Bagaimana cara merawat Kucing Russian Blue?

Kucing Russian Blue

Apakah ada treatment khusus untuk merawat kucing russian blue. Bagaimana cara merawat Kucing Russian Blue?

Cara merawat Kucing Russian Blue adalah sebagai berikut :

1. Menjaga Kesehatan

Kucing russian blue termasuk kucing jenis kucing yang paling sehat, tidak rentan terkena penyakit, juga tidak membawa kecacatan dalam gen nya. Meskipun termasuk kucing dengan daya tahan tubuh paling kuat dibandingkan jenis kucing lain, anda tetap harus menjaga kesehatannya yaitu dengan cara memberikan makanan bergizi, kandang yang bersih, dan perawatan rutin. Periksa setiap hari untuk memastikan tubuhnya sehat. Baca juga mengenai cara merawat kucing pasca operasi.

2. Lingkungan Tempat Tinggal

Tempatkan di kandang yang bersih, terlindung dari panas dan hujan. Bersihkan kandang setidaknya sekali sehari untuk mencegah kandang lembab, berbau, atau berdebu. Bersihkan pula pasir di box tempat kotoran nya, ganti setiap hari agar tidak menyebabkan bakteri berkembang. Suhu dan kelembapan berpengaruh pada bulunya, berikan ruangan dengan ventilasi cukup dan terkena cahaya matahari. Baca juga mengenai cara merawat kucing hamil muda.

3. Termasuk Kucing yang Hypoallergenic

Terkadang ada manusia yang alergi terhadap bulu kucing dikarenakan kucing memiliki protein Fel d 1 (zat alergen) yang terdapat pada kelenjar kulit, air liur, dan air seni. Beberapa ras kucing termasuk russian blue memproduksi zat tersebut lebih sedikit sehingga sangat minim menyebabkan alergi pada manusia (hypoallergenic). Sehingga anda bisa lebih leluasa melakukan kontak langsung atau merawatnya tak perlu khawatir beresiko alergi karena bulu kucing. Baca juga mengenai cara memelihara kucing persia.

4. Cenderung Mandiri dan Disiplin

Karakter kucing russian blue berbeda dengan kucing lainnya, kucing ini memiliki rutinitas yang disiplin, mereka suka diberi makan, bermain, dan diberi waktu untuk tidur di jam yang sama setiap hari nya. Karena itu, anda harus tepat waktu dalam menjalankan perawatan harian, jangan sampai nafsu makan nya berkurang atau tidak semangat bermain karena anda tidak melakukan rutinitas sesuai jadwal rutin nya.

5. Cara Memandikan

Sebagaimana manusia, kucing juga butuh mandi untuk membersihkan tubuhnya dari kotoran. Kucing russian blue boleh dimandikan ketika umurnya lebih dari 3 bulan. Kucing ini biasanya mandi dengan cara menjilati tubuhnya, tetapi hal itu tidak cukup untuk mencegahnya dari bakteri, jamur, atau kutu, sebab itu perlu untuk memandikannya dengan cara sebagai berikut :

  • Siram air hangat merata ke seluruh tubuhnya, lakukan perlahan agar tidak air tidak masuk ke telinga, mata atau hidung.

  • Beri shampo khusus kucing, pijat lembut agar meresap ke dalam bulunya.

  • Bilas sampai bersih dan keringkan dengan handuk kering.

  • Beri baby oil secukupnya agar tubuhnya hangat dan wangi

  • Mandikan kucing russian blue anda 1 sd 2 minggu sekali.

6. Perawatan Bulu

Jangan terlalu sering menyisir bulu nya, cukup sehari sekali dengan sisir khusus bulu kucing, ketika bulunya terasa kusut, anda bisa mengusapnya dengan lembut. Agar bulunya senantiasa sehat dan harum, berikan bedak khusus bulu kucing yang bisa sekaligus sebagai pencegah kutu, dapatkan di pet shop ya, jangan sekali kali menggunakan bedak manusia karena dapat membuat bulunya kusam dan kotor.

7. Potong Kuku

Kuku kucing russian blue tumbuh dengan cepat, setidaknya potong setiap satu atau dua minggu sekali. Sebaiknya potong sebelum mandi. Potong secara merata dan sedang, jangan dipotong terlalu dalam, kucing membutuhkan kuku untuk perlindungan diri.

