Bagaimana cara merawat kelinci yang hamil?

kelinci

Saat induk kelinci hamil, tentu banyak hal yang perlu kita lakukan agar tidak terjadi keguguran dan dapat melahirkan dengan sehat. Bagaimana cara merawat kelinci hamil?

Berikut beberapa tips perawatan kelinci hamil sampai kelahiran.

1. Berikan makanan bernutrisi

Penting hukumnya untuk memberikan makanan kelinci yang bergizi dan berkaulitas. Artinya sebagai pemilik harus memberi makanan seperti wortel, ampas tahu, pellet dan juga air minum. Makanan tersebut di atas dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi baik anakan maupun indukan, sehingga keduanya sama-sama sehat sampai kelahiran.

2. Induk betina pisah dengan pejantan

Selama masa kehamilan induk kelinci betina harus dipisah dengan pejantan. Lebih baik si betina ditempatkan pada kandang terpisah, 1 kandang 1 induk betina ini lebih baik. Jangan sampai indukan betina 1 kandang dengan pejantannya, maka ia bisa stres sebab si pejantan akan selalu mengejar dan memaksanya untuk kawin setiap hari, bisa berakibat fatal bagi janin maupun indukan betina karena stres.

3. Jaga kebersihan kandang

Kandang yang bersih tentu turut membantu perkembangan janin yang ada di dalam kandang meski tidak secara langsung. Bagi indukan pun akan membuatnya lebih nyaman. Bisa dibayangkan kalau kandang kotor maka akan menjadi sumber penyakit, sehingga tidak jarang indukan terserang penyakit pada akhirnya juga menyerang pada janin di dalam rahim.

4. Sediakan kotak sarang

Lima hari menjelang kelahiran, maka kotak sarang harus disediakan di dalam kandang sebagai tempat menampung anakan saat kelahiran. Penting kotak sarang harus dilengkapi kain, atau rumput kering sebagai alas baby kelinci nantinya. Dan biasanya beberapa jam sebelum induk melahirkan akan mencabuti bulunya dulu sebagai alas dan penghangat anakannya, mengingat baby kelinci saat baru lahir masih belum ditumbuhi bulu dengan kondisi mata tertutup

sumber: http://www.istanahewan.com/2017/05/cara-merawat-kelinci-hamil.html