Bagaimana cara pemerintah dalam mengatasi pengangguran?

Pengangguran

Pengangguran merupakan masalah terbesar bagi perekonomian suatu negara. Peran pemerintah dalam mengatasi tingginya pengangguran dapat dilihat dari kebijakan yang dikeluarkan dan dilaksanakan sepanjang perekonomian negara berjalan.

1 Like

Beberapa kebijakan yang diambil pemerintah untuk menangani permasalahan pengangguran, antara lain:

  • Kebijakan belanja surplus. Pemerintah melakukan ini dengan tujuan untuk membiayai pembangunan infrastruktur dengan proyek padat karya, membangun sarana pendidikan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja, dan sebagainya.

  • Mengatur laju investasi. Mengatur laju investasi dengan memacu laju investasi swasta dan negara dengan cara mengendalikan konsumsi baik yang aktual maupun yang potensial atau menerapkan investasi terencana di sektor publik. Investasi di sektor publik akan mendorong dan meningkatkan volume investasi komersial dari pihak swasta maupun pemerintah. Kebijakan ini diikuti dengan kebijakan untuk menghambat investasi di bidang produksi konsumtif, yaitu investasi yang nilai tambahnya rendah dan hanya untuk kalangan tertentu. Peningkatan investasi ini dapat menyerap tenaga kerja yang secara langsung mengurangi pengangguran.

  • Investasi sosial. Kebijakan ini mendorong pemerintah berinvestasi di bidang yang sesuai dengan keinginan masyarakat, seperti investasi di bidang transportasi, perhubungan, konservasi lahan, dan investasi overhead lainnya. Investasi ini dapat memperluas pasar, meningkatkan produktifitas, mengurangi biaya produksi, dan menyerap tenaga kerja.

  • Pengawasan pinjaman secara terpilih. Tujuan utamanya adalah untuk memastikan bahwa bank perdagangan memberikan pinjaman dan melakukan investasi yang sesuai dengan yang telah digariskan oleh pemerintah. Pinjaman diarahkan untuk investasi yang dapat mendorong perkembangan sektor pertanian, terutama para petani, pengusaha kecil, dan industri kecil atau industri rumah tangga. Persyaratan pinjaman dibuat ringan, misalnya suku bunga yang rendah, sehingga dana mudah mengalir ke masyarakat dan digunakan untuk investasi yang dapat menyerap tenaga kerja.

Cara Pemerintah Mengatasi Pengangguran


1. Menciptakan lapangan pekerjaan seluas-luasnya
Terjadinya masalah pengangguran disebabkan karena tidak seimbangnya perbandingan antara lapangan pekerjaan dan tenaga kerja. Oleh karena itu salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah yaitu dengan menciptakan lapangan pekerjaan seluas-luasnya. Menurut ahli ekonomi yaitu Prof. Soemitro Djoyohadikoesoemo berpendapat bahwa mempeluas kesempatan kerja dapat dilakukan dengan dua cara yaitu yang pertama dengan cara mengembangkan industri padat karya dan yang kedua dengan menyelenggaraka proyek pekerjaan umum. Cara yang pertama yaitu dengan mengembangkan industri, pengembangan industri dapat dilakukan dengan cara meningkatkan modal asing dan juga modal dalam negeri. Dan cara kedua yaitu dengan menyelenggarakan proyek pekerjaan umum contohnya seperti proyek dalam pembuatan jalan tol. Selain itu cara lain pemerintah untuk membuka kesempatan kerja yaitu dengan mengirimkan tenaga kerja yang ada di Indonesia untuk bekerja di luar negeri dengan melalui departemen tenaga kerja ataupun melalui jasa tenaga kerja.

2. Meningkatkan kualitas tenaga kerja
Salah satu faktor kenapa tingkat pengangguran di Indonesia masih tinggi yaitu keterampilan atau kinerja setiap tenaga kerja. Oleh karena itu sangat perlu seorang pengangguran meningkatkan kualitas tenaga kerjanya agar tingkat pengangguran berkurang. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja yaitu dengan cara latihan untuk pengembangan profesionalisme tenaga kerja, selain itu dengan mencoba latihan magang di tempat kerja, dan cara yang sangat ampuh untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja yaitu dengan meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat setempat dan juga menyesuaikan bakat yang dimiliki masyarakat dengan usaha baik itu melalui pendidikan formal, kursus, ataupun lain-lain.

