Bagaimana cara merawat kucing maine coon?

Bagaimana cara merawat kucing maine coon yang baik dan benar?

1 Like

Perawatan Bulu Kucing maine Coon (Grooming)

Kucing ini merupakan ras kucing berbulu semi-longhair. So, meskipun mereka tergolong memiliki kemampuan yang cukup baik dalam menjaga kebersihan diri mereka sendiri, anda masih harus tetap sering membantu menyisirkan rambutnya. Hal ini berguna untuk membuat bulu kucing tidak kusut, mencegah gumpalan bulu, dan membuang bulu yang rontok. Sisir yang dianjurkan untuk menyisir bulu kucing maine coon ini adalah sisir yang terbuat dari bahan metal.

Memandikan Kucing Maine Coon

Kucing jenis ini tidak terlalu menyukai air. Sehingga mereka tidak senang jika sering-sering dimandikan. So, mandikan mereka hanya ketika bulu mereka benar-benar sudah terlihat kotor, bukan rutinitas 2 minggu sekali seperti kucing berbulu panjang kebanyakan.

Memberi makan dan minum Kucing Maine Coon

Pastikan mangkuk makanan dan minuman si kucing selalu ada isinya. Sebaiknya memberinya cat food yang kering sebagai makanan utama. Dan memberi wet food sebagai selingan saja. Makanan dan minuman minimal harus diganti setiap hari. So, berikan takaran yang pasti akan habis dimakan si kucing dalam satu hari atau anda bisa memberinya sedikit-sedikit tetapi selalu ditambah ketika melihat mangkuk makanan hampir habis.

Minumnya cukup beri air putih mateng. Tempat air minum biasanya rentan terdapat bulu yang rontok dan paling cepat kotor. So, pastikan keadaan tempat minuman selalu bersih.

Kotak Pasir bagi kucing Maine Coon

Karena kucing Maine Coon adalah kucing yang lumayan besar, pastikan anda membeli kotak pasir yang berukuran paling besar. Untuk pasirnya, belikan pasir yang tidak menggumpal. Dan letakkan kotak pasir tersebut di pojokan yang tenang dan sepi karena kucing merupakan jenis hewan yang senang dengan “WC pribadi”.

Menyikat gigi Kucing Maine Coon

Mungkin ini merupakan pekerjaan yang paling merepotkan. Yeah, kalau anda tidak menyikat gigi si kucing setiap hari, paling tidak periksakan gigi si kucing setiap kali anda datang ke dokter hewan. Sebaiknya sih, anda menyikat gigi si kucing setiap hari. Anda bisa mencari perlengkapan menyikat gigi kucing ini di petshop langganan.

Merawat cakar kucing Maine Coon

Anda perlu memotong cakar pada kaki-kaki si kucing agar tidak merusak perabotan. Namun anda tidak harus memotongnya setiap hari. Hanya saat cakar sudah terlihat cukup panjang saja.

  1. Berikan makanan utama dengan nutrisi seimbang
    Mengingat tubuh besar Maine Coon dan sifat aktifnya, penting untuk memberi makan kucing makanan bergizi yang cukup. Makanan kering (atau makanan kecil) biasanya merupakan bagian integral dari makanan kucing, dan ini dilengkapi dengan makanan basah.

    Tidak ada formula pasti bagaimana dan kapan harus memberi makan Maine Coon. Beberapa pemilik kucing berlatih memberi makan gratis dengan memberi kucing mereka akses tak terbatas ke kibble. Mereka hanya menawarkan makanan basah dua atau tiga kali seminggu.

    Yang lain lebih suka memberikan makanan basah secara eksklusif karena memberikan lebih banyak kelembaban dan membangkitkan lebih banyak kesenangan. Anda dapat menyusun waktu makan yang teratur untuk kucing Anda, seperti dua kali sehari di pagi dan sore hari.

    Juga baik untuk memecah makanan menjadi porsi kecil beberapa kali sehari, terutama jika Maine Coon Anda makan terlalu cepat atau makan terlalu banyak.

    Yang lebih penting adalah makanan kucing yang Anda pilih berkualitas tinggi. Makanan kucing yang ideal untuk Maine Coon Anda seharusnya mengandung :

    • Tinggi protein (sekitar 52%)
    • Lemak sedang (sekitar 35%)
    • Dan rendah karbohidrat (sekitar 12,5%).
    • Protein dalam bentuk ayam atau ikan sangat penting karena kucing adalah karnivora.
    • Hindari karbohidrat berlebihan yang akan melewati hati dan disimpan sebagai lemak.

