana. Dia menghabiskan waktu di hanggar perawatan dengan para mekanik dan dia berdiri di atas aspal dengan pengurus bagasi; dia menunjukkan bahwa dia benar-benar peduli dengan orang-orang yang bekerja untuk mencapai visi perusahaan - keaslian membuat orang terlibat kembali. Dan, seringkali, gagasan terbaik dan paling inovatif akan menjadi kenyataan yang muncul dari orang-orang dengan mendengarkan keluh kesah pegawai setiap hari.

Menginspirasi persahabatan.

Marissa Mayer di Yahoo! telah menyoroti, apa yang dia coba lakukan secara strategis. Dia mendapat kecaman saat dia mengakhiri pekerjaan jarak jauh dan mengamanatkan karyawan untuk masuk ke kantor. Kritik itu membuatnya tampak seperti sedang bersikap menentang pekerjaan jarak jauh. Dia tidak. Ini tentang memperbaiki budaya perusahaan yang rusak. Jika perusahaan telah berhasil saat dia mengambil alih, itu akan menjadi cerita yang berbeda.

Mayer mengerti bahwa memiliki orang-orang yang dekat dengan atasan dan kolega mereka adalah penting. Orang membutuhkan api di tempat duduk mereka yang berasal dari energi di ruangan yang penuh dengan orang-orang yang bekerja sama menuju tujuan bersama.

Mempertahankan orang-orang yang bertanggung jawab.

Tahan tanggung jawab karyawan untuk mengambil alih peran mereka dan berbicara saat mereka memiliki pendapat dan gagasan. Kemudian, memamerkan kesuksesan yang datang sebagai hasilnya.

Berbicara sangatlah mudah, namun mengeksekusinya yang menjadi masalah. Butuh orang yang bertanggung jawab untuk menjalankannya. Tekankan bahwa pegawai merupakan solusi, bukan masalahnya.

Kenali “superstar” dan bangunlah di atasnya.

Bagi pemimpin baru, perlu secepatnya untuk mengambil inventaris staf. Perhatikan siapa produsen kuncinya. Ini akan memakan waktu lama untuk mendapatkan gambaran yang akurat tentang kemampuan orang-orang (dan waktu akan bergantung pada ukuran perusahaan), namun memberi waktu tambahan untuk mengenal staf di fase awal akan menjadi dasar bagi Mengidentifikasi pemain kunci yang perlu diinvestasikan perusahaan dan merekrut kembali.