Bagaimana cara merawat rambut rusak akibat bleaching?

Memiliki rambut pirang mungkin terasa menyenangkan karena kamu dapat mencicipi berbagai warna rambut kapan pun kamu mau. Mulai dari cat rambut semi-permanen hingga vegan dye yang mudah luntur. Namun, jika rambutmu pirang karena bleaching dapat dipastikan kerusakan rambut hanya tinggal hitungan minggu bahkan hari. Bagaimana cara merawat rambut rusak akibat bleaching?

1. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah dikenal memiliki berbagai manfaat yang bagus dan digunakan secara turun-temurun, baik untuk perawatan wajah maupun rambut. Tentunya minyak zaitun juga menjadi salah satu solusi tepat untuk cara merawat rambut agar lurus dan mengatasi rambut yang rusak karena proses pewarnaan yang meliputi bleaching di dalamnya dan proses smoothing. Untuk merawat rambut rusak, Anda dapat melakukan perawatan dengan minyak alami yang kaya manfaat ini dengan mengikuti cara-cara berikut:

  • Oleskan minyak zaitun pada rambut yang sudah dibasahi dengan merata sebelum melakukan keramas.
  • Diamkan rambut selama kurang lebih lima menit supaya kandungan dan khasiat minyak zaitun meresap sempurna.
  • Setelah itu, bilas rambut dengan air dingin dan lanjutkan dengan pemakaian shampoo seperti biasa.
  • Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan dengan minyak zaitun ini minimal dua minggu sekali.

2. Menggunakan Minyak Alami

Selain minyak zaitun, Anda juga bisa menggunakan minyak alami lainnya untuk cara merawat rambut rusak karena cara menghilangkan rambut bercabang akibat bleaching dan smoothing. Ada beragam jenis minyak alami yang dapat Anda gunakan, seperti minyak kelapa, minyak almond, minyak bunga matahari, dan lain sebagainya. Untuk melakukan perawatan menggunakan minyak alami, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Oleskan minyak alami yang Anda pilih secara merata ke seluruh bagian rambut setelah proses keramas.
  • Diamkan rambut selama kurang lebih 20 menit dengan ditutup oleh handuk hangat.
  • Setelah itu, bilas rambut dengan air dingin hingga bersih.

3. Perawatan Jeruk Nipis

Tak hanya berguna sebagai bahan penambah, penyegar, dan penyedap makanan, jeruk nipis juga ternyata dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi kerusakan rambut. Anda pun tidak akan kesulitan mendapatkan jeruk yang satu ini, karena banyak dijual di warung atau pasar dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk melakukan perawatan rambut rusak menggunakan jeruk nipis, Anda dapat mengikuti langkah di bawah ini:

  • Peras air jeruk nipis secukupnya dan saring air dari ampas jeruk.
  • Oleskan perasan air jeruk nipis secukupnya tersebut pada rambut secara merata.
  • Diamkan sekitar 30 menit supaya kandungannya meresap, lalu bilas hingga bersih menggunakan air dingin.

4. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya memang sudah dikenal memiliki berbagai khasiat yang sangat bagus untuk perawatan rambut. Selain dapat melebatkan dan cara menghitamkan rambut, lidah buaya juga berkhasiat untuk merawat rambut yang rusak karena berbagai proses kimia. Perawatan menggunakan lidah buaya pun tidak sulit, yaitu dengan melakukan langkah di bawah ini:

  • Pisahkan gel lidah buaya yang terdapat di daun lidah buaya dan ambil secukupnya menyesuaikan dengan panjang rambut Anda.
  • Oleskan gel lidah buaya tersebut ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala secara merata.
  • Biarkan beberapa saat supaya vitamin dalam lidah buaya terserap rambut, kemudian bilas hingga bersih dengan air dingin.

5. Menggunakan Cuka Apel

Mungkin Anda sedikit kaget mendapati salah satu bahan yang ada di dapur ini menjadi bagian dari cara perawatan rambut rusak yang alami. Cuka apel ternyata bukan saja dapat digunakan untuk memasak, namun juga memiliki khasiat yang bagus untuk perawatan wajah serta rambut. Selain mengatasi rambut rusak dengan cara mengikat rambut, cuka apel juga berkhasiat untuk melembutkan dan menyehatkan rambut Anda. Cuka apel dapat diaplikasikan langsung ke rambut sebagai masker dengan campuran bahan alami lainnya, atau dapat juga dijadikan kondisioner setelah Anda melakukan keramas dengan shampoo.

Sumber : https://gayarambut.co.id/cara-merawat-rambut-rusak