    Meskipun makanan bebas biji-bijian tidak sepenuhnya diperlukan, ada baiknya untuk menghindari biji-bijian (seperti gandum, tepung jagung, dan beras) karena mereka bukan bagian dari makanan alami kucing. Selain itu, hindari makanan yang memiliki bahan pengisi berkualitas rendah seperti kedelai.

  2. Memberikan Maine coon air bersih
    Berikan suplai air Maine Coon Anda secara terus-menerus dalam mangkuk yang bersih. Maine Coons dikenal suka minum air - mereka bahkan dapat mencoba minum langsung dari keran.

  3. Siapkan dua kotak kotoran/sampah
    Anda dapat menghindari berantakan dengan memilih kotak sampah yang tepat dan menempatkannya di lokasi yang sesuai. Maine Coon membutuhkan kotak sampah besar yang memberi mereka ruang yang cukup untuk buang air besar dan bergerak sambil mengubur kotoran mereka.

    Mengenai tempat meletakkan kotak pasir, jangan berasumsi bahwa Maine Coon Anda menginginkan privasi saat menjalankan “bisnisnya”. Beberapa memang, tetapi yang lain lebih suka memilikinya di sudut dapur atau ruang tamu.

    Anda mungkin perlu beberapa eksperimen untuk mencari tahu dimana kucing lebih suka kotak kotorannya. Jangan letakkan di samping makanan atau alat yang berisik seperti mesin cuci.

    Banyak pemilik kucing menganjurkan memiliki dua kotak kotoran karena kucing mereka tidak suka buang air kecil dan buang kotoran di tempat yang sama, berbagi kotak kotoran mereka dengan teman-teman berbulu mereka, atau menggunakan kotak kotoran ketika sudah penuh. Untuk alasan apa pun Maine Coon Anda memutuskan untuk menegaskan preferensi uniknya, memiliki dua kotak sampah dapat menyelamatkan Anda dari membersihkan karpet.

  4. Berikan latihan pada Maine coon
    Maine Coon plus-size diilhami dengan tingkat energi yang tinggi. Badannya yang berotot dan atletis perlu menghabiskan semua energi berlebih itu melalui olahraga. Dikenal karena sifatnya yang crepuscular, kucing Coon biasanya paling aktif selama fajar dan senja.

    Agar Maine Coon Anda tetap sehat (dan agar tidak terbangun malam), Anda harus memberinya ruang untuk aktif di siang hari. Meskipun Maine Coon tidak memiliki latihan khusus yang perlu diperhatikan, Anda dapat menawarkan mereka kesempatan untuk aktif.

    Maine Coon cukup mahir memanjat. Jika milik Anda cenderung menskalakan sesuatu, pasang pohon kucing atau kastil kucing untuknya. Cukup tentukan tingkat kenyamanan kucing Anda ketika datang ke ketinggian sebelum membangun sesuatu yang menyentuh langit-langit.

    Beberapa Maine Coons juga senang dibawa berjalan-jalan, seperti anjing. Untuk kegiatan ini, Anda harus mulai perlahan-lahan - biasakan kucing Anda mengenakan baju zirah dan berjalan di sekitar rumah sebelum mencoba melangkah lebih jauh.

  5. Main dengan maine coon Anda
    Bentuk latihan hebat lainnya adalah melalui permainan. Maine Coons penuh dengan antusiasme dalam hal permainan. Sisihkan setidaknya lima belas menit dari hari Anda untuk melibatkan Maine Coon Anda dengan mainan interaktif seperti laser pointer dan tongkat dengan jumbai.

  6. Pasang tempat menggaruk di seluruh rumah
    Seperti semua kucing, Maine Coons memiliki keinginan alami untuk menggaruk. Ini membentuk cakar mereka sambil memberikan bentuk latihan dan pelepasan dari stres. Jika Anda tidak menyediakannya dengan tempat menggaruk, Anda mungkin mendapati bahwa kucing Anda mengarahkan kecenderungannya ke kain pelapis Anda yang berharga.

