Bagaimana cara merawat Ikan Palmas atau Ikan Naga ?

Ikan palmas atau ikan naga

Ikan palmas atau ikan naga (Polypterus senegalus senegalus Cuvier, 1829) merupakan ikan hias air tawar yang berasal dari Afrika. Ikan tersebut merupakan salah satu ikan primitif yang masih bertahan hidup hingga sekarang. Keunikan ikan tersebut terlihat dari bentuk tubuh yang silindris, sirip dada yang menyerupai kipas (fan-like pectoral fins), sirip punggung yang menyerupai layar, dan memiliki insang eksternal sampai tahap benih

Bagaimana cara merawat Ikan Palmas atau Ikan Naga ?

Cara Merawat Ikan Naga

Sepengetahuan saya, berikut langkah-langkah cara merawat ikan naga (palmas) sederhana dan mudah.

  1. Memilih Jenis Ikan Naga (Ikan Palmas)
    Dalam hal ini, lebih baik memelihara beberapa ikan naga dalam satu akuarium. Yaitu dengan menaruh 1 jantan dan 1 betina. Jika berkelompok sanga naga betina harus lebih banyak seperi 3 betina dan 2 jantan. Cara mengetahui betina dan jatn ikan naga ini Anda tingga melihat bentuk ukuran siripnya saja. Biasanya sanga naga jantan sirip analnya kelihatan besar dan lebar. Betina lebih kecil. Yang terpenting adalah memilih jenis ikan naga yang sehat dalam dan luar.

  2. Kondisi Akuarium
    Untuk cara merawat ikan naga (Ikan Palmas) persiapan wadah dapat berupa kolam maupun akuarium. Minimal ukuran akuarium yang ideal 100 x 50 x 40 cm yang berfungsi memberikan ruangan untuk berenang ikan naga ini. Untuk meningkatkan kandungan udara, lengkapi jug akuarium dengan aerator atau submersible. Selain itu, buatlah dalaman akuarium layaknya alam bebas dengan menyediakan batu, pasir dan kayu hias.

  3. Cara Merawat Ikan Naga - Memilih Air yang Berkualitas
    Untuk menjaga racun dan tumbulnya penyakit, sebelum air dimasukkan kandungan kaporitnya dapat Anda hilangkan dulu dengan cara melarutkan kapur. Tingkat keasaman air kisaran antara 6-7, ini merupakan suhu pH air yang ideal buat merawat ikan naga. Pertama kali setinggi 25 cm air dapat Anda masukkan, hal ini untuk mengantisipasi ikan naga meloncat keluar. Jaga terus temperatur air agar tetap bertahan di angka 16 - 27 derajat C.

  4. Perawatan Pemberian Makan
    Sifat ikan naga (ikan palmas) adalah karnivora. Makanan alami ikan palmas dapat Anda sediakan berupa jangkrik, udang, ikan mas anakan, anakan ikan lele, cacing, cere, dan lainnya. Agar kebutuha gizinya terpenuhi, tambahkan juga jenis pakan pelet yang khusus ikan naga (ikan palmas) ini yang diberikan sehari 3 kali.

  5. Menjaga Kebersihan Akuarium
    Dalam melakukan cara merawat ikan naga (ikan palmas) yang perlu diperhatikan adalah masalah kebersihan. Biasanya seminggu sekali 3/4 air akuarium dapat diganti secara teratur dan rutin dengan jenis air baru. Untuk kebersihan dalaman akuarium, selama 1 bulan sekali dapat Anda lakukan agar ikan tidak stress sekaligus membuat air tetapbersih.

Tips Dasar Cara Merawat Ikan Hias Palmas

  1. Menyiapkan Wadah Akuarium Untuk Merawat Ikan Hias Palmas
    Wadah yang tepat untuk jenis ikan palmas ini tidak lain adalah aquarium, yang akan mewujudkan sifat keindahan dan kecantikannya serta mampu menampung semua jenis perlengkapannya. Berbeda dengan ikan koi yang keindahanya bisa kita nikmati dari atas yang mana cocok untuk dipelihara dan dirawat di kolam.

    Untuk ukuran jenis aquarium terdapat perbedaan antara yang besar dan ukuran kecil, yaitu Untuk ikan palmas yang berukuran kecil bisa dengan akuarium yang ukuranya 120 x 38 cm, sedangkan ikan palmas yang ukuran besar akuarium yang ideal ukuranya 180 x 60 cm.

    Usahakan untuk memberikan penutup di atas aquarium tersebut, yang mana agar ikan ini tidak mudah keluar jika sudah tumbuh besar. Hal ini disebabkan pada bagian dada ikan palmas terdapat sirip yang kuat, yang mana biasanya digunakan untuk merayap. Kemampuannya ini membuat ikan ini mudah kabur jika akuarium dibiarkan terbuka.

  2. Air Yang Ideal Untuk Merawat Ikan Hias Palmas
    Air yang ideal untuk jenis ikan palmas ini biasanya kisaran antara pH 6,5 - 7 dan temperatur 16 - 27 derajad celcius. Selain itu pemasangan fitrasi di perlukan untuk menjaga air agar tetap dalam kondisi bagus. Filtrasi / fiter yang paling ideal adalah yang menjamin banyak kapasitas bio-filtrasi, terlebih yang tabung eksternal.

  3. Substrat Yang Ideal Untuk Merawat Ikan Hias Palmas
    Sediakan juga pelengkap aquarium lainnya yang berada di dasaran seperti pasir, keril hias yang lembut, dan juga jenis tanaman aquascape lainnya.

  4. Makanan Ikan palmas dan Pemberian Pakan Yang Tepat Pada Ikan Hias Palmas
    Usahakan untuk menyediakan jenis pakan yang berbau, karena ikan palmas sendiri dari segi penglihatannya kurang begitu bagus. Jadi pemberian pakan ikan palmas yang paling tepat adalah pakan hidup yang berukuran kecil. Seperti misalnya ikan kecil dan udang air tawar.

  5. Mencampur Ikan Hias Palmas Dengan Ikan Hias Lain
    Seperti jenis ikan Knifefish atau ikan belida, Siam Tigerfish, Tinfoils merupakan ikan yang bisa dicampur dengan ikan palmas ini, karena ikan palmas adalah ikan predator.

Sumber: