Bagaimana cara merawat rambut kering?

Masalah rambut kering bisa menimpa siapa saja, baik wanita maupun pria. Seiring bertambahnya usia, kita semakin rentan mengalami masalah ini. Bagaimana cara merawat rambut kering?

Memilih shampo yang tepat
Gunakan shampo yang cocok bagi rambut Anda. Pakailah shampo yang tidak membuat rambut Anda kering. Sebelum keramas, sisirlah rambut agar nantinya tidak kusut. Berikan pijatan saat keramas menggunakan shampo secara pelan – pelan.

Memakai kondisioner
Cara mengatasi rambut kering dan mengembang berikutnya adalah dengan mengaplikasikan kondisioner rambut. Kondisioner dapat melindungi rambut dari kerusakan serta melembutkan rambut. Pakailah kondisioner di seluruh bagian rambut dari pangkal sampai ujung rambut. Lakukan setiap Anda berkeramas.

Jangan menggosok dengan handuk
Saat rambut basah, maka rambut akan mudah rontok dan patah jika tertarik secara keras menggunakan handuk. Untuk itu hindari penggunaan handuk dengan cara menariknya dengan keras. Cukup tepuk – tepuk dengan handuk yang lembut atau jika mau membeli handuk superabsorbsen itu lebih baik.

Anda dapat membelinya di salon rambut atau kecantikan. Cara merawat rambut kering rusak dan mengembang berikutnya adalah menggunakan sisir dengan gerigi lebar. Anda dapat menyisir rambut saat basah bersama gel yang masih menempel di rambut. Jika ingin menggunakan pengering rambut maka gunakan pengering rambut pada suhu yang rendah.

Hindari air klorin
Cara merawat rambut bercabang dan kering selanjutnya adalah hindari air dengan kandungan klorin didalamnya. Biasanya kolam renang menggunakan air klorin sehingga sebaiknya Anda hindari. Ada juga air keran yang mengandung klorin. Kandungan klorin pada air dapat membuat rambut Anda kering dan rusak. Tidak hanya pada rambut saja, kulit badan juga akan menjadi kering jika terkena air dengan kandungan klorin. Senyawa turunan dari klorin yakni triklorometana juga sangat berbahaya bagi tubuh karena ini merupakan toksin mematikan.

Memakai moisturizing
Cara merawat rambut kering dan mengembang serta bercabang selanjutnya adalah dengan memakai moisturaizing tambut yang berfungsi untuk melembabkan rambut dan mencegah rambut Anda dari kekeringan.

Sumber : https://tipsmerawatrambut.id/cara-merawat-rambut-kering/