Bagaimana cara pemberian garam untuk lovebird?

image

Manfaat garam pada burung lovebird adalah membantu burung didalam mencukupi kebutuhan mineral yang ada di dalam tubuhnya. Hal ini dikarenakan garam mengandung sodium atau natrium (Na) dan klorida (Cl).

Bagaimana cara pemberian garam untuk lovebird?

Pagi hari dianginkan lalu dijemur hanya beberapa menit sesuai cuacaMandikan dengan semprot sprey tapi tidak terlalu basah, bersihkan sangkarnya dengan shampo. Angin anginkan lalu beri menu harian millet putih tanpa ada campuran.

Di dalam keseharian digantung biasa tanpa krodong di campur dengan burung lainnya. Di dalam merawat lovebird menjelang Lomba atau digantang cukup disiapkan pada saat satu hari menjelang lomba atau pada hari sabtu jika dimainkan pada hari minggu.

Penyajian garam pada Lovebird dapat anda lakukan dengan cara menambahkan sedikit garam pada pakan biji-bijian Lovebird.

Frekuensi pemberian garam cukup 1sampai 2 kali dalam satu minggu dan porsinya sedikit saja.

Air garam dapat dipakai untuk mencuci buah dan sayuran yang akan diberikan ke Lovebird. Manfaat air garam untuk lovebird selain menghilangkan sisa-sisa pestisida, air garam yang menempel pada buah dan sayur akan turut dikonsumsi Lovebird.

Pencucian air garam cukup 5 sampai dengan waktu 10 menit saja.
Bisa juga dengan mencampur sedikit garam pada cepuk air minum Lovebird. Lovebird jawara juga mengonsumsi air garam, namun hanya H-1 sebelum lomba.

Sesudah event lomba juga tidak ada perawatan khusus untuk lovebird, hanya saja kandang dibersihkan dengan sebersih mungkin dengan kanebo.

Setelah itu kembalikan lagi pada menu asal yakni hanya milet putih, dan air minum berikanlah air mineral seperti air minum biasa dan kemudian digantung tanpa harus dikrodong.