Bagaimana cara merawat kucing anggora ?

kucing anggora

Bagaimana cara merawat kucing anggora ?

Cara Merawat Kucing anggora adalah sebagai berikut :

  1. Pemberian Pakan Kucing
    Dalam pemberian pakan ke Kucing, boleh saja apa saja, yang penting ada Nutrisi yang dibutuhkan oleh Kucing. Namun, jika ingin menjadikan kucing anggora anda tidak cepat rontok bulunya haruslah diberi pakan khusus kucing. Jika diberi pakan seperti kucing biasa, kemungkinan bulunya akan cepat rontok, pakan biasa yang saya maksut ialan nasi yang dicampurkan dengan ikan.

    Untuk pakan khusus kucing anggora ialah Makanan Kering (Dry Food) dan Makanan Basah (Wet Food). Jika ingin memberi pakan ke Kucing perhatikan nutrisi dan gizi yang terkandung. Pilihlah yang memiliki kandungan Gizi tinggi untuk kucing. Nah, jangan memberi makan seperti kucing biasa lagi, jika ingin bulunya bagus, lebat dan panjang.

  2. Membersihkan Telinga, Memotong Kuku

    Banyak orang pemelihara anggora yang tidak memperdulikan hal ini. Pasalnya memotong kuku dan membersihkan telinga si kucing tersebut sangat perlu sekali. Cara memotong kuku kucing ialah dengan menekan telapak tangan kucing sehingga kuku akan keluar. Selanjutnya gunakan pemotong kuku manusia juga bisa untuk memotong kuku kucing. Jika ingin Membersihkan telinga caranya dengan menggunakan pembersih telinga seperti manusia, nah buka lebar telinga agar kotoran dapat terlihat.

    Saat membersihkan telinga, lebih mudah karena kucing lebih suka dan diam saja saat dibersihkan telinganya. Tujuan pembersihan Telinga dan pemotongan kuku kucing ialah agar terhindar dari kuman, bakteri yang berbahaya, cara merawat kucing anggora seperti ini bisa anda lakukan di salon khusus hewan.

  3. Memandikan Kucing

    Memandikan Kucing anggora terbilang lebih mudah dibanding Kucing biasa. Paslanya kucing anggora lebih tenang saat dimandikan ketimbang kucing biasa. Walaupun begitu, masih ada kucing anggora yang berontak saat dimandikan, tenang saja. Cara agar kucing anggora tidak berontak ialah dengan menggunakan air hangat, tidak boleh terlalu panas ya.

    Jangan lupa saat memandikan anggora tek boleh melupakan sabun atau shampo khusus anggora agar bulunya bagus. Selesai memandikan, alangkah baiknya keringkan kucing di terik matahari pagi dan jangan lupa sisir rambutnya

Itulah cara merawat kucing aggora yang benar untuk pemula dimana selain perawatan tubuh serta makanan dan minuman yang paling terpenting adalah kasih sayang kita terhadap kucing tersebut. Mungkin dikira sulit namun pasti membuat kucing lebih sehat dan bagus. Silahkan dicoba tips merawat kucing anggora dari saya.

sumber:http://www.pecintabinatang.net/cara-merawat-kucing-anggora/

Hal-hal yang harus diperhatikan ketika memelihara kucing angora antara lain :

  • Makanan dan minuman

    Biasanya, produk makanan yang berkaleng (makanan basah) tidak baik untuk kesehatan si kucing. Makanan kalengan ini dapat berpengaruh terhadap bulu dan umur kucing peliharaan kita. Untuk minumannya, kita bisa memberikan kucing peliharaan kita air yang sudah matang atau dimasak. Sesekali kita bisa memberikan kucing peliharaan kita susu. Namun jangan terlalu sering karena tidak bagus untuk kesehatan kucing.

    Selain itu, jangan berikan juga susu untuk manusia. Karena susu untuk manusia mengandung lactobasilus yang mengakibatkan kucing mencret. Berikanlah susu yang khusus untuk kucing, seperti royal canin.

  • Membersihkan kandang

    Kita bisa membersihkan kandang kucing peliharaan kita seminggu sekali. Jangan lupa gunakan desinfektan untuk membersihkan kandang kucing.Selain itu, tempat dan pasir yang digunakan untuk membuang kotoran kucing juga harus dibersihkan. Kalau tempat dan pasir tempat buang kotoran tersebut harus dibersihkan setiap hari karena jika tidak dibersihkan, maka akan mengeluarkan bau yang tidak sedap dan dapat menimbulkan berbagai penyakit pula bagi kucing peliharaan kita.

    Ukuran kandang kucing juga harus diperhatikan agar kucing peliharaan kita merasa nyaman. Ukuran kandang harus disesuaikan dengan berat dan ukuran kucing.

  • Membersihkan kucing

    Sisirlah bulu kucing setiap hari. Hal ini bertujuan untuk meluruskan bulu kucing dan mengambil bulu-bulu yang sudah mati. Karena, jika bulu yang sudah mati tidak diambil, maka bulu kucing akan kusut atau gimbal. Selain itu, bulu yang sudah mati juga dapat menyebabkan hairball (gumpalan bulu yang masuk di dalam saluran pencernaan). Hal ini bisa terjadi saat kucing menjilati badannya, bulu-bulu yang sudah mati tersebut bisa masuk ke dalam mulut kucing dan tertelan.

    Selain menyisir bulu kucing, kita juga perlu memandikan kucing peliharaan minimal dua minggu sekali. Alangkah baiknya, jika kita mempunyai banyak waktu luang, kita bisa memandikan kucing peliharaan kita satu minggu sekali. Namun, sebelum memandikan, kita lihat terlebih dahulu kondisi kucing dan cuacanya agar kucing kita tidak kedinginan.

  • Memeriksakan ke dokter hewan dan memberikan vaksin

    Biasanya, kucing pertama kali diberi vaksin pada umur sekitar 8-9 minggu. Namun, sebelum memberikan vaksin kepada kucing peliharaan kita, kita perlu memperhatikan kesehatan kucing kita. jika kucing kita kurang sehat atau tubuhnya sedang lemah, maka pemberian vaksinasi bisa ditunda sampai kucing kita benar-benar sehat.

    Vaksin yang perlu diberikan kepada kucing peliharaan kita antara lain: vaksin herpes, vaksin leukemia, dan vaksin rabies. Jika kucing kita tidak diberikan vaksin, daya tahan tubuh kucing kita kemungkinan besar akan lemah dan lebih mudah terserang virus karena daya tahan tubuh tidak mampu melawan virus tersebut. Akibatnya adalah kucing akan mati, bahkan yang membahayakan adalah jika kucing kita terkena virus rabies yang dapat menular ke orang ada di sekitar kucing tersebut.

Sumber: https://www.duniaq.com/cara-merawat-kucing-anggora-dengan-benar/