Bagaimana cara merawat burung kenari tua yang sedang mabung?

image

Mabung adalah proses dimana rontoknya bulu-bulu tua pada semua jenis burung maupun unggas secara periodi, bagaimana cara merawat kenari yang mabung agar tidak mati?

Faktor yang mempengaruhi akan stabilnya keadaan kenari serta kicauan kenari yaitu dalam perawatan Kenari selama proses mabung.

Pada saat kenari mabung, lebih baiknya diberi asupan gizi yang bagus supaya proses mabung bisa selesai dengan cepat. Kita dapat memberikan pakan yang cukup, vitamin, protein, kemudian juga mineral.

Perawatan kenari mabung sebenarnya tidaklah sulit, akan tetapi ada beberapa hal yang harus diketahui oleh pemilik kenari. Kita harus mengetahui apa saja yang harus dan tidak boleh dilakukan pada saat proses perawatan.

Yang terpenting adalah keuletan serta ketelatenan dalam melakukan perawatan kenari mabung.

Jauhkan Dari Keramaian

Perawatan kenari mabung yang pertama yaitu harus menjauhkan kenari dari keramaian dan juga dipastikan aman dari gangguan binatang predator. Misalnya seperti kucing, tikus, anjing dan juga binatang lainnya yang kemungkinan bisa memakan burung kenari.

Pada sangkar harus ditutupi supaya suhu yang terdapat dalam sangkar relatif lebih stabil dan juga yang paling penting burung akan fokus serta tenang selama fase mabung.

Perhatikan Porsi Makanan

Perawatan kedua yaitu harus diperhatikan porsi makanan. Selama proses mabung, porsi makan burung kenari harus terus ditingkatkan.

Sebab burung kenari membutuhkan asupan energi dan juga nutri yang tinggi supaya kondisi burung tetap prima. Ini akan sangat berpengaruh pada bulu dan juga suara yang nantinya akan dihasilkan burung kenari.

Penjemuran

Tahap perawatan yang ketiga adalah lakukanlah penjemuran selama 20 hingga dengan 30 menit. Sesudah proses penjemuran disarankan supaya diberi pakan biji-bijian dengan kualitas super, misalnya ebood canari.

Sedangkan untuk air minumnya dapat diganti atau dicampurkan dengan multivitamin.

Misalnya seperti ebood vit dengan dosis 5 hingga 10 tetes saja pada air 50 ml air minum. Lakukanlah rutin pada tiap hari guna menjaga kondisi kenari.

Pemberian Nutrisi

Guna memperlancar pembentukan bulu, bisa diberikan ebood breeding supaya kenari tidak kekurangan nutrient seperti methionin, lysine serta triptophan.

Anda dapat memberikan seminggu 3 kali dengan dosis 5 hingga 10 tetes dengan ukuran air minum 50ml.

Harus diperhatikan jika pada saat kenari diberikan ebood breeding, ebod vit harus anda hentikan dulu supaya tidak berdampak buruk untuk burung kenari.

Makanan Tambahan

Yang keempat, berikanlah menu tambahan yang berupa sayuran dan juga buah-buahan. Pada pemberian sayuran kita dapat memilih jenis sawi putih, selada, sawi hijau, dan lain sebagainya.

Sedangkan pemberia buah-buahan dapat diberikan buah peer, anggur, dan lain lain. Dapat juga diberikan telur puyuh/egg food untuk menu tambahan.

Anda jangan lupa juga untuk memberikan grist. Manfaat grift antara lain untuk memperlancar sitem pencernaan pada burung kenari.

Selain itu juga untuk pemenuhan kalsium, yodium untuk pembentukan tulang dan bulu burung kenari.

Mandikan Dengan Shampo

Perawatan kenari mabung yang kelima, anda jangan lupa untuk memandikan burung kenari dengan menggunakan campuran air shampo.

Contohnya merk jati jajar supaya kuman maupun kutu-kutu bisa hilang. Dan kemudian produk ini juga mengadung aloevera yang bisa bermanfaat menghaluskan dan juga menyuburkan bulu kenari.

Pemasteran

Nah, dan untuk proses yang terakhir atau keenam yaitu pada saat proses mabung dapat juga diputarkan suara kicauan burung kenari gacor melalui HP ataupun media lainnya guna pemasteran menggunakan suara kenari.

sumber: https://www.jalaksuren.net/perawatan-kenari-mabung/