Bagaimana Cara Mudah Mendapat Ide Untuk Topik DIskusi?

Melihat orang yang sudah berjualan di pasar sepertinya mudah, padahal tidak juga, namun orang tersebut pasti merasakan susahnya berdagang bagi pedagang baru, merasakan susahnya memasuki pasar yang banyak pesaingnya maupun sedikit pesaing tapi barang dagangannya susah untuk dijadikan saingan. Tapi yang paling susah adalah mencari ide untuk menjual sesuatu, sama seperti mencari ide untuk topik diskusi, mungkin mencari ide untuk topik diskusi terkadang sulit untuk beberapa orang, tapi bagi beberapa orang lain mendapat ide adalah suatu hal yang biasa. Untuk kalian nih, bagaimana cara kalian agar mudah mendapatkan ide untuk topik dIskusi?
1 Like

kalau cara saya mencari topik diskusi ada 2, yang pertama scroll-scroll dashboard yang ada di youtube kemudian cari topik yang menarik atau yang bisa kita angkat sebagai bahan diskusi. Yang kedua masalah pribadi, ini mungkin tidak relevan dengan banyak orang jadi saya lebih sering menggunakan cara yang pertama.

Sebenernya kita engga harus selalu mencari topik diskusi yang berat bobotnya seperti masalah yang serius. Memang mendiskusikan topik yang serius itu penting tapi jika terus-menerus dilakukan akan menyebabkan kita bosan dan lelah. Masalah yang sangat ringan atau bahkan terdengar hanya basa-basi pun bisa kita angkat untuk menjadi topik diskusi selingan yang bisa saja sangat menarik dan asyik. Aku punya beberapa cara untuk mendapatkan topik diskusi yang sekaligus aku kutip dari sehatq.com, yaitu:

  1. Membicarakan hal yang sedang hangat di media sosial
    Bahan pembicaraan bisa ditemukan di mana saja, termasuk dari sekitar kita. Membicarakan hal-hal up-to-date yang sedang hangat diperbincangkan bisa membuat kita terlibat dalam suasana diskusi yang menyenangkan. Kita bisa dengan mudah menemukan topik obrolan terbaru dari media sosial dan membahas mengenai apa yang sedang tren dan menggali sudut pandang masing-masing.

  2. Membicarakan pengalaman masa lalu
    Membicarakan pengalaman masa lalu bisa menjadi cara untuk saling bertukar pelajaran atau hikmah yang didapatkan. Dari pengalaman tersebut, kita juga bisa mendiskusikan berbagai fenomena menurut pandangan masing-masing. Dengan demikian, kita bisa mengkombinasikan pelajaran-pelajaran itu buat kebaikan kita bersama di masa depan.

  3. Mendiskusikan cita-cita atau rencana masa depan
    Perencanaan masa depan setiap orang dapat berbeda-beda. Dari situ kita dapat menjadikannya sebagai topik diskusi yang menarik karena saling berbagi perencanaan dan pemikiran menyebabkan kita dapat mengetahui apa kekurangan dan kelebihan dari rencana kita.

  4. Membicarakan minat dan hobi
    Memiliki minat dan hobi yang berbeda-beda bukan berarti kita tidak bisa nyambung dalam berdiskusi. Justru perbedaan tersebut dapat menjadi topik diskusi yang menarik karena bisa saja jika kita ternyata menjadi tertarik dengan minat atau hobi baru yang menurut kita sangat bermanfaat.

Sumber

https://www.sehatq.com/artikel/8-cara-mencari-topik-pembicaraan-yang-mudah-dengan-pasangan

Kalau cara aku pribadi adalah melihat hal-hal yang sering terjadi di lingkungan aku dan lingkungan sekitar, dan yang sekiranya seru dijadiin bahan diskusi. Selain itu bisa juga cari ide di sosial media yang sedang happening dan yang ramai diperbincangkan oleh orang-orang, dan yang terakhir adalah benar kata teman-teman di atas, dimana kita bisa ambil topik diskusi berdasarkan pengalaman masa lalu kita sendiri.