8. Pemeriksaan Telinga

Kucing dapat membersihkan diri dengan menjilati tubuhnya, tetapi tidak dengan telinga. Periksa dan bersihkan telinga secara rutin minimal seminggu sekali, lihat apakah di dalamnya terdapat kotoran, cairan, atau jamur. Sebelumnya berikan obat tetes telinga khusus kucing terlebih dulu yang bisa anda dapatkan di dokter hewan.

Selanjutnya bersihkan dengan kapas atau cotton bud lembab yang diberi sedikit baby oil. Bersihkan sebagaimana membersihkan telinga manusia, lakukan dengan pelan dan lembut agar tidak terasa sakit. Berikan pijatan lembut setelahnya agar dia merasa nyaman.

9. Asupan Makanan

Berikan makanan khusus kucing berprotein tinggi yang bisa anda dapatkan di swalayan atau pet shop dengan porsi tepat dan seimbang sesuai umurnya, kucing russian blue dewasa sangat suka makan sehingga rentan kegemukan. Jangan lupa bersihkan tempat makanannya rutin setiap hari dengan air hangat dan sabun agar tidak ada sisa makanan di dalamnya.

10. Air Minum

Sediakan air minum bersih dari air matang atau air mineral, tepatkan di wadah yang bersih pula, ganti airnya secara rutin agar terhindar dari bakteri dan jentik nyamuk. Tambahkan sedikit sari makanan di dalamnya agar lebih bersemangat meminumnya.

11. Vaksinasi dan Vitamin

Vaksin penting untuk mencegah kucing russian blue dari berbagai penyakit, walaupun mereka tergolong jenis kucing yang paling sehat, pencegahan tetap harus dilakukan. Vaksin pertama diberikan oleh dokter hewan diberikan ketika kucing russian blue berumur 2 bulan, vaksin kedua 1 bulan setelah vaksin pertama, selanjutnya diberikan setahun sekali. Vitamin juga perlu untuk daya tahan tubuhnya, konsultasikan pada dokter hewan untuk mendapat vitamin terbaik sesuai umur kucing anda.

12. Kasih Sayang

Pastikan anda senantiasa meluangkan waktu untuk mengusap bulunya dan mengajaknya bermain, kucing russian blue memiliki ikatan yang erat dan setia dengan pemiliknya, ia akan menganggap pemiliknya sebagai sahabat jika dirawat dengan kasih sayang dan perhatian. Perhatikan ekspresinya, kucing yang sehat dan ceria memiliki tatapan mata jernih dan berbinar serta lincah dan aktif.

13. Pemeriksaan Berkala ke Dokter Hewan

Sejak lahir dan selama masa perkembangan, sebaiknya rutin bawa kucing anda ke dokter hewan untuk mendapat vaksinasi dan anda tentunya akan mendapat informasi serta konseling cara perawatan yang tepat, ikuti saran dari dokter hewan kapan anda harus berkunjung agar kucing anda memiliki perkembangan dan kesehatan yang baik.

Tips sederhana untuk perawatan kesehatan Rusian blue adalah sebagai berikut :

  • Kucing Russian Blue adalah jenis kucing yang jarang terkena penyakit, jika mereka dirawat dan dilatih secara benar dan penuh kasih sayang. Kucing ini juga tidak memiliki kelainan genetik.

  • Yang harus Anda perhatikan adalah kucing Russian Blue sangat suka makan oleh karena itu mereka mudah sekali kegemukan. Anda harus memberi takaran makanan yang seimbang, bergizi dan tetap, terutama pada kucing ras Russian Blue versi dewasa.

  • Perawatan tubuh kucing Russian Blue juga tidak begitu sulit dan hanya membutuhkan sedikit perhatian. Paling tidak Anda harus menggunting cakarnya seminggu atau dua minggu sekali.

  • Meskipun kucing Russian Blue sangat suka disisir dan dibelai, namun tetapi mereka biasanya menyisir bulu mereka sendiri. Oleh karena itu mereka tidak egitu perlu untuk disisir atau disikat.