Bagaimana cara pengobatan pada hewan kambing yang kembung?

Gas dari pakan yang menyebabkan kambing kembung berasal dari aktivitas fermentasi yang terjadi pada perut besar (rumen). Aktivitas fermentasi ini tidak seperti biasanya, sehingga gal dalam rumen tidak dapat keluar dengan cepat. Sehingga banyak gas yang terperangkat dalam perut. Gas yang muncul ini antara lain: gas methana, KarbonDioksida(CO2), dan lain-lain. Gas-gas inilah yang mengakibatkan kambing mengalami penyakit kembung.

Pengobatan Penyakit Kembung Pada Kambing :

  • Sediakan minyak nabati seperti, minyak kelapa, minyak kedali, atau minyak sawit. Takaran 100-200 ml atau sekitar ½ gelas sampai 1 gelas, carannya dengan mencokoki minyak tersebut kedalam mulut melalui mulut samping.

  • Kambing dicekok 200 cc minuman bersoda seperti coca-cola atau sprite. Balur perut kambing dengan bawah merah yang telah dihaluskan, selanjutnya dicampur dengan minyak angin. Jika angin telah keluar melalui anus, kedua kaki kambing depan diangkat keatas, sambil sisi perut dijepit dengan kaki kita. Kita usahakan kambing selalu dalam keadaan berdiri dan mulutnya dalam keadaan terbuka, bisa ditaruh kayu dengan melintang.

  • Dengan mencekoki minuman 1 sachet/kemasan jamu anti masuk angin untuk manusia, diberikan minuman bersoda, kemudian mengoleskan minyak kayu putih.

  • Ini adalah bagian agak terlau ekstrem, yaitu dengan menusukan anus kambing, dengan tangkai daun papaya yang sudah dioleskan dengan minyak seprti minyak goreng, sehingga kambing tidak akan terluka. Selanjutnya, kedua sisi perut kambing dijepit, jadi gas nya akan keluar melalui tangkai daun papaya.

  • Memberikan obat, semacam antibiotic seperti panicilin yang kegunaannya untuk mengurangi jumlah bakteri penghasil gas dalam rumen sapi.

  • Seekor kambing bisa diberi 30—50ml Tymposol yang telah dicampur dan dilarutkan ke dalam 0,3—0,5 liter air.