Bagaimana cara merawat kopi agar rasa tetap enak?

Anda pecinta kopi? Yuk bercocok tanaman kopi di Indonesia, karena dengan iklim yang tropis sangat cocok untuk nenanam kopi. Sehingga tidak jarang beberapa kawasan di Indonesia memiliki jenis-jenis kopi yang nikmat yang bukan hanya terkenal di Indonesia namun juga diakui oleh dunia luar. Apalagi di daerah kota Jember sudah tersedia pabrik kopi Jember Indonesia yang juga melayani ekspor impor Jember Indonesia.

Pemilihan lahan yang tetap menjadi awal nikmatnya aroma dan rasa kopi nusantara. Tanaman kopi cocok tumbuh dikawasan pegunungan, bukit dan sebagainya denga ketinggian mencapai 300 hingga 900 meter.

Ada beberapa rahasia yang dilakukan para petani kopi agar rasa tanaman kopi yang mereka tanam dapat tumbuh dengan baik dan rasanya pun lebih nikmat. Tentunya dengan tetap memenuhi syarat geografis sebuah tanaman kopi, misalnya soal lahan, kecukupan penetrasi cahaya, lahan yang gembur dan sebagainya. Semua itu harus lebih dulu diutamakan agar tanaman kopi dapat tumbuh dengan baik dan hasilnya pun bisa dipanen lebih banyak dan lebih sehat. Selain itu ada beberapa hal lain yang dilakukan para petani kopi Indonesia agar kopi yang ditanam bisa tumbuh dan menghasilkan rasa yang enak, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Perawatan yang telaten
    Kunci keberhasilan bercocok tanam memang pada perawatan. Para petani kopi Indonesia dikenal memillik cara perawatan yang baik terhadap perkebunan kopi yang mereka miliki. Perawatan telaten dilakukan muali dari penanaman peratama biji kopi. Mulai dari pemupukan awal, penyiraman pada tujuh hari pertama yang dilakukan secara rutin sampai memantau kondisi air akibat cuaca yang ekstrim. Setelah kopi tumbuh perawatan dilakukan dengan mencabuti tanaman parasit seperti rumput yang ada di sekitar tanaman kopi. Setelah itu mulai lagi dengan mebersihkan hama yang mungkin datang menyerang tanaman kopi pada usia tahun kedua.

  • Pemilihan bibit
    Pemilihan bibit dilakukan secara selektif sehingga benar-benar memberikan hasil yang terbaik. Bibit diambil dari tanaman unggul, bisa dengan menanam sendiri tanaman bibit atau membeli bibit dengan kualitas yang terbaik.

  • Pemupukan
    Pemupukan biasnya menggunakan pupuk alami sehingga tanaman kopi yang dihasilkan bisa lebih sehat dan alami. Pupuk alami atau biasa disebut pupuk organik akan mendapatkan hasil mutu kopi bagus dan menjaga kesuburan tanah, beda halnya apabila menggunakan pupuk kimia yang dapat menghasilkan banyak buah akan tetapi tidak bisa menjaga kesuburan tanah dalam jangka panjang.

  • Pemutilan buah kopi
    Saat panen juga perlu diperhatikan teknik pemutilannya, jangan sampai merusak ranting-ranting pohon yang membuahi kopi cherry, sehingga pada panen selanjutnya mengurangi kapasitas hasil buah kopi. Pemutilan buah kopi baiknya dipetik hanya yang telah matang sempurna, jangan yang hijau karena kematangannya tidak baik. Pemutilan buah yang merah, selain rasa kopi akan lebih lezat, buah kopi yang telah merah matang sudah baik untuk dipetik tidak merusak ranting pohon.

Untuk info pemesanan bisa hubungi nomor 085784510337 ( Rodiatul ) Terima kasih.