3. Mengadakan proyek magang bagi calon tenaga kerja
Salah satu cara pemerintah untuk mengurangi penganggura yaitu dengan mengadakan suatu proyek magang bagi calon tenaga kerja. Dengan adanya pelatihan pada magang maka calon tenaga kerja akan menjadi lebih terampil dan akan membantu mengatasi masalah pengangguran. Selain itu dengan cara mengadakan berbagai pelatihan sesuai dengan kebutuhan masing-masing para pencari kerja.

4. Meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja
Upaya pemerintah yang keempat untuk mengatasi masalah pengangguran yaitu dengan meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja. Adapun cara yang dapat dlakukan untuk meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja yaitu dengan cara mengikutikan semua pekerja kepada asuransi jaminan sosial, menyarankan setiap perusahaan untuk dapat meningkatkan keselamatan kerja, mewajibkan setiap perusahaan yang ada untuk dapat memenuhi hak tenaga kerja, dan cara terakhir yaitudengan menetapkan adanya upah minimum regional.

5. Pengembangan sektor informal
Upaya Pemerintah dalam mengatasi pengangguran yaitu dengan mengembangkan usaha pada sektor informal. Sektor informal biasanya banyak ditemukan di negara-negara berkembang. Indonesia merupakan salah satu negara berkembang sehingga dengan mengambangkan setor informal akan membantu dalam mengatasi masalah pengangguran. Sektor informal sangat cocok digunakan untuk upaya pengangguran sebab pada sektor informal untuk bekerja pada sektor informal tidak harus memiliki pendidikan yang tinggi. Pertumbuhan penduduk yang begitu pesat membuat beberapa perusahaan pada sektor formal mengalami kendala dalam menyediakan kesempatan kerja. Akan tetapi ada beberapa negara berkembang yang berpendapat bahwa sektor informal ini merupakan sebuah lambang dari keterbelakangan suatu negara. Akan tetapi jika kita berpikir optimis maka dengan adanya sektor ini sangat membantu dalam mengatasi pengangguran.

6. Pengembangan program transmigrasi
Transmigrasi adalah proses perpindahan suatu penduduk dari suatu tempat ke tempat yang lain. Dengan adanya transmigrasi maka dapat mengurangi tingkat pengangguran, hal ini disebabkan akan terjadi kemerataan jika dilakukan pengembangan program transmigrasi. Dengan adanya program transmigrasi maka selurh penjuru di Indonesia dapat saling mendapatkan pekerjaan, maka para pencari kerja dapat dengan mudahnya mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian kita.

7. Meningkatkan investasi
Cara yang terakhir yaitu dengan meningkatkan investasi. Apa hubungannya investasi dengan pengangguran?. Investasi merupakan salah satu hal pokok yang sangat penting dalam sebuah sistem perekonomian. Dengan adanya investasi yang meningkat, maka bisnis yang ada suatu negara akan terus berkembang. Dengan berkembangnya suatu bisnis maka akan dapat banyak menciptakan lapangan pekerjaan sehingga pengangguranpun akan berkurang.

Referensi

7 Upaya Pemerintah dalam Mengatasi Pengangguran - MateriIPS.com

Untuk mengatasi pengangguran Pemerintah dapat melakukan upaya-upaya dalam
mengatasi pengangguran, antara lain sebagai berikut :

  1. Mendirikan program tenaga kerja
  2. Mengadakan program latihan kerja magang
  3. Pengerahan tenaga kerja Indonesia
  4. Mendirikan program pelatihan atau kursus
  5. Memperluas pendistibusian informasi tenaga kerja yang dapat diakses dimanapun.
  6. memberikan kesempatan dalam pengikutsertaan dalam mengikuti program latihan kerja
  7. Meningkatkan wiraswasta
  8. Membuka lapangan kerja baru atau mendirikan kursus
  9. Aktif dalam mencari informasi tentang tenaga kerja (Marius dan Jelamu, 2004)