Bagaimana cara merawat kura-kura sebagai hewan peliharaan ?

Berbagai jenis hewan yang bisa dijadikan peliharaan, salah satunya adalah kura-kura kecil. Bentuknya yang tidak terlalu besar dan imut akan terlihat cantik jika diletakan ke dalam akuarium mini yang diletakkan kantor ataupun di rumah. Bagaimanakah cara merawat kura kura agar tetap sehat dan bagus ?

Cari penjual yang berkualitas.
Toko hewan peliharaan yang berkualitas akan dapat memberikan kura-kura yang baik, namun mungkin tidak akan menemukan jenis yang Anda inginkan. Oleh karena itu, tanyakanlah terlebih dahulu apakah mereka memiliki jenis kura-kura yang di inginkan atau tidak sebelum pergi kesana juga dapat membeli jenis kura-kura yang di inginkan atau melalui perkumpulan pecinta kura-kura.

Pilihlah kandang yang sesuai dengan jenis kura-kura. Sebagai contoh:

  • Kura-kura darat: membutuhkan tanah dan sedikit air. Kura-kura ini cenderung cocok tinggal di kawasan sejuk hingga subtropis dan membutuhkan hibernasi. Banyak kura-kura jenis ini cocok hidup di kandang berpagar di luar ruangan dengan pelindung yang memadai. Area berumput bisa diberikan sebagai pelengkap kandang. Karena kura-kura ini bisa menggali ke dalam tanah, pagar harus dibuat cukup dalam. Berikan tempat berendam bagi kura-kura ini selama cuaca panas atau hangat.
  • Kura-kura tropis: membutuhkan tempat yang lebih hangat, bisa dipelihara di luar ruangan selama cuaca hangat, tetapi harus dipelihara di dalam ruangan di hampir sepanjang tahun. Pertimbangkan untuk memberikan alat penghangat atau alat untuk memberikan kelembapan yang tepat bagi kura-kura (tangki/bantalan penghangat). Terarium adalah salah satu pilihan bagi kura-kura jenis ini.
  • Kura-kura air: membutuhkan air yang cukup. Jumlah tanah yang diperlukan oleh kura-kura ini berbeda-beda bergantung pada spesiesnya. Sebagian spesies kura-kura ini bersifat akuatik penuh sehingga bisa dipelihara dalam tangki akuarium, terkecuali jika Anda juga ingin membiakkannya (dalam hal ini, berarti Anda juga perlu memberikan sedikit tanah).
    Pastikan untuk menyediakan paling tidak 28 liter air untuk setiap 2,5 cm kura-kura. Misalnya, untuk kura-kura berukuran sekitar 12,5 cm Anda membutuhkan paling tidak tangki berukuran 140 liter.

Pastikan untuk memilih jenis kura-kura yang tepat.
Ada banyak jenis kura-kura berbeda. Sebagian di antaranya cenderung keras kepala dan sering menggigit. Sementara itu, jenis kura-kura lainnya lebih pemalu. Pertimbangkan kura-kura rusia. Kura-kura ini jauh lebih mudah dirawat oleh anak-anak yang ingin mencoba memelihara kura-kura tetapi takut terhadap reptil.

Makanan
Hal yang paling penting untuk menjaga kesehatan dan gizi kura-kura adalah dengan memberikan makanan yang cocok dan baik untuk kura-kura. Kura-kura sangat menyukai pelet kecil makanannya, selain disukai oleh kura-kura, pelet juga sudah mengandung gizi yang dibutuhkan oleh kura-kura. Untuk variasi makanan kura-kura agar tidak bosan, kamu bisa sesekali merubah makanannya dengan cacing sutra atau daging ikan yang sudah dicincang. Hindari memberi makan sayuran karena kurang baik untuk pencernaannya.

Kondisi air
Air yang ada di dalam akuarium harus diganti setiap 3 hari sekali untuk menjaga kebersihannya. Jumlahnya tidak perlu terlalu banyak, cukup seperempat atau sepertiga akuarium saja. Kura – kura berbeda dengan ikan yang bernapas dengan insang. Kura-kura masih bernapas menggunakan hidung, sehingga airnya tidak perlu banyak.
Disarankan untuk tidak menggunakan air keran sebagai air tempat berenangnya. Karena, di air keran banyak mengandung fluride dan klorin yang bisa merusak kandungan sehat di air. Lebih baik mencari air segar alami dari sungai, mata air atau sumur. Apabila memang sulit untuk mencari air segar dan hanya bisa memakai air keran, maka air tersebut harus didiamkan dulu 24 jam. Cara ini dikenal ampuh untuk mengurangi kandungan klorin.

Pencahayaan yang cukup
Setiap harinya, kura-kura perlu berjemur untuk menjaga kebersihan dan kekuatan cangkangnya. Sehingga, aquarium kura-kura lebih ditaruh pada tempat yang terjangkau oleh sinar matahari. Selain itu, sinar UV matahari juga membantu proses pencernaan kura-kura. Apabila lokasi di rumahmu tidak memungkinkan menaruh kura-kura di tempat yang terkena sinar matahari, maka kamu boleh lampu ultra-violet sebagai penggantinya.