Bagaimana cara pencegahan dan pemberantasan hewan yang terinfeksi cacing Fasciola?

image

Cara pencegahan dan pemberantasan Fascioliasis sangat sulit, namun hal ini dapat dilakukan usaha-usaha yaitu dengan pemeriksaan feses untuk menemukan telur cacing hati yang rutin pada ternak setiap 2-3 bulan sekali, mencegah siput air masuk ke wilayah peternakan

Cara pencegahan dan pemberantasan Fascioliasis sangat sulit, namun hal ini dapat dilakukan usaha-usaha yaitu dengan pemeriksaan feses untuk menemukan telur cacing hati yang rutin pada ternak setiap 2-3 bulan sekali, mencegah siput air masuk ke wilayah peternakan dengan cara membuat selokan tergenang di sekitar peternakan dan pada air selokan dimasukkan obat anti siput (molluscida), seperti senyawa Cu dan garam Natrium. Usaha lain yang dapat dilakukan adalah inang perantara cacing hati dengan pemberian Natrium Pentachlorpenate sebanyak 9 kg dilarutkan dalam 3600 liter untuk per hektar padang penggembalaan, Cupper pentachlorpenate dengan dosis yang sama seperti di atas. Obat anti siput hendaknya disemprotkan pada saat padang penggembalaan berair dan selama 3-5 hari tidak boleh digunakan untuk padang penggembalaan. Pada ternak yang dinyatakan positif terhadap infeksi cacing dapat diobati dengan:

  1. Carbon tetrachloride dengan dosis 1-2 ml per 50 kg berat badan, sangat efektif untuk cacing hati yang berumur 8-10 minggu, tetapi tidak efektif untuk cacing hati yang berumur 5-6 minggu. Cara pemberian Carbon tetrachloride secara intra muskuler dan sub kutan akan lebih baik daripada per oral, tetapi pada pemberian murni akan dapat menimbulkan nekrosis otot dan ulcera sub kutan pada pemberian intra muskuler dan sub kutan. Efek di atas tidak akan terjadi jika dicampur dengan minyak, minyak nabati dengan dosis 0,2 ml per kg berat badan.
  2. Mineral Oil dengan dosis 1-2 ml per 10 kg berat badan.
  3. Hexachlorophene pemberian secara per oral dengan dosis 15 mg per kg berat badan dapat membunuh cacing muda umur 4 minggu.
  4. Obat-obat lain yang dapat digunakan adalah: Dovenix dengan dosis 7 ml untuk sapi dewasa, pemberian secara sub kutan. Triclabendazole dengan 5 mg per kg berat badan, pemberian secara intra muskuler.