Bagaimana cara perusahaan startup mendapatkan Keuntungan?


(Rimba Anditya Kurniawan) #1

Ada beberapa saran yang digunakan untuk memonitisasi perusahaan startup. Yang harus dilakukan untuk langkah awal sebaiknya adalah mencari pelanggan yang akan menggunakan produk kita. Menurut kutipan dari beberapa orang terkenal tentang startup, “grow first, monetize later” yang artinya adalah kembangkan dulu usaha yang kita miliki dan fokus untuk mendapatkan jutaan pelanggan karena hal ini merupakan strategi yang cerdik serta rasional, sekiranya telah cukup maka lakukan perhitungan untuk mendapatkan keuntungan dari produk kita.

Model bisnis yang dibangun berdasarkan 1% pelanggan dari 0,1% iklan membutuhkan jutaan pelanggan untuk mencapai titik impas. Berikut adalah simulasinya untuk monetisasi dengan pendekatan iklan, jika tim terdiri dari 4 orang dan mencoba untuk mengembangkan startup maka diperlukan biaya mendekati $40.000 per bulan. Tingkat pendapatan iklan global untuk aplikasi adalah $0.25 CPM (Cost per Mile) untuk setiap 1000 tayangan iklan, sehingga diperlukan 160 juta tayangan untuk mencapai titik impas. Oleh karena hal itu, diperlukan jutaan pelanggan untuk mencapai hal tersebut.

Jika menggunakan pendekatan model bisnis freemium, maka dapat diperkirakan palanggan yang akan membayar untuk fitur lengkap hanya 1%. Jika 1% pelanggan tersebut membayar sewa $5 per bulan, itu artinya pendapatan rata-rata dari penggunaan aplikasi hanya $0.05. Mengingat hal ini, maka diperlukan 800.000 pelanggan terdaftar, dan jika hanya 10% dari total pelanggan yang menggunakan fitur lengkap, maka tetap diperlukan jutaan pelanggan untuk mencapai titik impas.

Dalam bisnis startup, steve blank menganalogikan seperti membuat obat untuk menyembuhkan kanker. Tidak perlu menghabiskan banyak energi untuk memikirkan bisnis model penjualan obat. Jika fokus dalam pengembangan pembuatan obat dan obat tersebut berhasil menyembuhkan kanker, maka akan secara otomatis obat tersebut akan bernilai besar dipasaran. Resiko nyata dalam membangun startup adalah bagaimana mendapatkan jutaan pelanggan aktif yang menggunakan produk anda dan mempertahankan pelanggan tersebut dalam jangka panjang.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah tidak diperlukan biaya yang mahal untuk menjalan situs atau server dari aplikasi. Sudah banyak perusahaan yang menyediakan layanan sewa server dengan harga yang terjangkau sehingga anda tidak perlu khawatir dengan biaya perawatan dan infrastruktur. Pengeluaran biaya terbesar yaitu pada proses design dan pengembangan aplikasi sehingga anda perlu fokus pada hal ini untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan pasar startup anda.

Terdapat beberapa cara lain yang dapat dilakukan agar mendapatkan keuntungan bagi perusahaan statur. Salah satunya yaitu melakukan hak paten. Terdapat potensi keuntungan yang besar dari hasil hak paten. Perusahaan startup dapat memperluas jaringan persebaran produk secara vertical kepada perusahaan-perusahaan besar maupun pada tingkat pelanggan karena sudah mempunyai legalitas. Yang kedua, yaitu mempererat kerjasama antar startup sehingga terjalin simbiosis mutualisme. Sebagai contoh, terdapat situs kencan online dan situs video-sharing. Situs kencan dapat memanfaat fitur video-sharing untuk saling berbagi profil dan video-sharing mendapatkan pelanggan yang menggunakan jasa mereka.

Selanjutnya, tidak ada salahnya melakukan investasi pada iklan. Dengan mengiklankan produk anda, akan mendapatkan timbal balik bahwa produk anda semakin dikenal oleh publik dan meningkatkan valuasi produk. Sandingkan produk anda dengan produk-produk yang sejenis dan relevan untuk lebih mengenalkan value proposition kepada publik. Untuk yang terakhir, anda beserta startup anda dapat membuat e-book yang berhubungan dengan kegiatan startup maupun ilmu yang bermanfaat bagi pelanggan tentang dunia startup.

Source:


(Pratama Rahmad Imawan) #2

Tetapkan harga produk dengan baik
Kebanyakan startup baru enggan untuk melakukan monetisasi dan memberikan layanan secara cuma-cuma, demi mengendepankan branding dan awareness.

Koreksi pengeluaran yang terlalu besar
Dalam hal operasional bisnis, menjadi penting bagi startup untuk bisa memaksimalkan budget atau simpanan dana yang ada.

Koordinasikan semua keperluan
Agar bisnis bisa berjalan dengan stabil tanpa adanya pengeluaran dana yang besar dalam waktu mendadak adalah, melakukan koordinasi dan mencermati semua keperluan, fasilitas dan kebutuhan yang diperlukan oleh perusahaan.

Fokus ke pertumbuhan bisnis
Agar bisa melakukan scale up dibutuhkan tim yang lebih banyak untuk bisa mengerjakan tugas dan mengembangkan produk yang ada. Jika saat ini perusahaan tidak memiliki dana yang cukup untuk mempekerjakan pegawai baru, cobalah cara lain dengan membayar pekerja paruh waktu atau mahasiswa magang

Referensi :Daily Social Malang Digital