Bagaimana cara merespon risiko yang bersifat negatif di dalam Plan Risk Responses?

image
Risiko yang mungkin terjadi di dalam suatu perusahaan ada yang bersifat positif ada yang bersifat negatif, lalu bagaimana cara merespon risiko yang bersifat negatif tersebut?

Ada 5 Strategi untuk merespon sebuah risiko yang bersifat negatif yaitu :

  1. Escalate : Strategi ini digunakan ketika kita mengidentifikasi dan menemukan suatu risiko, risiko tersebut tidak dapat dikelola oleh kita sendiri sehingga kita membutuhkan bantuan orang lain. Beberapa penyebabnya seperti tidak mempunyai otoritas dan kurangnya sumber daya atau pengetahuan yang diperlukan untuk merespon risiko tersebut. Ketika risiko ini muncul maka kita harus menghubungi top management organisasi agar bisa diberikan pengetahuan lebih lanjut.
  2. Mitigate : Strategi ini digunakan ketika kita mencoba mengurangi dampak dari suatu risiko yang terjadi. Strategi ini digunakan untuk mengurangi tingkat keparahan dari suatu risiko yang terjadi.
  3. Transfer : Strategi ini digunakan ketika kita kekurangan skill, keterampilan dan sumber daya dalam mengelola suatu risiko atau kita terlalu sibuk untuk mengelolalnya. Dalam strategi ini kita akan mentransfer risiko ke pada pihak ketuga untuk mengelola risiko tersebut.
  4. Avoid : Strategi ini digunakan ketika kita mencoba untuk menghilangkan atau mencegah dampak dari suatu risiko. Hal yang bisa dilakukan dalam strategi ini seperti merubah project management plan, merubah schedule, dan lain-lain. Strategi ini sangat mudah dilakukan, kita hanya perlu mengidentifikasi suaru risiko dalam tahap awal kemudian kita akan membatasi atau menghindari beberapa risiko yang mungkin memiliki dampak yang besar.
  5. Accept : Strategi ini dapat digunakan untuk merespon risiko yang bersifat negatif maupun positif. Di dalam strategi ini tidak ada tindakan yang harus dilakukan, kita hanya bisa menerima risiko tersebut. Strategi ini digunakan ketika kita akan menerima suatu risiko yagn dampaknya tidak terlalu besar bagi organisasi karena pengambilan tindakan dari risiko tersebut belum direncanakan dan kita hanya bisa menerimanya.

Referensi :