Bagaimana cara penerapan manajemen organisasi yang baik terhadap organisasi non profit ?

Manajemen Organisasi merupakan perencanaan, penerapan, dan juga pengendalian seluruh proses aktivitas organisasi didalamnya serta mengendalikan sumber daya yang ada didalamnya sehingga dapat mencapai tujuan organisasi. Penerapan manajemen organisasi yang baik tentu akan menghasilkan profit atau keuntungan untuk perusahaan itu sendiri. Namun, bagaimana dengan perusahaan non-profit seperti organisasi sosial yang kini mulai sering kita lihat dan kita dengar.

Menurut anda, bagaimana cara penerapan manajemen organisasi yang baik terhadap organisasi non-profit atau NGO yang kini mulai banyak kita temui di berbagai daerah di Indonesia ?

Pada dasarnya, penerapan manajemen organisasi untuk perusahaan Profit (semacam perusahaan atau instansi pada normalnya) dengan organisasi non-profit hampir sama saja. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan penerapan manajemen organisasi dan standar-standar nya. Karena mungkin untuk organisasi profit sudah memiliki target yang jelas untuk menghasilkan profit sebanyak-banyaknya sehingga manajemen organisasi yang diterapkan memang sudah tetap untuk mencapai keuntungan. Sedangkan non-profit biasanya memiliki standar-standar tertentu dan cenderung lebih flexibel. Seperti pengalaman saya terjun di organisasi sosial bernama Indonesian Future Leaders Chapter Malang. Mungkin terlihat dari sisi keuangan yang belum stabil khusus untuk NGO, maka diperlukan penerapan manajemen organisasi yang baik agar keuangan di NGO tersebut dapat bertahan dengan baik juga. Menurut pendapat Neela Pal ada beberapa tips untuk penerapan manajemen organisasi yang baik untuk NGO agar bisa mengatur keuangan organisasi tersebut dengan baik :

  1. Meningkatkan Keuangan dengan bekerja sama dengan partner-partner
  2. Menegaskan informasi keuangan terhadap para member didalamnya untuk menyesuaikan keuangan dalam pelaksanaan project
  3. Menyesuaikan anggaran program/project dengan model yang akan dibuat
  4. Menjaga hubungan baik dengan partner yang men-support financial organisasi anda
  5. Melihat prospek partner kedepannya

Lima hal diatas merupakan tips penerapan manajemen organisasi yang baik terhadap organisasi non-profit difokuskan terhadap permasalahan menjaga financial organisasi. Karena memang menurut saya pribadi kendala utama NGO adalah keuangan. Dengan menjaga keuangan yang baik maka dapat menjaga keberlangsungan organisasi tersebut.

Sumber :
https://www.forbes.com/sites/skollworldforum/2015/03/17/five-tips-to-better-manage-nonprofit-finances/#588d220d14fa