Bagaimana cara merawat dan mengasah mental burung ciblek dada putih ?

burung

(Mesiah) #1

burung ciblek dada putih

Burung Perenjak jawa ( Prinia familiaris Horsfield , 1821) atau yang juga dikenal dengan nama burung ciblek adalah sejenis burung pengicau dari suku Cisticolidae (pada banyak buku masih dimasukkan ke dalam suku Sylviidae). Dalam bahasa Inggris burung ini dikenal sebagai bar-winged Prinia , merujuk pada dua garis putih pada setiap sayapnya. (wikipedia)

Bagaimana cara merawat dan mengasah mental burung ciblek dada putih ?


(Mifta Ahmad Farid) #2

Cara merawat dan mengasah mental burung ciblek dada putih antara lain :

  1. Burung harus mendapat sinar matahari pagi

    Sinar matahari pagi mempunyai banyak manfaat untuk semua makhluk hidup, tak terkecuali burung peliharaan. Ciblek yang rutin dijemur setiap pagi, apalagi diawali dengan pengembunan, akan memiliki kondisi fisik dan mental yang lebih baik daripada sebelumnya.

    Selain membuat penampilannya lebih kinclong, karena bulu-bulunya lebih kuat dan mengkilap, penjemuran rutin di pagi hari akan membuat burung menjadi lebih rajin berbunyi.

  2. Rutin mandi

    Sebagian kicaumania beranggapan, memandikan ciblek dada putih tak perlu dilakukan setiap hari. Mereka meyakini bahwa mandi yang terlalu sering akan membuat penampilan ciblek dada putih makin menurun. Tidak heran apabila ada yang memandikan ciblek kesayangannya hanya 2-3 kali seminggu.

    Sebenarnya hal tersebut tergantung dari kondisi dan karakter burung. Ciblek dada putih yang sudah terbiasa mandi rutin setiap hari, apalagi sejak masih trotolan / muda, tentu tak akan terganggu penampilannya. Bahkan tak sedikit ciblek dada putih yang baru “panas” setelah terlebih dulu disemprot dengan sedikit air.

  3. Pakan joss hasil maksimal

    Pemberian pakan sebaiknya tidak bergantung pada merek-merek tertentu saja, namun perlu juga dipertimbangkan untuk membuat sendiri pakan racikan.