    Oleh karena itu, Anda perlu mendapatkan scratcher kucing yang kokoh untuk Maine Coon Anda dan menggantinya setelah usang. Pastikan bahwa penggaruk kucing memiliki alas yang tebal atau dapat dipasang di dinding agar tidak roboh saat kucing Anda sibuk mencakar.

  7. Jangan biarkan maine coon kesepian
    Merawat Maine Coon bukan hanya mengurus kebutuhan fisiknya. Maine Coon adalah makhluk sosial yang akan menumbuhkan kasih sayang terhadap orang-orang yang hidup bersamanya. Meskipun tidak menuntut perhatian Anda, Maine Coon Anda tentu tidak ingin kesepian.

    Ia suka mengikuti orang-orang baik di sekitar rumah, dan sifat penasarannya akan membuatnya berpartisipasi atau setidaknya menonton apa yang Anda lakukan. Untuk menjaga Maine Coon sehat secara emosional, Anda harus memberinya cinta ketika sedang ingin pelukan. Perlakukan selalu dengan lembut dan bicaralah dengan nada tenang. Selain itu, jangan abaikan Maine Coon atau tinggalkan di tempat isolasi terus-menerus.

    Sekalipun harus dibiarkan sendiri, Anda bisa menawarkannya sepotong pakaian milik orang kesayangannya agar aroma yang familiar tetap melekat. Jenis Maine Coon adalah jenis yang rukun dengan semua orang - tidak hanya manusia tetapi juga anjing dan kucing lainnya. Jika Anda merasa bahwa Maine Coon Anda kesepian, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengadopsi teman berbulu yang ramah untuk Maine Coon Anda. Cukup perkenalkan mereka secara perlahan di lingkungan yang terkendali untuk memastikan mereka terbiasa satu sama lain sebelum Anda membiarkan mereka menghabiskan waktu bersama tanpa pengawasan.

  8. Bawa maine coon ke dokter hewan
    Maine Coon rentan terhadap penyakit seperti hip dysplasia, hipertrofi kardiomiopati, penyakit ginjal polikistik, dan atrofi otot tulang belakang - yang kesemuanya merupakan istilah yang terdengar asing bagi orang awam tetapi kondisi yang akrab bagi dokter hewan ahli.

    Apa yang setiap pemilik kucing perlu ketahui adalah kapan harus mencari bantuan dokter hewan. Ini adalah beberapa tanda yang mengkhawatirkan bahwa Maine Coon Anda perlu perhatian medis:
    • Sulit bernafas
    • Air liur berlebihan
    • Perawatan berlebihan
    • Vokalisasi berlebihan
    • Bersembunyi
    • Imobilitas
    • Kurang nafsu makan
    • Muntah yang banyak
    • Hidung beringus atau sering bersin
    • Berkedut

  9. Sisir bulu maine coon
    Bulu mewah Maine Coon terdiri dari tiga lapisan: lapisan bawah, lapisan tengah, dan lapisan atas.

    Lapisan bawah yang lembut paling dekat dengan kulit dan dirancang untuk menjaga kucing tetap hangat. Bulu tengah terdiri dari rambut seperti bulu yang juga memiliki fungsi isolasi. Terakhir, bulu tebal dan panjang melindungi Maine Coon dari elemen.

    Bulu Maine Coon memiliki perasaan yang agak halus, tetapi bisa kusut jika tidak dirawat secara teratur. Ini terutama terjadi pada lapisan bawah.

    Mengingat ukurannya besar dan bulunya tebal, sikat lebih licin dan sikat peluuhan akan jauh lebih efektif daripada sarung tangan sikat atau sikat karet.

    Kuas terbaik untuk Maine Coon akan memiliki kepala besar, hanya untuk efisiensi dalam merawat kucing besar.

    Sikat juga harus bisa mengumpulkan rambut dalam jumlah besar dan lebih mudah dibersihkan. Sesi menyikat harus nyaman tidak hanya untuk kucing tetapi juga pemiliknya, jadi perhatikan sikat dengan pegangan ergonomis.

    Seberapa sering Anda harus menyikat Maine Coon Anda? Tidak ada jawaban pasti, tetapi sebagai pedoman, sesi menyikat dua mingguan yang berlangsung sekitar sepuluh menit sudah cukup.

    Berhentilah menyikat gigi saat tidak lagi menghasilkan rambut mati. Baca instruksi pada sikat yang Anda gunakan untuk memahami cara terbaik untuk menggunakannya.

