Bagaimana cara merawat kesehatan gigi kucing?

Bagaimana cara merawat kesehatan gigi kucing ?

Bagaimana cara merawat kesehatan gigi kucing ?

2 Likes

Kebersihan gigi dan mulut kucing sering kurang mendapatkan perhatian dari pemilik maupun perawan hewat. Padahal hal ini sangat penting bagi kucing, mengingat kesehatan gigi dan mulut sangat menentukan kesehatan umum kucing.

  1. Agar kesehatan gigi dan mulut kucing kesayangan tetapi prima, hal pertama yang harus dilakukan pemilik maupun perawat hewan adalah dengan menjaga kebersihan kedua organ tersebut. Untuk menjaga kebersihan gigi kucing, pemilik ataupun perawat dapat menggunakan sikat berbulu lembut yang khusus digunakan untuk kucing. Ukuran sikat hendaknya juga disesuaikan dengan ukuran mulut kucing. Demi kesehatan kucing hendaknya pemilik juga menyediakan pasta gigi yang khusus digunakan untuk kucing yang banyak disediakan di pet shop.

    Penggunaan pasta gigi manusia hanya akan mengganggu kesehatan kucing apabila tertelan. Padahal kemungkina pasta gigi tertelan kucing sangat besar apalagi jika kucing tersebut belum terbiasa sikat gigi.

  2. Hal lain yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut kucing adalah secara rutin (minimal 6 bulan sekali) mengunjungi dokter hewan untuk melakukan pengecekan kesehatan gigi dan mulut kucing. Pergi ke dokter hewan sangat penting dilakukan oleh pemilik hewan kesawyangan meskipun si kucing tidak menunjukkan geala sakit. Beberapa gangguan mulut dan gigi dapat diketahui secara dini sehingga dapat lebih cepat ditangani untuk mendapatkan kesembuhan yang optimal, misalnya plak, tartar, radang gusi, dan lain sebagainya.

  3. Hal ketiga yang harus dilakukan adalah menghindari pemberian makanan yang “terlalu”, misalnya terlalu panas, terlalu manis, terlalu pedas, dan sebagainya.

  4. Selain beberapa perawatan di atas, hal lain yang tidak boleh dilupakan adalah menyediakan tulang yang besar untuk digigit si kucing. Selain untuk menyalurkan instingnya seperti di alam bebas, menggigit tulang juga kaan membantunya membersihkan gigi secara mandiri. Perlu diingat bahwa tulang yang disediakan haruslah yang kuat sehingga tidak mudah pecah ketika digigit karena tulang yang pecah dikhawatirkan akan tertelan dan merobek saluran pencernaannya.

Referensi

Yuliarti, Nurheti. 2013. Hidup Sehat Bersama Kucing Kesayangan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.