Bagaimana cara pengobatan penyakit goham pada burung?

Stress dapat memicu pertumbuhan protozoa yang menyebabkan penyakit goham ini muncul, jika tidak segera ditangani akan berujung kematian. Anak burung adalah yang paling mudah terkena dampak penyakit ini, yang ditularkan induknya dalam masa pelolohan, atau dari sarang yang basah masuk melalui pusar anakan. Infeksi secara langsung tularkan dari satu burung ke yang lain, melalui pakan atau air yang terkontaminasi.

Untuk pengobatan penyakit Goham adalah Pilihan obat yang digunakan antara lain yang mengandung Ronidazole, Dimetridazole, Carnidazole, Metronidazole mungkin jika kita cari di Poultry Shop di indonesia tidak akan ditemukan obat-obatan ini, biasanya peternak impor dari luar misalnya “RONIVET” yang bekomposisi ronidazole produk VetaFarm harga produk ini serbuk larut air jadi bisa untuk treatment koloni burung melalui air minum, obat lain produk Veta Farm all in one adalah TONYS TREASURE juga mengandung ronidazole. Atau produk MEDPET 4 in 1 juga mengandung ronidazole, bisa juga pakai produk untuk pengobatan ikan di akuarium yaitu Metronidazole Powder (100% pure) mudah larut air bisa dicampur dengan air minum.
Karena selain mahal dan langkanya produk-produk diatas, terdeteksi sakit goham burung di bisa beri Metronidazole tablet yang bisa didapat di apotik. Masa pengobatan sempurna adalah 7 sampai 10 hari. Karena metronidazole tidak mudah larut dalam air sebaiknya obat dijadikan dihancurkan menjadi serbuk, dosage cukup 50mg jangan lebih dari 100mg. misal kita beli diapotik Metronidazole 250mg maka dosage adalah ¼ tablet.
Pilihan lain yang bisa kita beli di Apotik obat-obatan manusia yang mengandung Metronidazole bentuk cair mungkin bisa jadi pilihan untuk kita untuk mencampurnya dengan air minum antara lain:

  • PROMUBA
  • FLAGYL
  • FARIZOL
    Tapi ingat Metronidazole hanya diberikan pada burung-burung pada kasus serius saja. tidak cocok untuk preventip / pencegahan mengingat kerasnya obat ini.