Bagaimana cara penanganan tanaman hias yang baru sampai ekspedisi?

Assalamualaikum teman - teman. Dua hari yg lalu saya membeli tanaman secara online setelah sampai saya rendam dengan air tetapi tanamannya tetap lemes. Bagaimana cara menanganinya?

Di zaman modern saat ini tentunya pengiriman benda seperti tanaman maupun binatang sudah bisa dipaketkan. Tanaman yang dikirim melalui paket tentunya akan berbeda dengan kita beli langsung ke penjual tanaman hias. Banyak kendala yang dihadapi mulai dari daun rontok, batang lemas, bahkan hingga tanaman mati atau juga mengering. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor, contoh minimnya cahaya matahari masuk ke tanaman, selama ekspedisi tanaman tidak pernah diberi air, dan juga masalah sirkulasi udara yang pengap karena di pack yang sangat tertutup. Hal ini yang menyebabkan cacatnya pada tanaman hingga kematian tanaman. Maka dari itu bisa dilakukan beberapa langkah berikut ini untuk menanganinya:

  1. Cek kondisi akar (karena akar adalah pusat dari penyerap zat hara) siapa tahu terdapat busuk pada akar.
  2. Jangan langsung ditanam dan dikenakan sinar matahari langsung
  3. Akar jangan langsung dimasukkan ke dalam air, terlebih baik semprotkan air dengan sprayer secara perlahan-lahan pada bagian akar sehingga akar tidak mengalami stressing karena terkena air berlebih dan akar tidak mampu mnyerapnya, karena jika akar terus terendam air maka bisa menyebabkan busuk akar.
  4. Bisa menyungkup tanaman dengan plastik agar tanaman mimiliki suhu normal
  5. Semprotkan akar dengan zat pengatur tumbuh agar akar cepat berkembang.
  6. Ganti media tanam yang baru dan jangan lupa untuk menambahkan campuran air+em4.
1 Like