© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana cara pengobatan penyakit Bubul pada burung Kenari?

image

Bagaimana cara pengobatan penyakit Bubul pada burung Kenari?

Pada awal mula kaki terserang bubulan atau dikenal dengan istilah Bumble foot pada burung kenari ini, bentuknya akan tampak seperti jerawat yang kecil. Biasanya berwarna merah muda dan biasanya terletak pada telapak kaki atau diantrara kukunya. Apabila hal tersebut tidak segera diatasi maka jerawat kecil tersebut akan menjadi semakin membengkak kebiruan. Dan dalam kondisi inilah jika tidak segera ditangani dapat mengakibatkan kerusakan permanen dalam kaki kenari itu.

Cara mengobati penyakit bubul pada kaki burung kenari yaitu :

  1. Pegang tubuh Burung dengan pelan dan lembut.

  2. Mencuci kaki yang terkenal bubul dengan air hangat, ulangi terus sampai bubul menjadi lebih lunak.

  3. Lalu keringkan pada daerah yang terkena air, atau bisa dilap dengan kain kering dan bersih.

  4. Lalu olesi obat luar berupa salep anti jamur seperti canestin, daktarin, betason N, salep88, dan lain sebagainya.

  5. Jangan memandikan Burung selama 2 hari setelah pemberian salep.

  6. Setelah 2 hari, cuci kembali kaki Burung menggunakan air hangat, olesi salep lagi, dilakukan secara rutin selama 3 minggu.

  7. Tanda yang paling menonjol ketika Burung kesayangan Anda mulai sembuh adalah pada bagian kaki yang mengering dan mulai mengelupas.

Kalau menurut saya penyakit bubul pada burung kenari itu ada 2 macam yaitu bubul basah & bubul kering. Kalau bubul kering cara penanganannya cukup diolesi dengan salep 88 atau sejenisnya, ulangi lagi pemberian salep selang 3 hari kemudian. Waktu yang tepat untuk pengolesan salep 88 adalah pada malam hari, ini untuk menghindari burung kenari memakan sisa salep yang ada di kaki burung tersebut yang bisa mengakibatkan burung tersebut malah sakit. Kalau bubul basah saya tidak berani memberi jenis obat salep karena sering terjadi malah kaki burung menjadi hitam & akhirnya putus yang pada akhirnya burung tersebut akan mati. Saya biasanya mengatasi bubul basah pada kenari dengan menggunakan obat produk dari medion bandung yaitu medi bird. Bentuknya cair berwarna kuning yang biasa digunakan untuk campuran air mandi burung sesuai dengan dosis yang tertera pada kemasan produk. Cukup dicampur dengan air bersih sesuai dosis yang dianjurkan pada kemasan produk kemudian disemprotkan pada kaki burung yang sakit sambil burung dijemur sampai kering. Ulangi proses ini setiap pagi bersamaan dengan penjemuran burung, biasanya dalam waktu 7 hari kaki burung yang terkena bubul basah akan sembuh, tergantung dari tingkat parah atau tidaknya burung tersebut. Selamat mencoba, semoga bermanfaat bagi para penggemar burung kenari yang burungnya sedang mengalami masalah bubul. Tks.

1 Like