Bagaimana cara merawat kelinci fuzzy lop ?

Kelinci fuzzy lop

Kelinci fuzzy lop merupakan salah satu jenis kelinci hias yang mempunyai banyak penggemar. Hal ini dikarenakan bentuk kelinci ini sangat menggemaskan dan cara merawatnya yang mudah. Bagaimana cara merawat kelinci fuzzy lop yang baik dan benar?

Hal-hal penting yang harus diperhatikan ketika anda memelihara kelinci fuzzy lop adalah sebagai berikut :

  • Kelinci Fuzzy lop gampang sekali stress, jauh lebih rentan dari kelinci kampung. Kalau membeli yang masih anakan usahakan untuk ditaruh di dalam rumah yang aman dan tenang sampai umur lima bulan ke atas.

  • Sifatnya yang playfull juga bisa jadi bencana, karena Kelinci fuzzy lop akan mendekati semua barang yang biasa kamu pegang terus gigit dan rusaklah kabel laptop, charger dan semua hal mulai dari baju sampai sepatu.

  • Sesuai dengan namanya, bulu fuzzy lop kalau tidak disikat seminggu sekali bakalan fuzzy atau kusut terutama bagian bawah dekat ekor. Kalau terlalu lama dibiarkan bisa jadi bulu mati dan harus dicukur sampai habis.

  • Kelinci Fuzzy lop tidak bisa dikasih makan pelet biasa atau murah harus pelet bagus merk morning sun atau guyofeed dan SKR 214. Karena kalau dikasih pelet biasa bulunya akan rontok

  • Kelinci fuzzy lop butuh protein untuk mempertahankan bulunya.

  • Bulu Kelinci fuzzy lop adalah salah satu kelemahannya, sebab kalau sudah moulting atau rontok karena pelet murah satu rumah bisa alergi. Salah satu cara mencegah adalah dengan selalu memberi pelet bermutu dan rajin disisir. Juga perhatikan bagian bawah terutama untuk jantan di bagian testis, biasanya bulunya menggumpal dan banyak kotoran harus rajin dibersihkan

  • Kelinci Fuzzy lop juga lebih rawan molouccas atau gigi tongos dari pada kelinci lain, makanya Kelinci fuzzy lop tidak bisa cuma dikasih pelet harus hay dan harus dikasih kayu untuk digigit biar dua gigi depannya tidak terlalu panjang.

  • Kelinci Fuzzy lop pun rawan sore hocks atau penipisan bulu di telapak kaki, Kelinci fuzzy lop yang sudah berumur atau kegendutan akan mengalami sore hock, kalau alas kandangnya tidak nyaman, bahan Kelinci fuzzy lop anda yang tidak dikandangin aja kena sore hock. Lebih baik alas untuk Kelinci fuzzy lop adalah yang lembut (karpet) atau tanah.