  10. Pangkas bulu maine coon di bulan musim panas
    Meskipun Maine Coons merontokkan lebih banyak bulu selama bulan-bulan hangat, bulu lebat mereka mungkin masih membuat mereka terik. Itulah sebabnya beberapa pemilik Maine Coon akan mengirim kucing mereka untuk hiasan rambut sebagai bagian dari rutinitas perawatan mereka.

    Anda dapat memilih beberapa jenis potong bulu tergantung pada apa yang ditawarkan layanan perawatan grooming kucing. Salah satu yang tidak akan tumbuh kembali dengan cepat akan lebih hemat biaya, tentu saja.

    Jika Anda mempertimbangkan untuk memberikan potongan singa kepada Maine Coon Anda, yang pada dasarnya mencukur seluruh kucing kecuali kepala, leher, ekor, dan kakinya, berkonsultasilah dengan dokter hewan terlebih dahulu.

  11. Mandikan maine coon seperlunya
    Secara umum, kucing sebenarnya tidak perlu dicuci dengan air karena mereka merawat dirinya sendiri secara teratur. Namun, memandikan Maine Coon Anda sebulan sekali (atau setiap beberapa bulan) akan bermanfaat jika Anda memperhatikan bahwa mantelnya semakin berminyak atau berserabut.

  12. Potong kuku maine coon
    Cakar Maine Coon yang panjang, melengkung dan terhubung diarahkan untuk berburu di alam liar. Di rumah, bagaimanapun, mereka terbukti merepotkan ketika mereka terjebak dalam pakaian, karpet, gorden atau pelapis.

    Untuk mencegah kerusakan pada barang-barang Anda dan untuk menghindari goresan saat bermain dengan Maine Coon Anda maka memotong kuku Maine Coon dengan clipper yang ditujukan untuk kucing adalah cara bijak.

  13. Sikat gigi maine coon
    Banyak pemilik kucing mengabaikan perawatan gigi kucing kesayangan mereka hanya karena mereka tidak menyadari pentingnya. Ya, ada yang namanya kesehatan gigi untuk kucing.

    Untuk menjaga Maine Coon bebas dari penyakit periodontal, kerusakan gigi, atau pada dasarnya ada masalah dengan gusi dan giginya, Anda harus belajar cara menyikat gigi Maine Coon. Mulailah rutin di rumah dengan waktu dan tempat yang tetap untuk kegiatan ini.

    Anda harus mengisi sikat gigi kucing dengan pasta gigi kucing, meletakkan kucing Anda di sisinya, dan biarkan mengendus dan menjilat sikat gigi. Hanya setelah kucing Anda merasa nyaman dengan rutinitas dan sikat gigi Anda dapat mencoba menarik bibirnya dan menyikat giginya.

    Akhiri sesi dengan hadiah sebagai bentuk penguatan positif. Setelah Anda berhasil dalam usaha Anda, Anda harus menyikat gigi Maine Coon Anda setiap hari, setiap hari, atau setidaknya sekali seminggu.

  14. Bersihkan telinga maine coon
    Telinga Maine Coon cenderung kotor dan berlilin - kondisi sempurna untuk menyeduh infeksi. Infeksi telinga berulang sering terjadi pada kucing, termasuk Maine Coon. Sebagai pemilik kucing, Anda harus memahami cara membersihkan telinga Maine Coon dengan benar untuk mencegah infeksi tersebut.

    Mencelupkan q-tip ke dalam larutan pembersih telinga dan mengusap telinga kucing Coon seminggu atau dua minggu sekali sudah cukup jika Maine Coon Anda memiliki kotoran telinga yang ringan. (Perhatikan bahwa Anda tidak boleh menempelkan q-tip kering ke dalam telinga kucing karena ia dapat masuk ke dalam lilin yang melapisi saluran telinga).

    Sebuah q-tip tidak akan mencapai jauh ke dalam saluran telinga - Anda akan membutuhkan pembersih yang memiliki aplikator untuk menjatuhkan solusi langsung ke dalam. Maka Anda harus memijat pipi atas kucing, yang merupakan area di bawah lubang telinga, untuk melonggarkan lilin dan kotoran.

Referensi

The Ultimate Maine Coon Care Guide. https://purrcraze.com/maine-coon-care-guide. Diakses pada 3 Juni 2020.