Bagaimana cara merencakan product roadmap ditahun berikutnya sejak produk dirilis?

Product Roadmap merupakan alat yang digunakan untuk mengamati atau menjelaskan bagaimana sebuah produk berkembang, selaras dengan stakeholder dan sesuai dengan bujet proyek.

Bagaimana cara merencakan product roadmap ditahun berikutnya sejak produk dirilis?

Penting bagi sebuah perusahaan mengembangkan product roadmap sehingga terus tercipta inovasi baru. Berikut tiga tips yang dapat digunakan.

  1. Fokus kepada menyelarasan roadmap dengan kebutuhan bukan fitur.
    Penting bagi seorang manajer produk terus memahami kebutuhan pengguna. Fitur yang kaya belum tentu memenuhi pengguna bahkan bisa saja malah mengganggu. Sehingga penting untuk terus melakukan penyelarasan roadmap dengan tujuan.

  2. Jangan fokus hanya pada hal apa yang ingin ditambah.
    Pengembangan roadmap bukan berarti harus selalu menambah. Kita harus memahami kapabilitas yang dimiliki perusahaan dan produk itu sendiri. Dalam mengembangkan roadmap untuk masa depan penting untuk berfikir bagaimana mengoptimalkan portfolio dan menaikan performa produk.

  3. Sertakan penelitian untuk peningkatan yang dibutuhkan.
    Dalam hal ini kita dapat menggunakan MVP atau minimum viable product. Kita harus mampu memahami bagaimana produk diuji dan apa hasilnya, sehingga kita dapat menganalisis dengan tepat terkait dengan roadmap kedepannya.

Referensi

https://www.siriusdecisions.com/blog/three-tips-for-planning-next-years-product-roadmap