Bagaimana cara merubah kode warna RGB menjadi Heksadesimal (Hex) ?

RGB menjadi Heksadesimal

Bagaimana cara merubah kode warna RGB menjadi Heksadesimal (Hex) ?

1 Like

Nah untuk memulai, kamu hanya perlu memilih satu gambar digital untuk diambil warnanya dan bukalah dengan memakai Paint. Pilihlah “color picker option” di atas dan kliklah satu bagian gambar yang hendak diambil warnanya. Jika berhasil, kamu bisa temukan di sebelah pojok kanan atas bahwa warna dari foto itu, yang akan diatur sebagai warna 1/color 1 dalam Paint.

Di panel atas Microsoft Paint, kamu bisa menemukan tombol “Edit Colors”. Klik saja tombol itu dan kamu akan menemukan kode warna RGB dari bagian foto yang sudah kamu pilih. Sebuah kotak mungil akan muncul yang isinya menerangkan lebih lanjut tentang informasi warna yang baru saja kamu pilih. Kamu akan menjumpai color value “Red” (merah), “Blue” (biru), “Green” (hijau), dan sebagainya di sebelah kanan, nomornya di kode RGB berada di urutan yang sama persis dan tetap urut seperti itu. Catatlah angka-angka itu dengan teliti karena semua angka tersebut diperlukan dalam konversi nantinya.

Selanjutnya, kamu bisa buka perambah internet seperti Internet Explorer, Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari dan sebagainya. Setelah itu, kunjungilah easycalculation.com/rgb-coder.php. Situs ini akan membantu kamu mengubah atau memilih kode warna heksadesimal atau HEX.

Ubahlah kode RGB itu agar bisa dipakai di HTML, yang harus kamu lakukan adalah mengisi “color value”: Red, Blue dan Green sesuai dengan angka-angka yang sudah kamu temukan di Microsoft Paint. Dengan demikian, kamu akan bisa menemukan kode warna HEKS atau heksadesimal sebuah warna. Kode warna HEKS atau heksadesimal itu kini dapat kamu gunakan untuk HTML atau kepentingan lainnya.

source: https://idseducation.com/articles/tutorial-mengubah-kode-warna-rgb-menjadi-heks/