Bagaimana cara merawat bulu burung Pleci agar tetap bagus dan indah ?

burung

(amrta ageng subarkah) #1

Burung Pleci

Burung Pleci atau Zosterops merupakan marga penciri burung kacamata, dan memiliki jumlah anggota terbesar. Secara tradisional, genus ini dimasukkan ke dalam suku Zosteropidae; namun berdasarkan kajian filogeni terbaru, bisa jadi kelompok ini merupakan bagian dari suku Timaliidae.

Daerah persebarannya adalah di wilayah tropika Afrika, Asia (Indomalaya), dan Australia bagian utara. Panjang tubuhnya (dari ujung paruh hingga ujung ekor) berkisar antara 8–15cm. Ciri yang paling jelas adalah adanya lingkaran (garis) putih yang mengelilingi mata, meskipun ada beberapa jenisnya yang tidak memilikinya. Nama marganya berasal dari kata Yunani zosterops, yang berarti ”sabuk mata”.(wikipedia)

Bagaimana cara merawat bulu burung Pleci agar tetap bagus dan indah ?


(Aditya Reza Firdaus) #2

Beberapa hal yang perlu duperhatikan ketika merawat bulu burung Pleci antara lain :

  1. Jangan jemur burung Pleci terlalu lama
    Sinar matahari memang bagus untuk merangsang birahi Pleci. Akan tetapi, jika burung ini terlalu lama dijemur, maka zat lilin yang terkandung dalam bulu Pleci akan rusak, bahkan menghilang. Maka dari itu, lakukan penjemuran maksimal 1-2 jam, itu pun harus di bawah jam 10-11 pagi.

  2. Mandikan burung Pleci secara rutin
    Untuk menjaga kesehatan dan kebersihan bulu, maka mandikan Pleci secara rutin dan teratur. Cara ini berguna untuk metode pembersihan kotoran yang menempel pada burung. Selain itu, cara ini pun berguna untuk menghindarkan Pleci dari gangguan kutu atau bakteri yang menempel pada tubuh Pleci.

  3. Berikan burung Pleci asupan vitamin dan mineral
    Agar bulu-bulu Pleci tumbuh dan berkembang dengan baik, maka berikanlah Ia asupan nutrisi, baik itu vitamin atau pun mineral.

  4. Berikan burung Pleci asupan EF yang cukup
    Tips merawat bulu Pleci agar tetap bagus dan cantik ini selain berguna untuk perawatan bulu, juga berguna untuk perawatan kesehatan Pleci. Pasalnya, dengan asupan yang cukup dan baik, burung pun akan memiliki tubuh dan bulu yang sehat juga.