Bagaimana cara merawat burung ciblek ketika masih dalam fase lolohan ?

burung

(Mesiah) #1

Burung Perenjak jawa atau burung ciblek

Burung Perenjak jawa ( Prinia familiaris Horsfield , 1821) atau yang juga dikenal dengan nama burung ciblek adalah sejenis burung pengicau dari suku Cisticolidae (pada banyak buku masih dimasukkan ke dalam suku Sylviidae). Dalam bahasa Inggris burung ini dikenal sebagai bar-winged Prinia , merujuk pada dua garis putih pada setiap sayapnya. (wikipedia)

Bagaimana cara merawat burung ciblek ketika masih dalam fase lolohan ?


(Mifta Ahmad Farid) #2

Perawatan ciblek gunung fase lolohan

Merawat ciblek gunung yang masih dalam fase lolohan memang bisa merepotkan pemilik atau perawatnya. Apalagi jika burung memiliki rasa lapar yang tinggi. Tetapi kalau sudah diniati, dengan kesadaran bahwa inilah solusi terbaik agar burung kelak memiliki materi isian sesuai keinginan kita, tentu tidak perlu lagi merasa direpotkan.

Untuk membantu perkembangannya, ciblek gunung lolohan membutuhkan asupan pakan bergizi tinggi, khususnya kadar proteinnya. Jenis pakan yang harus disediakan antara lain:

  1. Jangkrik yang sudah dipotong bagian kepala, sayap, dan kaki-kakinya.
  2. Kroto (diberikan berupa telur dan kapsul yang masih segar dan tidak berbau).
  3. Sedikit voer bubuk yang diencerkan dengan air.

Berikan pakan-pakan tersebut secara bergantian ketika burung merengek meminta pakan. Selain pakan, cigun yang masih dalam fase lolohan juga perlu menjalani proses pemasteran.

Proses pemasteran bisa dilakukan ketika anakan burung sedang beristirahat. Putarkan audio masteran yang Anda inginkan, atau bisa juga menggantung burung masteran di dekat sangkarnya.

Setelah burung mulai beranjak dewasa dan bisa mengambil pakan sendiri, saat itulah Anda bisa melatihnya supaya menjadi jinak tangan / cetrekan.

Caranya, berikan pakan jangkrik / ulat dengan tangan, sambil dicetrek untuk menarik perhatiannya. Setelah burung merengek atau mengeluarkan suaranya, barulah pakan diberikan.

Kondisi ini tentu berbeda pada masing-masing burung. Tapi dengan melakukan pelatihan secara rutin, burung akan mengerti apa maksud Anda tersebut.