Bagaimana cara penularan penyakit Colibacillosis pada unggas?

image

Colibacillosis adalah penyakit pada hewan, terutama menyerang hewan muda,
disebabkan oleh bakteri Escherichia coli (E.coli).

1 Like

image

Colibacillosis adalah penyakit pada hewan, terutama menyerang hewan muda, disebabkan oleh bakteri Escherichia coli (E.coli). Pada unggas, infeksi E.coli dapat menyebabkan penyakit seperti omphalitis, air sacculitis, peritonitis dan salphingitis.

Cara Penularan:

Pada ayam dapat melalui pencemaran makanan oleh feses, dan yang terpenting adalah telur tetas yang terkontaminasi oleh feses. Sumber penularan lainnya adalah infeksi indung telur atau salphingitis, kantong kuning telur merupakan titik pusat infeksi pada unggas.

Penularan dapat terjadi secara kontak langsung antara ayam sakit dan ayam sehat. Cara penularan tidak langsung dapat terjadi melalui kontak antara ayam yang sensitif dengan bahan-bahan yang tercemar oleh sekresi tubuh atau feses ayam yang menderita Colibacillosis. Penularan biasanya terjadi secara oral melalui pakan, minuman, debu, atau kotoran yang tercemar oleh E.coli. Kotoran atau debu yang mengandung bakteri E.coli dapat juga dihirup melalui saluran pernafasan sehingga akan terjadi infeksi pada saluran tersebut.

Colibacillosis dapat menular melalui telur tetas sehingga dapat menyebabkan angka kematian yang tinggi pada anak ayam. Ayam yang tertular Colibacillosis akan mengeluarkan kuman dalam fesesnya, dan dapat merupakan sumber penularan bagi ayam lainnya. Cara penularan terpenting pada telur adalah feses yang mengadung E.coli menyebabkan pencemaran pada permukaan telur, dan akhirnya kuman akan dapat menembus kerabang dan selaput telur. Pencemaran juga dapat melalui ovarium atau oviduk yang terinfeksi oleh kuman tersebut.