Bagaimana cara merawat monstera sebagai indoor plant?

Tanaman monstera ini merupakan salah satu tanaman hias yang berasal dari daerah tropis yang berasal dari Meksiko. Tanaman ini sering kali digunakan sebagai tanaman hias yang diletakkan di dalam ruangan untuk menambah estetika. Sekarang pun tanaman ini masih tetap populer untuk menjadi salah satu elemen pemanis ruangan, namun bagaimana cara perawatan tanaman monstera ini?

3 Likes

Oleh karena tanaman monstera yang memiliki sifat tahan berada di tempat ternaung untuk beberapa lama dan tahan di dalam ruangan ber-AC selama lebih dari seminggu, maka tanaman ini seringkali dijadikan sebagai dekorasi ruangan. Tetapi, bukan berarti tanaman ini tidak memerlukan cahaya sama sekali.

Sebaiknya, tanaman ini diletakkan pada ruangan yang teduh dan cukup mendapatkan cahaya, atau bisa dengan sesekali mengeluarkan tanaman ini ke luar atau halaman tetapi tidak terkena oleh matahari langsung. Selain itu,kelembaban tanaman ini pun harus dijaga / dikontrol untuk menyesuaikan dengan habitat alaminya, bisa dengan meletakkan humidifier di sekitar tanaman.
Selain itu, bisa juga dilakukan pemangkasan untuk mendapatkan pertumbuhan yang baik serta membuang daun yang rusak.

Referensi

Lingga, Lanny. (2005). Menanam & Merawat Tanaman Hias Merambat. Jakarta: AgroMedia Pustaka.

interior-design.id

1 Like

Tanaman monstera lebih baik ditempatkan ditempat yang teduh, karena tanaman ini lebih menyukai tempat yang teduh dibandingkan dengan tempat terbuka. Apabila monstera ditempatkan ditempat terbuka, warna daun akan lebih pucat walaupun ukurannya akan lebih besar. Sedangkan apabila monstera ditempatkan ditempat teduh, pertumbuhannya cenderung lambat namun akan memproduksi daun yang mengkilap dengan percabangan yang bagus. Pemupukan untuk monstera lebih baik menggunakan pupuk dengan unsur nitrogen yang lebih tinggi dengan unsur hara lainnya. Monstera muda lebih baik diberikan pupuk organik, seperti pupuk dari kotoran kambing dan sapi. Sedangkan untuk monstera yang sudah besar, pemupukan dapat dilakukan 6 bulan sekali dengan pupuk majemuk. Tanaman monstera juga perlu dilakukan pemangkasan. Pemangkasan diperlukan untuk mendapatkan pertumbuhan yang baik dan membuang daun yang rusak.

Referensi

Lingga, Lanny. 2005. Menanam dan Merawat Tanaman Hias Merambat. Tangerang: PT Agromedia Pustaka

1 Like

Beberapa perawatan dalam menanam tanaman monstera diantaranya yaitu:

  • Memberikan cahaya dan kelembapan yang cukup
    Semakin banyak cahaya yang didapatkan maka semakin baik pertumbuhannya. Namun di sisi lain, ketika tanaman monstera ditaruh pada luar ruangan disarankan untuk tidak terpapar cahaya matahari secara langsung, sehingga dapat ditaruh pada tempat yang teduh. Selain membutuhkan cahaya matahari, tanaman monstera juga membutuhkan kelembaban yang baik mengingat tanaman ini berasal dari daerah hutan tropis yang memiliki kelembapan bagus.

  • Penyiraman
    Penyiraman tanaman monstera dapat dilakukan minimal 2-3 kali dalam seminggu. Hal itu dikarenakan tanaman monstera tidak terlalu membutuhkan banyak air.

  • Perawatan Daun
    Daya tarik tanaman monstera terletak pada daunnya sehingga perlu dilakukan perawatan khusus terhadap daunnya. Perawatannya dengan cara membersihkannya menggunakan air, bahkan baru-baru ini terdapat tips baru yaitu menggunakan mayonaise yang memberikan hasil lebih mengkilap dibandingkan dengan air.

1 Like