Bagaimana cara merawat burung strawberry finch?

Burung jenis strawberry finch punya daya tarik dari motif warnanya, banyak yang ingin menjadikan peliharaan. Bagaimana merawat burung strawberry finch?

Cara Perawatan Burung Strawberry Finch

Burung stroberi sangat energik, apalagi sewaktu berkembang biak. Jika Anda ingin menangkanya, dibutuhkan perhatian ekstra terhadap aktifitas mereka dalam kandang penangkaran.
Misalnya perawatan burung finch strawberry di dalam menyediakan bak berisi air bersih yang akan digunakan untuk mandi.

Karena burung stroberi finch adalah burung pemakan biji-bijian, maka dari itu hal yang paling penting yaitu anda harus menyediakan biji-bijian sama halnya dengan jenis burung kenari.

Untuk perawatan burung strawberry finch ini anda sebaiknya anda menyediakan makanan ramuan. Dan untuk ramuan makanan anda dapat memberikannya biji berupa milet putih dicampurkan dengan milet merah dan juga kenari seed.

Pada waktu burung ini sedang berkembang biak anda harus memperhatikan benar dari keberadaan air bak mandi, sebab burung ini sering dan suka sekali bermain air.

Air mandi yang sudah kotor lebih baik segera dibersihkan sebab burung ini tidak suka dengan yang kotor. tak hanya itu saja, air yang kotor juga di kwatirkan akan membawa kuman penyakit yang bisa mengganggu kesehatan burung Strawberry.

Selain mengkonsumsi biji-bijian, burung ini juga gemar makan berbagai macam sayuran segar seperti halnya daun bayam, seledri, selada, lobak atau tomat.

Untuk pakan yang lainnya anda juga dapat memberikan kecambah, cambah disini pastinya berasal dari biji kenari yang di rendam air atau disemprot selanjutnya di ungkep selama satu malam. Setelah berkecambah, esoknya bisa anda diberikan pada burung.

Untuk perawatan burung strawberry finch, saat mandi biarkan saja burung ini mandi sendiri pada bak mandi yang anda sediakan.

Kemudian penjemuran bisa dilakukan sampai pukul 10 pagi, tak harus terlalu lama menjemur burung mungil ini. Sebab jika terlalu lama yang ada burung malah akan stress dan juga merasa kehausan.

sumber :