Bagaimana Cara Ngombyok Burung Kolibri Yang Bagus Dan Prospek?

Apa itu ngombyok? Dan bagaimana cara melakukannya?

Ngombyok merupakan suatu tradisi yang biasa dilakukan ketika kita akan membeli burung. Karena hampir sebagian besar penjual menggunakan metode campur dalam satu kandang besar agar mudah perawatannya.

Dalam memilih burung bahan dalam ombyokan memang perlu kehati-hatian dan pertimbangan yang tepat. Sebab didalam ombyokan terdapat banyak burung yang dijadikan satu tanpa kita ketahui kondisinya.
Ada beberapa pakem yang harus kita perhatikan saat ngombyok untuk mendapatkan kolibri yang bagus dan berkualitas. dianatarnya adalah dari segi kesehatan, jenis kelamin, katuranggan dan karakter.

Kesehatan

Pilihlah burung yang dalam kondisi sehat, lincah dan gemuk. Jangan memilih burung yang hanya diam saja di tangkringan dan nampak lesu.

Saat memilih usahakan burung jangan dijemur tapi taruh ditempat yang teduh biar kita tahu mana burung yang benar-benar sehat. Pilihlah burung yang makannya rakus dan usahakan sudah makan kroto.

Jenis kelamin

Inilah point penting yang harus di perhatikan karena harapan kita adalah membeli burung yang jantan. Sebelum mengombyok pelajari terlebih dahulu tentang perbedaan jantan dan betina burung kolibri yang akan anda pilih.

Anda bisa mempelajarinya di blog rumah kolibri ini sebab disini sudah banyak dibahas tentang perbedaan jantan betina burung kolibri yang ada di Indonesia.

Pastikan terlebih dahulu burung yang anda pilih tersebut berjenis kelamin jantan. Jika anda masih ragu pilihlah burung yang sudah ada trotol jangan pilih yang masih ijoan.

Meskipun trotol harganya sedikit ebih mahal daripada ijoan namun kepastian jantannya sudah seratus persen.

Katuranggan
Untuk katuranggan pilihlah burung yang berbadan tegap, body panjang, jika berdiri tegak, kepala cenderung mendongak keatas. Sorot mata tajam dan bola mata besar dan belo, sayap rapat, kaki jingkring.

Karakter
Pilihlah burung yang terkesan galak, dan bersifat territorial (galak jika didekati burung lain) diombyokan. Burung yang bunyi di ombyokan juga tergolong berkarakter bagus. Tapi jangan sampai terkecoh bahwa betina juga rajin bunyi saat diombyokan.