Setuju dengan teman teman yang lain, sebenarnya mencari topik diskusi bisa diambil dari masalah masalah yang ada di kehidupan sehari-hari. Karna semakin kita tahu tentang apa yang kita diskusikan, tentunya akan semakin seru dan akan ada komunikasi 2 arah, nantinya bukan hanya menerima pendapat lawan bicara, tetapi juga bisa mengutarakan pemikiran kita sendiri. Dan mungkin, kita juga bisa cari topik yang sedang hype saat itu agar orang orang familiar dan pembahasannya akan panjang karna belum menemukan titik terang atau solusi hehe.

Mencari ide untuk topic diskusi ini menurut saya sedikit challenging ya. Challenging disini bukan berarti susah untuk mendapatkan topik diskusi tetapi perlu beberapa hal untuk menentukan topik diskusi. Sebagai contoh, memilah-milah dalam lautan informasi mana yang dapat digunakan untuk menjadi topic diskusi mana yang tidak, melihat apakah ada pro dan kontra disana atau sudah jelas semua, lalu masih relevan atau tidak juga mengenai topik diskusinya. Nah, ada beberapa hal yang saya gunakan untuk mendapatkan topik diskusi:

Pertama, mencari berita-berita terbaru atau yang sedang trend sekarang. Ketika topik diskusi kita berasal dari berita terbaru, maka besar kemungkinannya topik diskusi tersebut diketahui oleh banyak orang, sehingga dapat menarik perhatian banyak orang untuk menuangkan pendapat mereka.

Kedua, tidak perlu yang berat-berat topik diskusinya, tetapi dapat berasal dari lingkungan sekitar kita. Setuju dengan kak @anggapriambudi, bahwa topik diskusi sebenarnya tidak perlu yang terlalu berat atau tinggi bahasannya, tetapi yang terjadi dari sekitar kita saja juga bisa digunakan. Mungkin saja apa yang terjadi di sekitar kita juga terjadi di tempat lain.

Ketiga, dapat berasal dari pengalaman pribadi. Tentu saja, setiap orang memiliki pengalaman mereka masing-masing. Apabila didalami, pengalamana tersebut dapat ditarik pada hal-hal umum yang mungkin sedang menjadi perbincangan pada masa kini. Pengalaman pribadi dari berbagai hal, seperti pendidikan, sosial, keluarga, teman, dan berbagai pengalaman lainnya dapat diangkat menjadi topik diskusi.

Menciptakan diskusi bisa dimulai dari apa saja. Mulai dari kehidupan sehari-hari yang kita selalu lihat sampai kehidupan di luar yang tidak pernah kita tahu. Untuk memantik topik-topik diskusi ini, kita perlu membuka pikiran dan selalu melihat pada berbagai sudut pandang. Jangan hanya membatasi pikiran pada apa yang telah kita tahu dan yakini sebelumnya. Usahakan mencari celah dimana topik bisa dikembangkan lagi. Jika tidak menemukan inspirasi dari hal-hal di sekitar kita, langkah yang dapat kita lakukan adalah mengeksplorasi dunia baru. Jelajahi hal asing yang bahkan tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Dengan mengeksplor hal baru, kita akan dapat banyak pengetahuan berbeda dan melatih supaya semakin berpikir di luar kotak.

Berikut ini beberapa petunjuk penting dalam menentukan topik diskusi :

  1. Persoalan yang dibicarakan tidak asing bagi peserta diskusi, minimal ada pengetahuan dasat dan ada kemungkinan untuk memperluas pengetahuannya.

  2. Persoalan yang dibicarakan menarik untuk dibicarakan. Biasanya, persoalan akan menarik jika menyangkut persoalan bersama, mengandung unsur pro-kontra atau konflik, terjangkau oleh kemampuan berpikir, dan dapat diselesaikan dalam waktu tertentu.

  3. Persoalan tidak terlalu luas.

  4. Persoalan penting atau bermanfaat untuk dibicarakan.