Bagaimana cara merawat sukulen agar tidak mudah busuk?

Saya sudah menyiram sukulen seminggu sekali, menjemurnya selama 4-5jam sehari, mengeringkan daun yang terkena air, tetapi masih saja busuk. Apakah ada faktor lain yang menyebabkan sukulen menjadi mudah busuk? Lalu bagaimanakah cara merawatnya agar bisa bertahan lama?

6 Likes

Apakah saat menyiram sukulen sudah mengecek kondisi media tanamnya masih lembab atau tidak? Berdasarkan pengalaman pribadi, menyiram saat media tanam masih lembab (walaupun itu seminggu sekali), sukulen akan tetap membusuk. Jadi, sebaiknya siram saat media tanam kering.

3 Likes

Menurut yang saya tahu, simple saja caranya agar sekulen tidak mudah busuk dengan cara penyiramannya 1 minggu sekali itupun jangan terlalu basah sedikit2 saja akan menyebabkan kebusukan…

3 Likes

Saya juga sedang merawat sekulen, setiap hari saya siram 1x tapi dengan semprotan, jadi ga basah tanahnya, hanya saja tanamannya yg terkena air, Alhamdulillah udah 2 bulan semua sekulen saya tumbuh subur

2 Likes

Izin memberi saran ya kak. Menurut saya apabila beberapa penanggulangan seperti yang kakak lalukan tapi masih saja terjadi pembusukan, maka kemungkinan pembusukan bisa dari faktor pembelahan sekulen pada saat perbanyakan. Untuk budidaya sekulen bisa dikatakan mudah, apabila dari awal perbanyakan potongan sekulen tetap higienis dan media tanam tidak terlalu basah serta penyiraman dapat dilakukan seminggu sekali saja.

1 Like