Bagaimana cara penggunaan media sosial untuk peningkatan bisnis perusahaan ?

media sosial dan bisnis

Pada masa sekarang, media sosial sifatnya sangat luas bahkan dari berbagai kalangan usia memiliki media sosial. Tentunya, ada hal yang bisa dimanfaatkan dari adanya media sosial khususnya dalam bidang bisnis.

Bagaimana cara penggunaan media sosial untuk peningkatan bisnis perusahaan ?

Sosial media sekarang telah memiliki peran penting dalam strategi pemasaran bagi bisnis kecil maupun besar.
suatu bisnis yang baru dirintis bisa cepat berkembang dengan memanfaatkan sosial media,
bisnis melalui sosial media sangat menguntungkan karena gratis dan luas jangkaunya

Sosial Media Membantu Pencarian Target Konsumen Lebih Efektif

Contohnya jika kita memiliki bisnis penginapan ditempat wisata dan ingin melakukan promosi melalui instagram, postingan foto kita bisa dilengkapi dengan fitur location atau #hashtag.

Manfaatkan fitur location Instagram untuk memasarkan bisnis kita dengan lebih tertarget. Dengan demikian, seseorang yang ingin mengunjungi lokasi wisata tersebut bisa tertarik dan memiliki kemungkinan untuk menjadi konsumen

Sosial Media Membantu Menemukan Konsumen Baru Dan Memperluas Target Pasar
seorang wirausaha dizaman sekarang ini tidak perlu susah-susah untuk mendirikan toko resmi, karena dengan hanya memanfaatkan sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter dll. cukup untuk menjalankan suatu bisnis
500_F_87870651_Y9qpKQKpbpURcrTN98YZGmU7KlmIJcah

Melakukan Promosi
Mungkin sesekali kita dapat memposting sesuatu pada jejaring sosial yang berhubungan dengan promosi produk bisnis , kita juga bisa memanfaatkan video yang ada di instagram maupun Youtube supaya lebih menarik dan lebih jelas dalam melakukan promosi terhadap suatu produk

intinya kita bisa memulai bisnis apapun lewat sosial media, kuncinya hanyalah niat, ide ,dan inovasi yang harus selalu berkembang supaya tetap konsisten dan memiliki daya tarik sendiri

Pada masa kini, hampir setiap orang memiliki media sosial. Seperti instagram, twitter, dan facebook. Banyak yang merasa media sosial hanya digunakan untuk berkomunikasi tanpa dirasakan media sosial telah digunakan juga untuk berbisnis.

1. Memperoleh data penting pelanggan
Data yang dihasilkan media sosial tidak sedikit setiap harinya. Dari data tersebut pelaku bisnis bisa mendapatkan informasi tentang pelanggan. Sehingga dapat membuat rancangan bisnis dan target yang sesuai dengan analisis informasi.

2. Melakukan promosi
Promosi dengan iklan di media sosial merupakan cara efektif, apalagi dengan iklan yang berbayar. Jika kita memilih iklan yang berbayar akan lebih bagus karena iklan tersebut akan lebih terdepan dibandingkan iklan tidak berbayar. Target iklan juga bisa disesuaikan gender, usia, maupun lokasi.

3. Publikasi lebih cepat dan lebih mudah
Dengan menggunakan media sosial, pelaku bisnis dapat dengan mudah membagikan konten produknya secara luas.

4. Meningkatkan pengunjung Website dan Ranking Search Engine
Pengunjung website yang banyak merupakan keuntungan dari media sosial untuk bisnis. Apabila posting tersebut dianggap menarik maka akan terjadi saling share terhadap posting tersebut. Hal tersebut juga akan meningkatkan banyak traffic dari website yang baik.

5. Mengenali kompetitor
Mencari tahu informasi tentang kompetitor sehingga pelaku bisnis bisa menentukan strategi bisnis yang terbaik.

Sumber :


Media sosial menjadi sesuatu yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat saat ini. Penggunaannya pun tergolong tidak susah karena dapat diakses dari gadget yang kita miliki. Melihat banyaknya pengguna media sosial, menimbulkan peluang bisnis dengan melakukan pemanfaatan media sosial. Lalu bagaimana media sosial dapat dimanfaatkan?

  1. Tempat berjualan
    Melakukan bisnis online dengan media sosial sudah semakin menjanjikan. Kita tidak perlu bertemu langsung dengan pembeli, semuanya dapat dilakukan menggunakan transaksi online sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga

  2. Promosi
    Ketika kita tidak memiliki bisnis online, media sosial tetap dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan bisnis yang ada. Karena banyak penggunanya, maka promosi juga akan semakin meluas

  3. Mengenali target pasaran
    Dengan media sosial, kita dapat mengetahui hal apa yang sedang populer di kalangan masyarakat. Kita jadi dapat melakukan inovasi produk sehingga sesuai dengan apa yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen saat ini.

  4. Mengenali kompetitor
    Selain untuk mengetahui hal apa saja yang dibutuhkan pelanggan, media sosial juga dapat memberikan informasi tentang produk-produk apa saja yang juga menjadi inovasi kompetitor. Dengan begitu, bisnis juga menjadi semakin maju.

Sosial Media

Tidak bisa dipungkiri pada zaman sekarang sosial media merupakan aplikasi dengan pengguna tertinggi di dunia. Maka dari itu banyak masyarakat yang memanfaatkan sosial media dalam berbagai hal, contohnya dalam dunia bisnis. Banyak manfaat dari sosial media yang bisa membuat suatu bisnis meningkat. Contoh manfaat dari sosial media untuk meningkatkan suatu bisnis yaitu :

  1. Mengenalkan produk lebih efektif dan efisien
    Sosial media bisa mengenalkan produk dari suatu perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien. Karena sosial media menampilkan suatu konten secara real-time dan semua orang bisa melihatnya.

  2. Promosi dengan biaya yang sedikit
    Sosial media membantu bisnis untuk mempromosikan produknya dengan biaya yang bisa dibilang minim, karena media sosial juga rata-rata gratis dan jika ingin melakukan promosi yang berbayar di media sosial, harganya lebih murah daripada jika promosi dengan cara yang lain.

  3. Customer Service
    Para konsumen bisa melakukan komplain melalui media sosial. Menurut survey yang dilakukan DDW, 65% konsumen lebih memilih komplain melalui media sosial ketimbang call center karena lebih praktis, tidak memakan pulsa hingga puluhan ribu, dan lebih cepat ditanggapi oleh admin.

  4. Product Development
    Melalui sosial media, para pemilik bisnis bisa mengetahui produk seperti apa yang diinginkan oleh konsumen. Bahkan pemilik bisnis juga bisa mengetahui tren dan persaingan produk yang ada di pasaran. Feedback berupa saran dan kritik pada media sosial bisa menjadi dasar bagi pemilik bisnis untuk mengembangkan produk terbaru. Selain itu pengguna media sosial juga bisa menjadi seorang tester dan quality control yang baik bagi bisnis tersebut.